DURASI

2 hari

DESKRIPSI

Salah satu tahapan penting dalam pengembangan kemampuan SDM agar produktivitas mereka meningkat adalah memberikan mereka pelatihan ketrampilan yang sesuai dengan kebutuhan organisasi dan kompetensi SDM. Analisis Kebutuhan Diklat merupakan upaya mengidentifikasi jenis diklat yang sesuai dengan kebutuhan staf/karyawan, agar mereka memiliki kemampuan sesuai dengan jabatan dan fungsinya masing-masing. Analisis Kebutuhan Diklat adalah langkah
awal dalam siklus pengelolaan SDM yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan ketrampilan seseorang sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya dalam organisasi.

Pendidikan dan pelatihan dapat memperkecil kesenjangan kebutuhan kompetensi yang diperlukan dalam mengukur kinerja seseorang. Oleh karena itu proses mengidentifikasi kebutuhan diklat, memilih metoda diklat, penggunaan sejumlah tools (alat) dan pengukuran manfaat sebuah diklat serta anggaran yang dibutuhkan merupakan kegiatan penting yang harus dikuasai oleh praktisi SDM.

TUJUAN

  • Memahami pentingnya melakukan analisis kebutuhan untuk pengadaan sebuah pelatihan
  • Mengetahui kerangka berpikir dalam penyusunan program pelatihan
  • Memastikan kebutuhan pelatihan terkait dengan sasaran organisasi
  • Mengetahui berbagai level kebutuhan pelatihan pada sebuah organisasi
  • Mengetahui berbagai metode identifikasi kebutuhan pelatihan pada tiap level organisasi
  • Mengetahui kaitan antara hasil identifikasi kebutuhan pelatihan dengan penyusunan sasaran serta evaluasi hasil pelatihan.
  • Menyusun rencana evaluasi pelatihan dan tindak lanjut

MATERI

  • Pengantar Undang – Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN dan Peraturan
    Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 Tentang Manajemen PNSPengenalan AKD dan dasar hukum dari AKD
  • Proses Asesmen Kebutuhan Diklat
  • Tahapan dan Tujuan AKD
  • Analisis Tugas dan Kompetensi
  • Metode Pengumpulan Data
  • GAP Analysis
  • DIF Model
  • Study Case Analisa Kebutuhan Diklat