Logo-Pitma-Jogja
Search

7 Bentuk Keahlian Data Analyst Wajib di Tahun 2024

7 Bentuk Keahlian Data Analyst Wajib di Tahun 2024

7 Bentuk Keahlian Data Analyst Wajib di Tahun 2024 | Data merupakan salah satu aset paling berharga dalam dunia bisnis saat ini. Banyak organisasi telah beralih ke model bisnis berbasis data, atau yang dikenal sebagai pendekatan data-driven, untuk terus bertahan dan berinovasi di era disrupsi digital dan teknologi. Meskipun begitu, sebagian organisasi masih terus mengembangkan strategi data analytics mereka guna menangkap, menyimpan, dan menganalisis data dalam jumlah besar. Hal ini dilakukan dengan tujuan menyusun pola konklusif, mengekstrak wawasan berharga, memprediksi hasil bisnis, melacak perilaku konsumen, atau pun meningkatkan keterlibatan pelanggan.

Menurut riset dari Gartner, menemukan bahwa pengambilan keputusan berbasis data semakin diutamakan dibandingkan dengan pengambilan keputusan berbasis intuisi. Fenomena ini mungkin menjadi penyebab pertumbuhan terus-menerus pada tingkat pertumbuhan tahunan investasi dalam analitik data, yang mencapai hampir 30%

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mengenai 7 bentuk keahlian yang harus dimiliki oleh seorang data analyst untuk menjalankan tugasnya dengan baik. Jangan lewatkan informasi berharga ini agar Anda bisa menemukan profesional yang tepat untuk pekerjaan penting ini.

Arti Data Analyst?

Data analyst merupakan seseorang yang memiliki tanggung jawab untuk melakukan riset data dan menganalisanya menggunakan tools-tools tertentu. Perkembangan dunia digital 4.0 menjadikan profesi ini sebagai profesi yang krusial dan dicari oleh banyak perusahaan. 

Profesi ini penting dalam dunia bisnis Anda lantaran data analyst mengolah, mengambil kesimpulan dan melakukan visualisasi datanya. Tugasnya adalah mencari insight pasar dari berbagai aspek. riset yang dilakukan oleh seorang data analyst digunakan untuk pengembangan produk dan marketing karena mereka melihat aktivitas target pasarnya di internet.

Baca juga: 7 Profesi IT di Indonesia Banyak Dibutuhkan Tahun 2024

Mengapa Data Analyst Dibutuhkan?

Data analyst memainkan peran penting dalam dunia bisnis karena mereka mampu mengolah data menjadi informasi yang dapat digunakan untuk pengembangan produk, strategi pemasaran, dan pemahaman mendalam tentang perilaku pasar.

Perusahaan yang memiliki volume data yang besar dan butuh keilmuan untuk menganalisanya sebelum menghasilkan data product sangat membutuhkan seorang data analyst. Untuk menjadi seorang data analyst tidak perlu latar belakang pendidikan matematika yang sangat kuat, walaupun peluangnya lebih besar. Tapi yang pasti, profesi ini butuh pemahaman statistika, visualisasi data, analisa EDA, dan kemahiran mengoperasikan tools untuk melakukan data analytic.

7 Keahlian Data Analyst


1. Menguasai Microsoft Excel

Tools di atas adalah basic tools yang harus data analyst menguasainya, terutama Excel karena hasil kerjanya akan banyak ada di tools tersebut. Data berupa angka-angka dapat berubah sederhana dan kesimpulan dari data tersebut terjawab dengan menggunakan rumus-rumus dalam tools tersebut. 

2. Menguasai bahasa R atau Python

Hardskill ini tidak boleh Anda lewatkan jika memutuskan untuk hire seorang data analyst. Bahasa pemrograman seperti R atau Phyton sangat penting untuk menganalisa kumpulan data yang besar atau big data. Kemudian membuat prediksi sebagai langkah mengambil keputusan di masa depan.

3. Memvisualisasi data

Keterampilan dalam menggambarkan data dengan akurat menggunakan tools seperti Tableau atau Cognos. Seperti namanya, tahap ini adalah menerjemahkan sekumpulan data besar/big data menjadi suatu informasi yang orang awam mampu memahaminya sebagai dasar pengambilan keputusan bisnis di masa depan. Ini merupakan tahap penting seorang data analyst karena pengambilan keputusan berdasarkan bagaimana cara data analyst menggambarkan data dengan akurat.

4. Menggunakan SQL

SQL (Structured Query Language) adalah database yang menyimpan dan mengolah banyak data, sehingga orang awam mampu memahami. Data analyst menggunakan tools ini untuk membangun struktur data dengan akurat. Data analyst harus handal menggunakan software ini karena proses analisa datanya jauh lebih cepat dan bisa menampung jumlah data yang lebih besar daripada Microsoft Excel. 

Setelah menyimpan, perlu juga untuk mengelompokkan nya pada satu tempat penyimpanan. Data warehousing adalah kemampuan membuat data warehouse atau tempat penyimpanan virtual dan sistem manajemen data. Data analyst bertanggung jawab untuk memantau dan memastikan data tersimpan dengan aman di database. Beberapa tools yang populer dalam data warehousing adalah PostgreSQL, Oracle, dan Microsoft Azure.

5. Memahami machine learning

Salah satu turunan dari AI (Artificial Intelligence) adalah machine learning yang kerap menjadi topik penting dalam ilmu data. Penggunaan machine learning harus familiar bagi seorang data analyst agar tetap update dalam pengembangan metodologi pengelolaan data agar bisa lebih efisien lagi.

6. Menguasai Statistika

Penguasaan dasar statistika untuk menginterpretasikan data dengan baik. Skill ini tak perlu Anda pertanyakan lagi, ini adalah basic skill sekaligus skill wajib data analyst. Agar seorang data analyst bisa menginterpretasikan data, ia harus menggunakan ilmu statistika untuk membantunya dalam pekerjaan.

7. Memiliki analisa riset data yang tajam dan dapat membuat laporan

Kemampuan melakukan analisis riset data yang mendalam dan menyajikan hasilnya dalam laporan yang jelas dan informatif. Untuk bisa memprediksi keputusan bisnis di masa depan dan memberikan solusi untuk berbagai masalah, tentu harus riset dahulu. Analisa nya adalah analisa yang mendalam dan tajam agar stakeholder dalam perusahaan bisa mengambil keputusan yang tepat dan akurat. 

Jika analisa seorang data analyst dangkal, tentu Anda tidak bisa mendapatkan banyak informasi darinya sehingga keputusan yang keluar pun bisa rancu.

Setelah riset dan analisa, data analyst harus bisa mempresentasikan hasil temuannya dalam bentuk laporan yang berisi kesimpulan informasi. Penggunaan kalimat harus jelas dan tidak bertele-tele agar stakeholder tidak salah paham atau terjadi miskomunikasi ketika membaca laporan data. 

Kesimpulan

Seorang data analyst harus memiliki kombinasi keahlian teknis dan analitis. Dengan menguasai tools dan konsep-konsep penting, mereka dapat memberikan wawasan berharga untuk mendukung pengambilan keputusan bisnis yang lebih baik. Jangan ragu untuk mencari individu yang memiliki keahlian ini jika perusahaan Anda membutuhkan pemahaman mendalam tentang data untuk pertumbuhan dan kesuksesan yang berkelanjutan.

Pelatihan & Sertifikasi Data Analytics Jogja

Demikian informasi penting 7 Bentuk Keahlian Data Analyst Wajib di Tahun 2024. Segera ikuti Pelatihan & Sertifikasi Data Analytics Jogja di PITMA. Kami meyakini bahwa SDM bidang IT yang kompeten dan profesional telah menjadi kebutuhan semua organisasi mengingat semakin terintegrasinya kehidupan manusia khususnya bisnis dengan dunia digital. Oleh karena itu, dengan berbekal pengalaman praktis di industri IT kami memberikan layanan pelatihan dan sertifikasi IT sesuai dengan standar kompetensi atau profesi. Untuk informasi pelatihan dan jadwal terbaru silahkan hubungi kami di nomor whatsapp kami.

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan