Logo-Pitma-Jogja
Search

9 Tips Mudah Belajar Coding Untuk Pemula

  1. Pahami Konsep Dasar Coding

Sebelum mempelajari berbagai bahasa pemrograman, kamu harus memahami lima konsep yang menjadi dasar dari coding. Konsep dasar tersebut di antaranya:

  • Variabel. Ini adalah nilai, angka, character string, maupun memory address yang memungkinkan programmer untuk membuat suatu program.
  • Control structure, yakni serangkaian blok pemrograman yang menganalisis variabel dan menentukan arah selanjutnya.
  • Struktur data. Ini merupakan format khusus untuk menganalisis dan menyimpan data sesuai tujuan tertentu.
  • Syntax, yaitu kode atau script yang dipahami oleh komputer guna mencapai tujuan programmer.
  • Tools, atau serangkaian program komputer yang diperlukan untuk menciptakan, memelihara, mendukung, serta menjalankan debug terhadap program maupun aplikasi lainnya.

2. Memilih Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman yagn kamu pilih tergantung pada tujuan coding itu sendiri. Jadi, tentukan terlebih dulu tujuan coding agar kamu dapat memilih bahasa pemrograman sekaligus sumber pembelajaran yang akan digunakan.

Bahasa pemrograman yang digunakan untuk membangun sebuah situs tentu berbeda dengan yang diperuntukkan bagi perancang mobile game.

Untungnya, kebanyakan bahasa coding memiliki konsep dasar yang mirip sehingga bisa diterapkan oleh pemula sekalipun

3. Pelajari Bahasa Pemrograman Satu Demi Satu

Saat belajar coding sebagai pemula, kamu sebaiknya fokus untuk belajar satu jenis bahasa pemrograman sebelum mempelajari yang lain. Hal ini bertujuan agar kamu tidak kebingungan atau mencampurkan berbagai macam syntax.

Awali dengan mempelajari bahasa pemrograman yang sederhana seperti bahasa pemrograman phyton, JavaScript, atau HTML/CSS.

Namun, kamu mungkin perlu mempelajari HTML dan CS secara bersamaan jika kamu berencana mengembangkan situs. Pasalnya, kedua bahasa pemrograman ini biasanya perlu digunakan secara bersamaan.

4. Mempelajari Dasar Setiap Bahasa Pemrograman

Mempelajari bahasa pemrograman apa pun harus dimulai dari dasar-dasarnya. Misalnya, jika kamu hendak mempelajari Python, cobalah mengawali dari bagian pengenalan dan tutorial.

Uraikan satu proyek yang besar menjadi langkah-langkah yang lebih sederhana. Tidak ada salahnya menghabiskan beberapa hari untuk mempelajari satu langkah sebelum memulai yang lain. Setelah kamu menguasai tutorial, coba hapus kembali dan ulangi dari awal.

5. Mengikuti Kursus Coding

Beragam online course kini tersedia untuk pengguna yang ingin belajar coding mulai dari dasarnya. Bentuk online course amat beragam, mulai berbasis teks, video tutorial, hingga yang paling mutakhir berupa course interaktif.

Course interaktif bahkan lebih efektif karena adanya praktik langsung mengenai materi spesifik.

Kamu dapat mencoba belajar secara gratis melalui situs-situs seperti Codecademy, Code.org, KhanAcademy, bahkan Scratch yang dapat digunakan oleh semua usia.

6. Mempelajari Coding Yang Dibuat Orang Lain

Kamu bisa menemukan potongan coding dengan mudah karena coding dan programming adalah open source yang bisa diakses semua orang. Cobalah temukan coding yang sederhana, lalu amati aspek berikut:

  • Apakah metode yang digunakan pada setiap line coding sudah efektif?
  • Apakah ada kesalahan dalam potongan coding tersebut?
  • Bagaimana cara mengubah suatu kode agar fungsinya berubah?

7. Mempelajari Coding Melalui Game Online

Ini mungkin menjadi hal yang mengasyikkan sebagai tips belajar coding. Pasalnya kamu bisa belajar coding android sembari mempelajarinya melalui game online yang dibuat oleh developers. 

Banyak game online yang kini dibuat berdasarkan bahasa pemrograman JavaScript, C++ hingga Java, contohnya adalah Counter Strike, Angrybirds, Polycraft, Football Pro dan sebagainya. 

Melalui game online ini kamu bisa mempelajari desain gamenya hingga kesulitan yang dimunculkan oleh developers di dalam game tersebut. 

8. Belajar Coding Dari Buku

Meski tergolong konvesional tetapi, lewat buku kamu bisa belajar coding gratis bahasa Indonesia yang bisa kamu dapatkan di perpustakaan tempat tinggalmu atau buku yang kamu pinjam dari teman. 

Ada banyak buku pemrograman yang bisa kamu temukan. Beberapa di antaranya buku ‘Coding membuat program’ karya Elizabeth Tweedale yang sudah dialihbahasakan dalam terjemahan bahasa Indonesia. Lalu ada juga buku ‘Belajar Coding Android bagi pemula’ karya Yuniar Supardi.

9. Carilah Mentor

Ada banyak komunitas programming yang bisa kamu ikuti. Dengan bergabung di komunitas-komunitas ini, kamu dapat bertemu dengan banyak programmer dan developer yang bisa kamu jadikan teman diskusi atau bahkan mentor dalam proses belajar coding.

Pengalaman, nasihat dan feedback mereka akan menambah pengetahuan dan pengalaman belajar coding untuk pemula sepertimu.

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?