Logo-Pitma-Jogja
Search

Belajar Front-End Dari Awal, Analisis Rinci React JS vs Node JS

Belajar Front-End Dari Awal, Analisis Rinci React JS vs Node JS

Belajar Front-End Dari Awal: Analisis Rinci React JS vs Node JS | Di dunia Front-End Developer yang dinamis, membuat antarmuka pengguna yang menarik adalah kunci. Perbandingan seperti kelebihan React JS dan Node JS, mengungkap peran dan fungsi unik keduanya. Artikel ini penting bagi kamu yang sedang belajar menjadi seorang developer. Berikut perbedaan antara React Js dan Node JS agar kamu tidak salah membuat keputusan untuk persiapan belajar.

Baca juga: Tutorial Paling Mudah Install Vue.js Untuk Pemula

1. Fungsi React JS vs Node JS

React JS dan Node JS memiliki 2 fungsi yang bertolak belakang. Kedua nya bagus dalam pengembangan website atau aplikasi. Namun React JS unggul dalam menciptakan tampilan antarmuka pengguna, sementara Node JS berfungsi sebagai sebuah runtime environtment untuk JavaScript yang bersifat open-source dan cross-platform.. 

React JS menyediakan sebuah library yang digunakan untuk menciptakan sebuah tampilan antarmuka yang interaktif dan dinamis untuk website maupun aplikasi. Library React JS berisi kode-kode JavaScript yang berfungsi untuk mempermudah dan mempercepat web development

Node JS memungkinkan developer untuk menjalankan kode Javascript tidak hanya pada browser, namun dengan Node JS kode Javascript bisa dijalankan di sisi server. Node JS biasanya digunakan untuk membangun sebuah API, IOT, dll.

2. Arsitektur Penting React JS vs Node JS

Untuk kerumitan kode, maka Node JS memiliki kerumitan lebih tinggi. React JS memanfaatkan komponen untuk membangun tampilan interaktif. Komponen tersebut dibagi-bagi sesuai fungsi dan kegunaanya kemudian digabungkan menjadi suatu komponen yang lebih kompleks.

Node JS mengadopsi arsitektur modular, jadi terdapat pemisahan kode menjadi modul-modul yang berbeda. Di Node. js, modul adalah blok kode yang dienkapsulasi yang berkomunikasi dengan aplikasi eksternal berdasarkan fungsionalitas terkaitnya. Modul dapat berupa satu file atau kumpulan beberapa file/folder.

3. Navigasi JavaScript di React JS vs Node JS

Memiliki fondasi utama yaitu JavaScript. React JS dan Node JS keduanya menggunakan bahasa yang sama, namun berbeda dalam lokasi dan cara eksekusi kode—baik di browser atau di sisi server. React JS memiliki program Javascript yang hanya beroperasi pada browser.

Sedangkan pada Node JS beroperasi pada sisi server, jadi ketika menjalankannya pada sisi server Javascript dapat berguna untuk memproses permintaan. Permintaan tersebut meliputi; HTTP, mengakses database, dan lain-lain.

4. Batas Kegunaan React JS vs Node JS

React JS dan Node JS memiliki batas pengoperasian yang berbeda. React JS mampu menangani tuntutan lalu lintas website, memastikan aksesibilitas yang lancar. Sementara itu, Node JS menghadapi tantangan menangani permintaan di sisi server, dari HTTP hingga pengambilan data dan respons.

5. Peran React JS vs Node JS

Berfokus inti setiap alat sesuai pengggunanya. React JS berperan dalam mengembangkan pengalaman para developer Front-End yang menarik. Sementara Node JS berperan sebagai tulang punggung para developer Back-End, menjadi basis untuk API dan fungsionalitas di sisi server.

Kesimpulan

Intinya, pahami bagaimana React JS dan Node JS, meskipun menggunakan bahasa yang sama, memainkan peran yang berbeda dalam ekosistem pengembangan web. Sesuaikan pilihan kamu berdasarkan kebutuhan proyek, dan mulailah ke dunia antarmuka pengguna yang menarik atau fungsionalitas tangguh di sisi server.

Bagi kamu yang menjelajahi React JS, mulailah dengan mengasah keterampilan JavaScript kamu dan ikuti panduan pembelajaran React JS yang komprehensif. Begitu juga, jika membangun API dan terjun ke pengembangan di sisi server dengan Node JS adalah tujuan kamu, persiapkan diri dengan pengetahuan yang sesuai untuk menyambungkan antarmuka pengguna dan basis data.

Pelatihan Front End Web Development With React JS Jogja

Demikian informasi penting Belajar Front-End Dari Awal, Analisis Rinci React JS vs Node JS. Segera ikuti pelatihan Front End Web Development With React JS di PITMA. Untuk informasi pelatihan dan jadwal terbaru silahkan hubungi kami di nomor whatsapp kami.

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan