Logo-Pitma-Jogja
Search

Aktivasi Windows 11 Permanen Tanpa Product Key (100% Free)

Aktivasi Windows 11 Permanen Tanpa Product Key (100% Free)

Aktivasi Windows 11 Permanen Tanpa Product Key | Sistem Operasi Windows selalu berkembang setiap tahunnya. Pada Windows, biasanya disediakan updating secara berkala dan otomatis. Hal ini dijelaskan dalam buku Internet untuk Kita Semua, Ian Chandra, (2009:298). Terbaru, kini sudah mencapai OS Windows 11.

Windows 11 merupakan Sistem Operasi terbaru besutan Microsoft yang menjadi generasi penerus Windows 10. Sama halnya dengan versi-versi Windows sebelumnya, Windows 11 mengalami perubahan-perubahan visual yang cukup menarik. Salah satu perubahan yang paling menonjol adalah posisi Start Menu dan Taskbar yang berubah ke tengah mirip seperti sistem operasi Mac OS.

Selain itu Windows 11 juga menampilkan antarmuka yang telah diperbarui dengan konsep Fluent Design Microsoft, yang menyajikan elemen transparan, bayangan dan sudut membulat di seluruh antarmuka sistem. Dalam hal peningkatan fitur dan keamanan pun juga tidak kalah menariknya, Windows 11 ini mendukung aplikasi Android yang bisa Anda jalankan.

Baca juga: Bagaimana Cara Memperbaiki Desktop Kosong Windows 11

Cara Aktivasi Windows 11 Permanen

Jika Anda ingin menikmati fitur dan layanan secara keseluruhan pada sistem operasi Windows 11, maka diwajibkan untuk melakukan aktivasi terlebih dahulu. Terkadang dalam hal ini, ada sebagian pengguna PC / laptop yang masih pemula merasa kebingungan saat melakukan aktivasi Windows 11 sendiri. Melalui artikel ini akan membantu Anda untu kaktivasi windows 11 tanpa product key.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk aktivasi Windows 11. Pertama, dengan memasukkan kode lisensi (product key) saat instalasi Windows sedang berlangsung atau setelah proses instalasi selesai. Namun agar Anda lebih mudah memahami tentang apa yang disampaikan, kami menggunakan cara setelah instalasi selesai.

Aktivasi Windows 11 dengan Pruduct Key

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk aktivasi Windows 11 yaitu memasukkan kode lisensi melalui menu Activation. Opsi ini termasuk cara paling mudah dan cepat untuk dilakukan, karena Anda hanya perlu mengakses pengaturan sistem Windows 11 saja. Akan tetapi cara ini hanya berlaku bagi Anda yang memiliki kode lisensi resmi dari pihak Microsoft. Jika Anda tidak mempunyainya, Anda bisa lanjut ke cara berikutnya.

Langkah 1 : Langkah pertama, sebelum Anda melakukan aktivasi Windows 11, pastikan Anda telah menyiapkan kode lisensinya terlebih dahulu (Home, Pro, Education, atau yang lainnya). Lalu periksa juga koneksi internet yang Anda gunakan stabil tanpa gangguan, karena proses aktivasi juga membutuhkan koneksi internet agar terhubung dengan Microsoft.

Langkah 2 : Jika sudah, Anda bisa akses menu Settings » System. Selanjutnya di halaman ini, klik tab menu Activation. Klik Change product key untuk memasukkan kode.

Langkah 3 : Setelah itu akan muncul pop-up baru yang muncul, di bagian kolom “Product key” silakan Anda masukkan kode lisensi yang telah disiapkan sebelumnya. Jika sudah, Anda bisa klik Next untuk melanjutkan prosesnya.

Jika Windows 11 Anda berhasil teraktivasi, akan muncul keterangan “Windows is Activated”. Anda bisa klik Close untuk menutupnya.

Aktivasi Windows 11 Tanpa Product Key

Anda bisa aktivasi windows 11 tanpa product key. Caranya adalah menjalankan command prompt yang khusus untuk mengaktivasi Windows 11 secara permanen. Cukup pilih salah satu dari ke 2 metode di bawah ini yang menurut Anda paling mudah dilakukan. Akan tetapi, sebelum Anda menggunakan menjalankan barisan perintah CMD tersebut, pastikan Anda telah menonaktifkan antivirus pada PC / laptop. Jika Anda menggunakan Windows Security, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Nonaktifkan Semua Opsi Windows Security
  1. Pertama, akses menu Settings » Update & Security » pilih tab Windows Security.
  2. Jika sudah, klik Open Windows Security » lalu pilih Virus & threat Protection.
  3. Di bagian “Virus & threat protection settings”, klik Manage settings.
  4. Selanjutnya geser mode On menjadi Off untuk mematikan setiap fitur Protection.

Aktivasi dengan Mode Otomatis

1 : Buka Command Prompt

  • Pastikan PC/Laptop Anda telah terkoneksi dengan internet. Jika belum, hubungkan terlebih dahulu. Karena metode ini perlu koneksi internet agar berhasil.
  • Klik Start, ketik cmd di kolom pencarian Windows. Lalu klik Run as Administrator.
1. Run as Administrator CMD Windows 11

Langkah 2 : Ketik atau Copy perintah Aktivasi

  • Jika muncul tampilan User Account Control, Anda bisa klik Yes untuk melanjutkannya.
  • Setelah program CMD terbuka, ketik perintah di atas » tekan Enter untuk mengeksekusi perintah.
Aktivasi Windows 11 Dengan CMD Otomatis

3 : Menunggu proses Aktivasi

  • Lalu tunggu proses aktivasi Windows 11 hingga selesai.
  • Jika proses berhasil, secara otomatis akan muncul keterangan “Product activation successful”.
  • Klik Close untuk menutup program CMD, karena Microsoft Office 2019 sudah aktif dan bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan.
  • Selesai.

Aktivasi dengan Mode Manual

1 : Buka program CMD

  • Hubungkan terlebih dahulu PC/Laptop Anda ke jaringan internet.
  • Klik Start, cari cmd di kolom pencarian » lalu pilih Run as administrator.

2 : Pemasangan key Windows 11

  • Setelah jendela program CMD telah terbuka, pasang terlebih dahulu key Windows 11.
  • Untuk pengguna Windows 11 Pro, Anda bisa ketik perintah di bawah ini:
  • Sedangkan pengguna Windows 11 Enterprise, Anda bisa ketik perintah berikut:
  • Tekan Enter untuk mengeksekusi perintah di atas.
Aktivasi Windows 11 Pro Dengan CMD
  • Jika pemasangan key berhasil, maka akan muncul keterangan Installed product key successful. Anda bisa kik Ok untuk menutupnya.

Langkah 3 : Mengatur KMS Server

  • Selanjutnya ketik perintah berikut disertai dengan menekan Enter untuk menjalankan proses.
  • Setelah Anda mengeksekusi perintah tersebut, maka akan muncul keterangan Key Management Service set successfully.
  • Klik Ok.
Mengatur KMS Server Untuk Aktivasi Windows 11 Pro
  • Kemudian untuk menyelesaikan aktivasi Windows 11 ini, ketik perintah berikut.
  • Tekan Enter untuk menjalankan perintah.
  • Setelah berhasil, keterangan Product activated successfully akan terlihat otomatis di jendela CMD Anda.
  • Klik Ok untuk menutupnya.
Penyelesaian Aktivasi Windows 11 Pro

Setelah melakukan proses aktivasi menggunakan langkah-langkah di atas dan prosesnya berhasil, maka sekarang semua fitur Windows 11 anda sudah bisa digunakan.

Pelatihan & Sertifikasi IT Jogja

Demikian informasi penting Aktivasi Windows 11 Permanen Tanpa Product Key (100% Free). Segera ikuti Pelatihan & Sertifikasi IT Jogja di PITMA. Kami meyakini bahwa SDM bidang IT yang kompeten dan profesional telah menjadi kebutuhan semua organisasi mengingat semakin terintegrasinya kehidupan manusia khususnya bisnis dengan dunia digital. Oleh karena itu, dengan berbekal pengalaman praktis di industri IT kami memberikan layanan pelatihan dan sertifikasi IT sesuai dengan standar kompetensi atau profesi. Untuk informasi pelatihan dan jadwal terbaru silahkan hubungi kami di nomor whatsapp kami.

Credit: Wahyu Setia Bintara

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan