Logo-Pitma-Jogja
Search

9 Jenis Training SDM untuk Meningkatkan Kompetensi Karyawan

9 Jenis Training SDM untuk Meningkatkan Kompetensi Karyawan

9 Jenis Training SDM untuk Meningkatkan Kompetensi Karyawan | Pelatihan atau Training Sumber Daya Manusia (SDM) memegang peranan krusial dalam meningkatkan kualitas dan kompetensi karyawan di perusahaan.

Di tengah perkembangan bisnis yang terus berlanjut, perusahaan harus memberikan perhatian khusus terhadap training SDM agar karyawan tetap relevan, terampil, dan siap menghadapi tantangan baru.

Kurang lebih ada 9 jenis training sdm yang mampu meningkatkan keterampilan dan kompetensi karyawan di berbagai bidang, seperti teknis, manajerial, atau keterampilan interpersonal. Oleh karena itu, pemahaman mengenai berbagai jenis tarining SDM sangat penting. Pada Kesempatan ini, kami akan merangkum 9 jenis training SDM yang umum dilakukan di perusahaan.

Manfaat Training SDM Perusahaan

Mengutip dari laman ruangkerja, ada manfaat yang spesifik yang ingin dicapai lewat training dan pengembangan dalam konteks organisasi atau perusahaan, di antaranya:

1. Meningkatkan Produktivitas

Pelatihan dan pengembangan dapat membantu karyawan meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan kemampuan mereka dalam melaksanakan tugas-tugas pekerjaan. Dengan demikian, mereka dapat bekerja dengan lebih efisien dan efektif, yang pada akhirnya akan meningkatkan produktivitas kerja secara keseluruhan.

2. Meningkatkan Kinerja

Pelatihan dan pengembangan dapat membantu karyawan mengasah keterampilan dan kompetensi yang relevan dengan pekerjaan mereka. Dengan meningkatnya keterampilan dan kompetensi, karyawan dapat melaksanakan tugas-tugas mereka dengan lebih baik, menghasilkan kinerja yang lebih tinggi, dan mencapai target kerja yang ditetapkan.

3. Meningkatkan Motivasi

Melalui pelatihan dan pengembangan, karyawan dapat merasa dihargai dan diberdayakan oleh organisasi. Mereka dapat merasa bahwa organisasi berinvestasi dalam pengembangan mereka, yang dapat meningkatkan motivasi dan dedikasi mereka terhadap pekerjaan mereka.

4. Meningkatkan Kepuasan Kerja

Pelatihan dan pengembangan dapat membantu karyawan merasa lebih percaya diri dan mampu meningkatkan kinerja karyawan dalam melaksanakan tugas-tugas mereka. Ini dapat meningkatkan kepuasan kerja mereka, yang pada gilirannya dapat mengurangi stres, meningkatkan loyalitas, dan mengurangi tingkat turnover atau pergantian karyawan.

5. Meningkatkan Kemampuan Beradaptasi

Dalam dunia kerja yang terus berkembang, pelatihan dan pengembangan dapat membantu karyawan menghadapi perubahan yang terjadi di lingkungan kerja.

Baca juga: Materi-materi Training SDM

9 Jenis Training SDM Perusahaan

training sdm

1. Skill Training

Pelatihan kompetensi atau skill training merupakan salah satu bentuk pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan karyawan di dalam perusahaan.

Dalam pelatihan ini, karyawan akan dibekali dengan kemampuan khusus yang sesuai dengan tugas dan tanggung jawab mereka. Misalnya, pelatihan dalam bidang keahlian teknis, manajerial, atau komunikasi.

2. Retraining

Pelatihan ulang atau retraining biasanya dilaksanakan ketika ada suatu perubahan yang signifikan dalam pekerjaan atau teknologi yang digunakan di perusahaan.

Pelatihan ini bertujuan untuk memperbarui pengetahuan dan keterampilan karyawan agar tetap relevan dengan kebutuhan perusahaan. Dalam pelatihan ini, karyawan akan belajar kembali atau diperbarui mengenai tugas dan tanggung jawab baru yang harus mereka pahami dan kuasai.

3. Cross Functional Training

Pelatihan lintas fungsional atau cross functional training adalah pelatihan yang melibatkan karyawan dari berbagai departemen atau fungsi di perusahaan.

Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memperluas pengetahuan dan pemahaman karyawan tentang berbagai aspek bisnis. Dengan demikian, karyawan dapat bekerja secara lebih efektif dalam kolaborasi lintas tim dan lintas departemen.

4. Language Training

Pelatihan bahasa adalah salah satu jenis pelatihan yang sangat penting dalam era globalisasi ini. Dalam pelatihan bahasa, karyawan diajarkan untuk berkomunikasi dalam bahasa asing, seperti bahasa Inggris, Mandarin, atau bahasa-bahasa lain yang relevan dengan kebutuhan bisnis perusahaan.

Kemampuan berbahasa yang baik akan membantu karyawan dalam berinteraksi dengan pelanggan internasional, meningkatkan kesempatan bisnis, dan membuka pintu kerjasama dengan perusahaan-perusahaan luar negeri.

5. Creativity Training

Pelatihan kreativitas merupakan upaya untuk mengembangkan kemampuan karyawan dalam berpikir kreatif dan inovatif. Dalam pelatihan ini, karyawan akan diajarkan teknik-teknik kreativitas, seperti brainstorming, mind mapping, atau design thinking.

Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk menghasilkan ide-ide baru yang dapat meningkatkan daya saing perusahaan dan menciptakan solusi inovatif untuk masalah yang dihadapi.

6. Technology Training

Pelatihan teknologi melibatkan pengenalan dan pelatihan terkait penggunaan teknologi dalam operasional perusahaan. Dalam pelatihan ini, karyawan akan diajarkan materi teknologi terkini seperti Digital Marketing, Data Science, Product Management, UI/UX Design, dan lainnya.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas karyawan dalam menggunakan teknologi terkini yang ada di perusahaan.

7. Team Training

Pelatihan tim atau team training adalah pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kerja sama dan efektivitas tim di dalam perusahaan.

Dalam pelatihan ini, karyawan akan diajarkan tentang pentingnya komunikasi yang baik, kolaborasi, pemecahan masalah, dan pengambilan keputusan dalam konteks kerja tim. Pelatihan ini akan membantu tim bekerja secara sinergi dan mencapai hasil yang lebih baik.

8. Leadership Training

Pelatihan kepemimpinan umumnya diperuntukkan bagi karyawan yang memiliki potensi untuk menjadi pemimpin di perusahaan. Dalam pelatihan ini, karyawan akan diajarkan tentang keterampilan kepemimpinan, seperti kemampuan mengambil inisiatif, memotivasi tim, mengelola konflik, dan mengambil keputusan strategis.

9. Training of Trainer

training of trainer diharapkan para peserta dapat meningkatkan kemampuan untuk menjadi “trainer/fasilitator” yang handal sehingga mampu memberikan kontribusinya untuk mencapai target dan sasaran sesuai dengan yang ditentukan Perusahaan.

Training SDM Jogja

Demikian informasi penting 9 Jenis Training SDM untuk Meningkatkan Kompetensi Karyawan. PITMA sebagai training provider di yogyakarta adalah pilihan tepat untuk program training SDM yang terpercaya dan berkualitas, dengan trainer profesional dan ahli di bidangnya.

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan