Logo-Pitma-Jogja
Search

7 Solusi Scanner Tidak Dapat Berfungsi Beserta Penyebabnya

7 Solusi Scanner Tidak Dapat Berfungsi Beserta Penyebabnya

7 Solusi Scanner Tidak Dapat Berfungsi Beserta Penyebabnya | Peran scanner sangat penting, baik di lingkungan perkantoran maupun pendidikan. Bagi pengguna yang masih tergolong baru, permasalahan seputar scanner yang tidak terdeteksi atau beroperasi di perangkat komputer dapat membuat pusing kepala.

Pada beberapa instansi atau perusahaan, keberadaan scanner sangat penting. Misalnya, untuk memindai dokumen penting dan mengarsipkannya dalam bentuk digital atau untuk mengirimkannya ke pihak lain melalui media online, seperti email. Perangkat scanner sekarang tersedia dalam berbagai bentuk, mulai dari ukuran kertas A4 dan F4 (polio) hingga scanner yang menyerupai mesin laminating, bahkan ada yang menyatu dengan perangkat pencetak (printer).

Solusi Scanner Tidak Dapat Berfungsi

Mengingat pentingnya perangkat scanner dalam beberapa bidang pekerjaan, kesalahan (error) pada scanner yang tidak terdeteksi oleh komputer tentunya akan sangat merepotkan. Berikut ini beberapa cara mengatasi scanner tidak berfungsi:

Baca juga: Apa itu Driver dan Fungsi Driver Laptop

Install Driver

Driver biasanya menjadi masalah utama ketika suatu perangkat keras tidak terdeteksi. Meskipun sistem operasi Windows terbaru telah terpasanag dengan driver resmi untuk fitur plug-and-play, beberapa perangkat keras masih memerlukan driver eksternal. Cari dan unduh driver terbaru dari situs resmi produsen perangkat tersebut sesuai dengan sistem operasi dan arsitektur komputer Anda.

Carilah driver terbaru dari situs resmi produsen perangkat tersebut. Lalu unduh (download) sesuai dengan sistem operasi yang Anda gunakan, adakalanya driver untuk setiap versi sistem operasi. Jangan lupa pastikan arsitektur software yang di unduh sesuai dengan komputer, misalnya Windows x32 (arsitektur processor 32-bit) atau Windows x64 (arsitektur processor 64-bit).

Misalnya pengguna menginstall driver dengan sistem operasi Windows 64-bit menginstall driver 32-bit, hal tersebut memang bisa bekerja namun kinerja perangkat akan tidak optimal, dan pengguna tentunya tidak bisa menginstall driver 64-bit pada komputer dengan sistem operasi 32-bit.

Uninstall Driver Scanner lalu Install Kembali

Menguninstall driver scanner dan menginstal ulangnya dapat membantu memeriksa apakah ada file driver yang rusak atau terkena virus. Pastikan untuk restart komputer setelah proses ini untuk hasil yang lebih optimal.

Periksa Apakah Scanner Terkunci (Lock, Locked):

Beberapa scanner memiliki fitur kunci untuk alasan keamanan. Pastikan scanner tidak dalam kondisi terkunci agar dapat digunakan dengan baik. Pada beberapa scanner (biasanya flat scanner) seperti Canon type Canoscan D464U ex, Canon type Canoscan 3000 ex, dsb.

Kunci scanner berada pada bagian bawah scanner, saat scanner di lock biasanya scanner tidak dapat digunakan, hal tersebut biasanya dilakukan untuk alasan keamanan (otoritas) agar scanner tidak digunakan oleh orang yang tidak berhak (setidaknya orang yang tidak tahu scannernya dikunci).

Ganti Kabel Data dengan Kabel Data Lain:

Ganti kabel data scanner dengan kabel data lain yang masih baik untuk memastikan bahwa tidak terjadi masalah pada kabel tersebut. Sebaiknya pengguna menggunakan multimeter untuk memeriksa kondisi kabel apakah terjadi putus didalam jaket kabel, namun jika tidak ada multimeter, usahakan pengguna mencoba mengganti kabel data dengan kabel data lain yang masi baik.

Kabel data untuk scanner biasanya sama dengan kabel data untuk printer, jadi jika pengguna memiliki printer dan scanner terpisah (biasanya flat scanner) maka pengguna dapat mencoba menghubungkan scanner dengan kabel data printer.

Pindahkan USB Connector dari Scanner ke USB Port Lain pada Komputer

Ada kemungkinan scanner tidak terdeteksi saat kabel datanya dihubungkan pada salah satu USB port namun terdeteksi jika dihubungkan pada USB port lain. Jika pengguna menghubungkan kabel data scanner ke terminal USB, cobalah untuk menghubungkan kabel data scanner langsung ke USB port komputer (USB port built-in pada motherboard). Hal ini karena ada kemungkinan koneksi pada terminal USB tidak stabil dan membuat scanner tidak terdeteksi.

Gunakan Windows Scan

Windows Scan merupakan software Windows yang dapat anda manfaatkan untuk memindai dokumen secara cepat dan kompleks. Tidak membutuhkan waktu yang lama, anda dapat melakukan pemindaian dengan cepat menggunakan aplikasi ini.

Selain itu aplikasi ini memiliki desain antarmuka yang sederhana. Sehingga para pengguna yang belum pernah menggunakannya akan mengerti dengan cepat. Terlebih lagi peletakan menu dan tombol yang ada juga tidak membuat pusing. Anda akan dengan mudah menemukannya. Berikut link download Windows Scan terbaru:

Download Windows Scan 2024

Hubungkan Scanner dengan Komputer Lain

Hubungkan scanner ke komputer lain untuk memastikan apakah masalahnya pada scanner atau pada komputer. Jika scanner berfungsi dengan baik ketika dihubungkan pada komputer lain, maka kesalahan ada pada komputer sebelumnya, mungkin driver, USB port atau USB connector (pada kabel data).

Namun, jika scanner tidak terdeteksi saat dihubungkan pada komputer lain, maka ada masalah dengan scannernya. Biasanya chip (atau chipset) yang bertanggung jawab atas koneksi scanner terhadap komputer. Letaknya biasanya tidak jauh dari USB port pada board (PCB) scanner, untuk memperbaikinya diperlukan keahlian khusus untuk mencabut chip dari board dan menggantinya dengan yang baru. Atau mengganti boardnya dengan board yang sesuai (dapat dicari di toko online). Mengganti chip memang lebih murah namun biaya pemasangannya yang cukup mahal. Sebaliknya mengganti board lebih mahal namun board dapat dipasang sendiri karena pemasangannya tidak terlalu rumit

Semoga salah satu dari langkah-langkah di atas dapat membantu Anda untuk solusi scanner tidak Berfungsi. Jika masalah tetap berlanjut, konsultasikan dengan ahli teknis untuk bantuan lebih lanjut.

Pelatihan & Sertifikasi IT Jogja

Demikian informasi penting 7 Solusi Scanner Tidak Dapat Berfungsi Beserta Penyebabnya. Segera ikuti Pelatihan & Sertifikasi IT Jogja di PITMA. Kami meyakini bahwa SDM bidang IT yang kompeten dan profesional telah menjadi kebutuhan semua organisasi. Mengingat semakin terintegrasinya kehidupan manusia khususnya bisnis dengan dunia digital. Oleh karena itu, dengan berbekal pengalaman praktis di industri IT kami memberikan layanan pelatihan dan sertifikasi IT sesuai dengan standar kompetensi atau profesi. Untuk informasi pelatihan dan jadwal terbaru silahkan hubungi kami di nomor whatsapp kami.

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan