Logo-Pitma-Jogja
Search

Belajar dan Tips Membuat Iklan Facebook Ads Efektif 2024

Belajar dan Tips Membuat Iklan Facebook Ads Efektif 2024

Belajar dan Tips Membuat Iklan Facebook Ads Efektif 2024 | Digital advertising adalah pemasaran yang dilakukan sebuah perusahaan atau brand untuk mempromosikan produk atau jasanya menggunakan media digital atau internet yang bertujuan untuk menjangkau konsumen atau calon konsumen secara cepat dan lebih luas.

Orang Indonesia sangat tertarik pada berbagai platform media sosial yang tersedia. Dimulai dari media sosial Facebook, Instagram, Twitter, dan TikTok. Penggunaan media sosial ini tidak hanya bisa mencari informasi dan hiburan saja.

Adanya potensi yang luar biasa ini, akhirnya para pengembang platform media sosial mulai menawarkan peluang bisnis. Sehingga saat ini, setiap platform menawarkan beragam fitur untuk bisnis, seperti Facebook for Business.

Mark Zuckerberg mengembangkan Facebook for Business dengan tujuan untuk membantu para pebisnis yang ingin mengiklankan, menawarkan, dan menjual produknya melalui media sosial.

Oleh karena itu penting untuk memulai belajar dan mencari tips membuat iklan Facebook Ads yang efektif di 2024 untuk meningkatkan bisnis Anda agar tidak tertinggalan. Anda dapat menghemat biaya promosi produk atau jasa. Selain itu, komunikasi antara penjual dengan pembeli terjalin dengan baik meski berada di tempat yang berbeda karena tidak mengenal batas waktu.

Fitur Facebook Ads

Facebook Ads adalah platform iklan berbayar di Facebook yang memungkinkan perusahaan Anda untuk mempromosikan bisnisnya dan menjangkau audiens target Anda. Ada beberapa alasan mengapa Facebook Ads penting dan mengapa perusahaan harus mempertimbangkan untuk menggunakan Facebook Ads untuk mendapatkan customers.

1. Targeting yang Tepat

Salah satu alasannya adalah Facebook Ads memungkinkan Anda untuk menargetkan audiens dengan sangat spesifik berdasarkan demografi, minat, perilaku, dan lokasi geografis. Dengan begitu, Anda dapat memastikan bahwa iklan hanya ditampilkan kepada orang-orang yang paling mungkin tertarik dengan produk atau layanan Anda.

2. Cost Effective

Targeting yang tepat akan berdampak pada efektivitas biaya yang perlu dikeluarkan. Anda tidak harus menghabiskan biaya untuk menayangkan iklan pada audiens yang tidak ada relevansinya dengan produk Anda.

Pada rinciannya, Facebook Ads menawarkan biaya per klik atau biaya per tampilan yang relatif murah dibandingkan dengan iklan tradisional seperti iklan televisi atau iklan cetak. Ini berarti bahwa bahkan perusahaan kecil dengan anggaran iklan terbatas dapat memanfaatkan keuntungan dari iklan berbayar di Facebook.

3. Analitik yang Akurat

Facebook Ads menyediakan banyak data analitik dan pelaporan yang dapat membantu Anda memahami bagaimana iklan Anda berperforma. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mengukur Return on Investment (ROI) dari ads campaign Anda dan membuat perubahan jika diperlukan.

4. Penargetan Mobile

Semakin banyak orang mengakses internet melalui perangkat seluler Anda, dan Facebook Ads memungkinkan perusahaan untuk menargetkan pengguna Facebook yang sedang menggunakan aplikasi Facebook pada perangkat seluler mereka.

Jenis-Jenis Iklan di Facebook Ads

Ketika menyebut istilah Facebook Ads, kita hanya berbicara soal platform yang digunakan. Sementara itu, Anda memiliki banyak opsi jenis iklan yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Berikut ini jenis-jenis iklan di Facebook Ads beserta penjelasan cara kerja dan fungsinya.

1. Image Ads

Ini adalah jenis iklan paling umum di Facebook. Iklan gambar memungkinkan Anda untuk menampilkan iklan gambar produk lengkap dengan teks deskripsi dan URL menuju website atau landing page produk tempat customer dapat melakukan transaksi. Jika Anda belum memiliki halaman produk untuk ditautkan dalam iklan Anda, maka Anda bisa membuatnya terlebih dahulu dengan mudah dan cepat menggunakan landing page.

2. Video Ads

Iklan video memungkinkan Anda untuk menampilkan video pendek yang menarik perhatian audiens dan menyampaikan brand message secara visual.

3. Catalog Ads

Jenis iklan ini memungkinkan Anda untuk menampilkan katalog produk yang ada di Facebook. Ini dapat menampilkan gambar, deskripsi, dan tautan ke situs web perusahaan.

4. Dynamic Ads

Iklan dinamis memungkinkan Anda untuk menampilkan produk yang disesuaikan dengan minat dan perilaku pengguna Facebook yang ditargetkan.

5. Collective Ads

Jenis iklan ini memungkinkan Anda untuk menampilkan beberapa produk dalam satu iklan. Pengguna dapat mengeklik iklan untuk melihat produk secara lebih detail.

6. Instant Experience Ads

Jenis iklan ini dulunya dikenal sebagai canvas ads, dan memungkinkan perusahaan untuk menampilkan gambar, video, dan teks dalam bentuk format iklan yang menarik dan interaktif.

7. Lead Generation Ads

Iklan ini memungkinkan Anda untuk mengumpulkan informasi kontak dari pengguna Facebook yang menunjukkan minat pada produk atau layanan mereka.

8. Retargeting Ads

Jenis iklan ini memungkinkan perusahaan untuk menargetkan pengguna Facebook yang sebelumnya telah mengunjungi website Anda atau telah berinteraksi dengan merek Anda di platform Facebook.

Cara Membuat Facebook Ads

Nah, ini dia cara untuk membuat iklan Facebook Ads yang kami jelaskan tiap langkahnya untuk dapat Anda ikuti.

  1. Login ke akun Facebook Anda dan masuk ke Facebook Ads Manager.
  2. Buat new campaign dengan menentukan tujuan dan target audiens Anda.
  3. Tentukan anggaran dan jadwal iklan Anda.
  4. Pilih format iklan yang sesuai dengan tujuan kampanye Anda, seperti image atau video ads.
  5. Buat konten iklan yang menarik dan relevan untuk audiens Anda.
  6. Tentukan penempatan iklan Anda, seperti di Facebook saja, di Instagram, atau di Audience Network.
  7. Tentukan target audience Anda dengan menentukan usia, jenis kelamin, minat, lokasi, dan lain-lain.
  8. Tentukan penawaran untuk iklan Anda dan lakukan pengaturan akhir.
  9. Terakhir, setup ulasan dan klik tombol kirim ads campaign Anda.
  10. Selesai

Tips Menaikkan Performa Facebook Ads

Ada beberapa proses yang harus Anda ikuti, jika Anda ingin menaikkan performa Facebook Ads dengan tujuan meningkatkan penjualan. Jika ingin biaya promosi mendapatkan hasil terbaik, maka Anda perlu menambahkan langkah-langkah berikut ini:

1. Masukkan Facebook Video Ads

Untuk membuat kampanye yang sukses, gunakan visual video yang akan menarik minat audiens Anda. Manfaatkan topik yang sedang tren untuk iklan Anda.

2. Manfaatkan Iklan Multi Produk

Kemudian, Anda harus mengoptimalkan kampanye Anda dengan beberapa fitur, seperti fitur iklan multi-produk tujuannya untuk membantu Anda menampilkan lebih banyak produk di setiap kampanye.

3. Gunakan Facebook Pixel

Facebook pixel memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi mereka yang melihat iklan Anda dan mengarahkan pada target pasar tertentu. Jangan khawatir jika Anda tidak yakin bagaimana menyusun iklan promosi Anda. Facebook pixel memungkinkan Anda melacak data dan menargetkan ulang audiens saat Anda mulai mengoptimalkan Iklan Facebook Anda.

4. Gunakan Fitur CTA

Apa itu CTA? CTA adalah cara yang efektif untuk menarik konsumen hingga melakukan pembelian. Umumnya, menggunakan CTA atau call to action ini dilakukan secara personal. Dengan begitu konsumen akan lebih diprioritaskan.

Baca juga: Pengertian,Macam-macam, Contoh dan Manfaat Call To Action

5. Retargeting Ads

Pernahkah Anda melihat iklan dari situs web yang muncul di halaman beranda Facebook Anda? Nah, itu termasuk hasil dari Re-Targeting Ads situs tersebut.

Dengan Re-Targeting Ads, seluruh pengunjung web akan menampilkan iklan di timeline Facebook berdasarkan kriteria seperti usia dan jenis kelamin. Dengan begitu pengunjung web akan melihat iklan situs web yang mereka kunjungi secara teratur.

Para pedagang, terutama perusahaan besar kini sekarang banyak melakukannya. Misalnya, seperti di Lazada, Tokopedia, dan Shopee. Bukan hal yang aneh melihat iklan mereka di halaman Facebook Anda, bukan?

6. Lookaline Audience

Lookaline audience adalah layanan hebat yang dapat membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari iklan Facebook Anda. Hasil sistemnya sangat menguntungkan, jadi pasti layak untuk mencobanya.

Looklike audience merupakan alat yang memungkinkan Anda untuk menghasilkan penargetan iklan baru berdasarkan data konsumen yang ada. Misalnya, jika Anda memiliki informasi pelanggan, fitur ini akan membantu Anda mengarahkan iklan baru yang kepada audiens.

7. Kelola Tayangan Iklan dengan Fitur Ad Schedule

Menurut Anda, apakah mungkin seseorang akan menonton iklan pada larut malam? Ini tidak mungkin karena tidak banyak burung hantu malam, sehingga sulit untuk menjangkau audiens target Anda.

Agar Anda tidak salah sasaran atau jadwal iklan, Anda perlu memanfaatkan fitur Ad Schedule yang dapat membantu Anda untuk berhasil menampilkan iklan yang meningkatkan konversi. Ad Schedule juga memastikan bahwa kampanye Anda akurat dan tepat sasaran.

Webinar Menyelami Digital Marketing: Melangkah Maju lewat Facebook Ads

Demikian informasi penting Belajar dan Tips Membuat Iklan Facebook Ads Efektif 2024. Segera ikuti Webinar Menyelami Digital Marketing: Melangkah Maju lewat Facebook Ads bersama Pilar Teknotama. Webinar akan berlangsung pada hari selasa 16 Januari 2024 secara live di Youtube kami. Daftar sekarang melalui menu registrasi website kami. Untuk informasi pelatihan dan jadwal terbaru silahkan hubungi kami di nomor whatsapp kami.

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan