Logo-Pitma-Jogja
Search

7 Solusi Cepat Mengatasi Lupa Pola Layar HP OPPO Tanpa Reset

7 Solusi Cepat Mengatasi Lupa Pola Layar HP OPPO Tanpa Reset

7 Solusi Cepat Mengatasi Lupa Pola Layar HP OPPO Tanpa Reset | Smartphone merek OPPO merupakan salah satu perangkat seluler yang banyak digunakan pengguna Android di Indonesia. Banyak sekali fitur unggulan yang didapatkan dari ponsel ini, salah satunya fitur keamanan. Fitur keamanan ponsel OPPO yang dapat digunakan salah satunya adalah PIN atau pola kunci.

Baca juga: Pengertian, Cara Kerja, Manfaat dan Resiko Single Sign On (SSO) Untuk Instansi

Oppo telah menjadi pilihan utama bagi banyak pengguna di Indonesia, mengingat inovasi terbaru yang ditawarkan oleh perusahaan teknologi ini. Namun, seperti halnya dengan perangkat elektronik lainnya, pengguna Oppo mungkin mengalami kesulitan ketika mereka lupa kata sandi HP yang mereka gunakan.

Menggunakan pola kunci pada HP akan menjaga privasi data maupun akun pengguna dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Apalagi jika HP Anda dipegang oleh orang yang tidak dikenal, maka dengan adanya fitur pola kunci ini dapat membuat orang lain tidak sembarangan membuka ponsel Anda. Terlebih jika mereka semena-mena menyalahgunakan akun Anda. Pihak OPPO juga selalu memberikan pembaruan fitur keamanan pada perangkat.

Fitur keamanan untuk mengunci perangkat dikembangkan dengan beberapa model, tidak hanya sandi password dan pola kunci, namun juga teknologi fingerprint dan face unlock, terutama pengguna HP OPPO seri terbaru.

Baca juga: Cara Meningkatkan Performa Android

Cara Mengatasi Lupa Pola Layar HP OPPO

Kita akan mengulas masalah pola kunci pada HP OPPO yang sering dialami pengguna. Kesalahan semacam ini bisa terjadi berulang yang menyebabkan pengguna tidak bisa menggunakan ponsel sama sekali. Lalu adakah cara untuk membukanya? Untuk membukanya, simak penjelasan dan metode mengatasi lupa pola layar HP OPPO berikut.

Gunakan Fitur Lupa Pola/PIN

Pertama, Anda bisa menggunakan fitur lupa pola/lupa password yang muncul ketika Anda berulang kali salah memasukkan pola/PIN. Ini sebenarnya cara paling mudah dalam membuka layar OPPO yang terkunci, asalkan Anda ingat dengan email serta kata sandi akun Google yang Anda miliki. Untuk melakukannya, Anda bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Pastikan ponsel OPPO Anda terhubung ke jaringan internet.
  2. Masukkan pola/PIN/Password selama beberapa kali sampai nantinya muncul opsi Lupa Kata Sandi/Lupa Password.
  3. Ketuk Lupa Kata Sandi untuk menyetel ulang kata sandi ponsel.
  4. Silakan login akun Google menggunakan email dan kata sandi ponsel OPPO Anda. Ketuk OK untuk login dan konfirmasi.
  5. Jika email dan kata sandi akun Google sesuai, pola akan terbuka dan Anda akan diarahkan ke menu Pengaturan/Settings ponsel OPPO Anda.
  6. Anda bisa atur ulang pola kunci/mematikan fitur pola “Aktifkan Sandi Layar”.
  7. Selesai.

Namun, tidak sedikit pengguna yang justru lupa dengan email serta kata sandi akun Google yang terhubung pada ponsel OPPO. Padahal akun Google pada ponsel merupakan akun yang sangat penting untuk dijaga dan diingat, agar apabila dikemudian hari terjadi masalah pada ponsel, akun bisa digunakan untuk menyetel ulang perangkat. Bagi Anda yang merasa lupa kata sandi akun Google, Anda bisa menyetel ulang kata sandi dengan mengikuti panduannya di sini.

Gunakan Android Find My Device

Tips selanjutnya, Anda bisa gunakan Android Find My Device untuk menghapus pola/PIN OPPO. Cara ini sebenarnya sama dengan me-reset ulang ponsel (yang dijelaskan pada poin berikutnya), tetapi ini dilakukan melalui perangkat lain, bisa ponsel Android lain atau PC. Namun sama seperti poin sebelumnya, Anda harus ingat dengan email serta kata sandi akun Google yang terhubung pada ponsel OPPO Anda. Untuk melakukannya, Anda bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka halaman Find My Device melalui browser yang Anda miliki.
  2. Login menggunakan akun Google yang terhubung pada ponsel OPPO Anda.
  3. Klik Hapus Perangkat dan konfirmasi dengan Hapus Perangkat untuk melakukannya.
  4. Dengan begitu, semua data pada ponsel akan terhapus.
  5. Selesai.

Gunakan Software Unlock Pihak Ketiga

Alternatif lain adalah menggunakan software unlock pola kunci/PIN dari pihak ketiga. Mungkin ini bisa menjadi solusi apabila Anda tidak ingat dengan email dan kata sandi akun Google serta tidak ingin kehilangan data dengan reset ulang ponsel. Software unlock pola kunci bekerja dengan cara bypass pola pada ponsel, tidak ada data yang akan dihapus serta tidak akan mempengaruhi kinerja ponsel. Beberapa rekomendasi software unlock pola kunci yang bisa Anda gunakan adalah sebagai berikut:

  1. iToolab UnlockGo (Android)
  2. Tenorshare 4uKey
  3. iSkysoft Toolbox
  4. Dr.Fone
  5. iMyFone LockWiper
  6. PassFab Android Unlocker
  7. Miracle Thunder

Software unlock pola kunci yang saya rekomendasikan merupakan software berbayar, namun tersedia masa percobaan (trial) yang bisa Anda manfaatkan untuk membuka pola pada ponsel OPPO Anda.

Gunakan Fitur Panggilan Telepon

Selain Forgot Password, ada cara lain dengan memanfaatkan fitur panggilan yang dapat diakses meski HP dalam posisi terkunci, berikut langkah-langkahnya.

  1. Siapkan HP lain dengan pulsa, dan ingat nomor yang terpasang di HP yang lupa pola.
  2. Lakukan panggilan ke nomor yang terpasang di dalam HP target.
  3. Saat panggilan masuk, tekan tombol “Home” untuk masuk ke menu utama.
  4. Akses “Pengaturan” atau “Settings.”
  5. Aktifkan data seluler agar HP dapat segera dibuka.
  6. Gunakan akun Google untuk masuk seperti pada metode pertama.
  7. Setelah berhasil masuk, ubah semua kata sandi, termasuk pola, untuk keamanan tambahan.

Gunakan Panggilan Darurat

Fitur emergency call HP Oppo juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi lupa kata sandi HP Oppo tanpa reset dengan mudah, berikut langkah-langkahnya.

  1. Usap layar HP untuk menyala.
  2. Tekan panggilan darurat atau emergency call.
  3. Pilih tanda bintang sebanyak 10 kali lalu salin semua tanda hingga maksimal.
  4. Buka shortcut pada kamera, tarik bar notifikasi, dan masuk ke setting.
  5. Tempelkan simbol bintang yang sebelumnya sudah tersalin ke kolom password.
  6. Lakukan secara berulang sampai layar kunci tidak tersandi dan bisa terbuka.

Gunakan Aplikasi Android Debugging (ADB)

Menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Android Debugging, bisa menjadi solusi lupa kata sandi hp Oppo tanpa reset yang dapat dilakukan, berikut langkah-langkahnya.

  1. Siapkan laptop dan unduh aplikasi ADB.
  2. Hubungkan HP Oppo yang lupa pola ke laptop menggunakan kabel USB.
  3. Buka aplikasi ADB dan jalankan perintah untuk menghapus kunci pola.
  4. Tunggu HP Oppo restart, dan kunci pola akan terhapus.
  5. Metode ini memerlukan pemahaman lebih lanjut tentang ADB dan perintah baris.

Gunakan Aplikasi Android Device Manager (ADM)

Selain Android Debugging (ADB), memulihkan lupa kata sandi HP Oppo juga dapat dilakukan dengan aplikasi Android Device Manager (ADM), berikut caranya.

  1. Akses situs “https//google.com/android/devicemanager/” dari laptop.
  2. Login dengan akun Google yang terhubung dengan HP Oppo.
  3. Pilih opsi “Lock” dan atur kata sandi baru.
  4. Setelah mengunci, restart HP dan masukkan pola dan kata sandi baru.
  5. ADM memungkinkan kontrol jarak jauh dan penggantian kata sandi.

Kesimpulan

Semoga tutorial di atas dapat membantu Anda mengatasi lupa pola layar HP OPPO Anda. Pastikan untuk selalu menjaga informasi akun Google Anda agar dapat memanfaatkan fitur pemulihan sandi dengan lebih baik.

Pelatihan & Sertifikasi Cyber Security Jogja

Demikian informasi penting 7 Solusi Cepat Lupa Pola Layar HP OPPO Tanpa Reset. Segera ikuti Pelatihan & Sertifikasi Cyber Security Jogja di PITMA. Kami meyakini bahwa SDM bidang Cyber Security yang kompeten dan profesional telah menjadi kebutuhan semua organisasi mengingat semakin terintegrasinya kehidupan manusia khususnya bisnis dengan dunia digital. Oleh karena itu, dengan berbekal pengalaman praktis di industri Cyber Security kami memberikan layanan pelatihan dan sertifikasi Cyber Security sesuai dengan standar kompetensi atau profesi. Untuk informasi pelatihan dan jadwal terbaru silahkan hubungi kami di nomor whatsapp kami.

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan