Logo-Pitma-Jogja
Search

Alasan Pentingnya Mengikuti Pelatihan Dan Sertifikasi HR

Alasan Pentingnya Mengikuti Pelatihan Dan Sertifikasi HR

Alasan Pentingnya Mengikuti Pelatihan Dan Sertifikasi HR | Posisi HR memiliki peran signifikan di sebuah perusahaan, sebab HR adalah kunci utama dalam manajemen sumber daya di perusahaan. Maka dari itu, seorang HR wajib memiliki Sertifikasi HR sebagai bukti bahwa dia memiliki “surat izin praktek”. Hal itulah yang membuktikan bahwa dia telah menjadi HR yang berkompeten.

Pada Tanggal 18 Agustus 2022, Menteri Tenaga Kerja republik Indonesia, Ida Fauziah mengeluarkan surat keputusan menteri nomor 115/2022 tentang “Kewajiban Melakukan Sertifikasi Kompetensi” untuk pekerja Bidang Sumber daya Manusia. Jadi kedepannya untuk dapat bekerja sebagai HRD harus memiliki sertifikat kompetensi yang dikeluarkan oleh negara melalui BNSP.

Program sertifikasi ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam manajemen SDM. Peserta yang dinyatakan lulus akan mendapatkan pengakuan kompetensi dalam bentuk sertifikasi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Dimana BNSP merupakan satu-satunya lembaga yang dibentuk pemerintah Indonesia untuk melakukan pengukuran dan penilaian terhadap profesi yang ada di Indonesia. Jadi jika memiliki sertifikat dari BNSP sama saja yang mengakui ketermpilan rekan-rekan adalah Ngeara Indonesia.

Baca juga: Apakah Sertifikasi BNSP Penting Untuk Diambil?

Peran Kerja HR Dalam Perusahaan

Peran HR dimulai sejak attracting talent—dengan strategi talent engagement, hingga mengelola talenta perusahaan yang telah berhasil onboarding atau yang telah bekerja lama sebelumnya dengan beragam strategi employee engagement.

Secara tidak langsung, ini berarti HR di perusahaan Anda bertanggung jawab menginisiasi employer branding yang baik dan mengatur standar candidate serta employee experience di perusahaan Anda. Selain itu, HR juga dapat berperan dalam memastikan bahwa karyawan yang bekerja di perusahaan Anda sesuai dengan kebutuhan perusahaan saat itu dan di masa yang akan datang. Berikut beberapa peran penting HR di perusahaan:

1. Identitas Perusahaan Dibangun dari Para Karyawan yang Dipilih HR

Identitas perusahaan yang kuat dibentuk dari budaya kerja yang baik. Bagaimana budaya tersebut diimplementasikan ke perusahaan tergantung pada kinerja serta kecocokan karyawan. Salah satu tugas utama bidang HR adalah melakukan seleksi rekrutmen pegawai baru. Dari proses rekrutmen ini, HR wajib melakukan analisis dan penilaian untuk mengetahui apakah kandidat benar-benar cocok tidak hanya untuk mengisi posisi yang dibutuhkan tapi juga memastikan bahwa calon karyawan pun cocok dengan budaya yang ada dalam perusahaan.

2. Peraturan Karyawan Dibuat oleh HR untuk Menerapkan Budaya Kerja

Peran penting HR selanjutnya adalah membuat peraturan yang menegaskan budaya kerja perusahaan. Adanya peraturan akan membantu karyawan untuk melakukan tugas-tugas mereka secara efektif sekaligus menghindarkan mereka dari kelalaian kerja. Selain itu, HR juga wajib memperbaharui peraturan dari waktu ke waktu sehingga tetap sesuai dengan perkembangan zaman.

3. Menjadi Solusi bagi Permasalahan Karyawan

Salah satu peran lainnya dari HR adalah sebagai bagian dari konseling karyawan. Misalnya, ketika karyawan sedang bermasalah, ia dapat menjadi penengah dan bermediasi antara karyawan dan perusahaan. Sehingga, mereka dapat menjembatani keduanya dan bisa jadi bagian dari solusi terhadap konflik tersebut. Ketika ada karyawan yang kurang puas terhadap keputusan terkait kontrak atau gaji yang menyangkut dirinya, HR juga bisa berperan untuk mendengarkan keluhan karyawan tersebut. Nantinya, setelah karyawan mengutarakan pendapatnya, pihak HR serta perusahaan dapat memutuskan solusi dari keluhan karyawan yang telah diterima.

4. Mengatur benefit yang diterima Karyawan

Peran penting HR lainnya yaitu mengidentifikasi kompensasi berdasarkan posisi, kinerja, dan peraturan yang berlaku.Selain gaji pokok, HR pun berkewajiban mengurus asuransi kesehatan, rencana pensiun, dan manfaat lainnya dengan penyedia pihak ketiga. Selain itu, kenaikan pangkat (promotion) dan/atau penurunan pangkat (demotion) pun menjadi ranah peran HR dalam sebuah perusahaan. Oleh karena itu, HR perlu memastikan kinerja masing-masing Karyawan perusahaan terhadap ekspektasi dan kebutuhan target perusahaan. 

HR adalah jembatan perusahaan dengan talentanya—berlaku pula sebaliknya, yang mana bertanggung jawab memperjuangkan kesejahteraan bersama. Jadi, sudah jelas bahwa divisi human resources memang penting bagi perusahaan Anda.

Pelatihan dan Sertifikasi HR BNSP Jogja

Demi mendapatkan Sertifikasi HR, tentunya, ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Mulai dari mengetahui bagaimana melakukan seleksi dokumen calon pekerja, proses evaluasi penilaian kinerja, pengelolaan administrasi pekerja, dari sistem pengupahan hingga menghitung upah lembur. Tidak hanya itu, kita juga perlu belajar serba serbi dari tes sertifikasi HR yang telah disesuaikan dengan silabus sertifikasi BNSP.

Oleh karena itu penting juga melakukan persiapan yang matang. Persiapan dapat melalui pelatihan khusus untuk para praktisi HR yang ingin berhasil lulus ujian Sertifikasi HR. Pelatihan tersebut berguna mengembangkan kompetensi sesuai dan sebagai jaminan lulus calon penerima sertifikat.

PITMA sebagai provider Pelatihan Jogja merupakan perusahaan yang bergerak di bidang Pengembangan Manusia berkantor pusat di Yogyakarta. PITMA sendiri merupakan akronim dari Pilar Teknotama. Sesuai namanya, perusahaan kami banyak bergerak di bidang pelatihan / training, asesmen, sertifikasi dan webinar.

Demikian informasi Alasan Pentingnya Mengikuti Pelatihan Dan Sertifikasi HR. Segera ikuti pelatihan dan sertifikasi HR BNSP bersama PITMA. Untuk informasi pelatihan dan jadwal terbaru silahkan hubungi kami di nomor whatsapp kami disini.

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan