Logo-Pitma-Jogja
Search

Pentingnya Mengetahui Tujuan Metodologi Penelitian

Metodologi penelitian adalah proses atau cara ilmiah untuk mendapatkan data yang akan digunakan untuk keperluan penelitian. Penelitian merupakan suatu penyelidikan yang sistematis untuk meningkatkan sejumlah pengetahuan, juga merupakan suatu usaha yang sistematis dan terorganisasi untuk menyelidiki masalah tertentu yang memerlukan jawaban. Hakikat penelitian dapat dipahami dengan mempelajari berbagai aspek yang mendorong penelitian untuk melakukan penelitian. Setiap orang mempunyai motivasi yang berbeda, diantaranya dipengaruhi oleh tujuan dan profesi masing-masing. Motivasi dan tujuan penelitian secara umum pada dasarnya adalah sama, yaitu bahwa penelitian merupakan refleksi dari keinginan manusia yang selalu berusaha untuk mengetahui sesuatu. Keinginan untuk memperoleh dan mengembangkan pengetahuan merupakan kebutuhan dasar manusia yang umumnya menjadi motivasi untuk melakukan penelitian.

    Metodologi penelitian merupakan prinsip dasar tentang metode riset yang diterapkan dalam proses penelitian. Metodologi berbeda dengan metode. Kedua istilah tersebut memang sering kali digunakan secara bergantian karena memiliki arti yang mirip. Ilmuwan sosial bernama Andrew Abbott (2001) membedakan definisi kedua istilah tersebut sebagai berikut: metodologi merupakan prinsip dasar, sedangkan metode adalah teknik penerapannya.

Metodologi, secara etimologi bisa diartikan sebagai ilmu tentang metode. Peneliti yang menguasai metodologi penelitian bisa dianggap menguasai bagian paling fundamental dari proses penelitian. Teknik penerapan metodologi penelitian bisa disebut sebagai metode. Dengan kata lain, istilah metode sama dengan teknik. 

    Tujuan penelitian adalah mendapatkan suatu rumusan hasil dari suatu penelitian melalui proses mencari, menemukan, mengembangkan, serta menguji suatu pengetahuan.

Selain itu, penelitian digunakan untuk memecahkan atau menyelesaikan suatu permasalahan yang ada.

Kami PITMA merupakan suatu provider pelatihan Jogja yang menyediakan berbagai paket Pelatihan Metodologi Penelitian bagi anda yang membutuhkan. Tema dan materi pelatihan terus kami perbaharui disesuaikan dengan kebutuhan & perkembangan terkini.

Dari sisi output atau tujuan dalam pelatihan ini diantaranya sebagai berikut :

  1. memahami pengetahuan-pengetahuan dasar pada riset
  2. memahami cara kerja riset, mulai dari penyusunan tujuan riset, desain riset, teknik sampling, dan data collection
  3. melakukan sebuah riset kualitatif dan kuantitatif di bidang manajemen/bisnis.
  4. memahami berbagai metode analisis data riset, seperti uji t, anova, korelasi, analisis faktor, Structural Equation Modelling (SEM), dan lainnya
  5. menganalisis sebuah kegiatan riset di bidang manajemen menggunakan software AMOS.
  6. Peserta dapat mengambil kesimpulan dari sebuah model penelitian.
  7. Peserta dapat melakukan evaluasi menyeluruh pada sebuah riset di bidang manajemen yang telah dilakukan

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan