Logo-Pitma-Jogja
Search

Bimtek Evaluasi Manajemen Resiko dan Kemampuan Komunikasi – Inspektorat Ngawi

Evaluasi Manajemen Resiko dan Kemampuan Komunikasi

Bimtek Evaluasi Manajemen Resiko dan Kemampuan Komunikasi – Inspektorat Ngawi | Kamis (9/3/2023) Pilar Teknotama mengadakan Bimtek Evaluasi Manajemen Resiko dan Kemampuan Komunikasi Bersama dengan Inspektorat Ngawi. Diklat atau Bimtek ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang evaluasi manajemen risiko serta meningkatkan kemampuan komunikasi terkait manajemen risiko di berbagai bidang. Kegiatan ini dirancang untuk melatih peserta dalam mengidentifikasi, mengevaluasi, dan mengelola risiko yang mungkin terjadi dalam suatu organisasi atau proyek. Selain itu, Bimtek ini juga fokus pada pengembangan kemampuan berkomunikasi dalam mengelola risiko, baik secara internal di antara tim maupun eksternal dengan para pemangku kepentingan.

Risiko bisa muncul dari internal atau eksternal organisasi, mengganggu pencapaian tujuan dan mendorong pentingnya penerapan manajemen risiko untuk mengantisipasi kemungkinan masa depan. Pengelolaan risiko yang tepat, hasil dari identifikasi dan penilaian yang akurat, menjadi krusial dalam menghadapi dinamika perekonomian yang selalu meningkatkan risiko. Keselarasan dalam mengelola risiko menjadi salah satu faktor kunci dalam meraih tujuan organisasi yang diinginkan.

Evaluasi Risiko juga merupakan proses penting dalam manajemen risiko. Proses tersebut bertujuan untuk memahami sejauh mana pemerintah daerah telah mengidentifikasi, menganalisis, dan mengelola risiko-risiko perangkat daerah.

Baca juga: Penerapan Manajemen Resiko IT dalam Perbankan

Apa Itu Manajemen Risiko?

Mengutip laman UMSU, manajemen risiko adalah proses sistematis untuk mengidentifikasi, menganalisis, mengevaluasi, dan mengendalikan risiko dalam suatu organisasi atau proyek. Tujuan utama manajemen risiko adalah mengurangi atau meminimalkan dampak negatif dari risiko dan memaksimalkan peluang yang ada.

Berikut adalah langkah-langkah umum dalam manajemen risiko:

  1. Mengidentifikasi risiko potensial yang mungkin mempengaruhi pencapaian tujuan organisasi atau proyek. Risiko dapat berasal dari berbagai sumber, seperti lingkungan eksternal, operasional, keuangan, teknologi, atau faktor manusia.
  2. Menganalisis risiko secara mendalam, termasuk probabilitas terjadinya risiko dan dampaknya. Dalam analisis risiko, sering digunakan matriks risiko untuk menggambarkan tingkat probabilitas dan dampak risiko secara visual.
  3. Mengevaluasi tingkat risiko dengan mempertimbangkan probabilitas dan dampaknya. Risiko dapat dinilai sebagai risiko tinggi, sedang, atau rendah, dan prioritas dapat ditetapkan berdasarkan risiko yang paling signifikan.
  4. Merencanakan tindakan dan strategi untuk mengurangi, menghindari, mentransfer, atau menerima risiko. Strategi pengelolaan risiko harus disesuaikan dengan tujuan dan kebutuhan organisasi atau proyek.
  5. Melaksanakan tindakan pengelolaan risiko yang direncanakan, termasuk penerapan kontrol, perubahan kebijakan atau prosedur, pengadaan asuransi, atau mitigasi risiko lainnya.
  6. Mengawasi dan memantau risiko secara terus-menerus, serta melakukan tinjauan berkala terhadap efektivitas strategi pengelolaan risiko. Jika ada perubahan dalam lingkungan atau kondisi bisnis, perlu dilakukan penyesuaian dan pembaruan dalam manajemen risiko.

Tujuan Bimtek

Tujuan Bimtek Evaluasi Manajemen Resiko dan Kemampuan Komunikasi adalah peserta mempelajari metode evaluasi risiko, alat, dan teknik yang digunakan untuk mengidentifikasi potensi risiko, menganalisis dampaknya, dan mengembangkan strategi pengelolaan risiko. Di samping itu, aspek komunikasi juga ditekankan untuk memastikan peserta mampu menyampaikan informasi tentang risiko secara jelas kepada para pemangku kepentingan, serta bekerja sama dalam mengelola risiko secara efektif di berbagai situasi.

Pelaksanaan Bimtek

bimtek-evaluasi-manajemen-resiko-dan-kemampuan-komunikasi

Bimtek ini berlangsung di Kota Yogyakarta, tepatnya di Khas Malioboro Hotel Yogyakarta, Jl. Gadean No.3, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Waktu penyelenggaraan berlangsung selama tiga hari, mulai dari tanggal 9 hingga 11 Maret 2023. Acara ini diikuti oleh seluruh pegawai Inspektorat Ngawi.

Bimtek Evaluasi Manajemen Resiko dan Kemampuan Komunikasi Jogja

Demikian laporan Bimtek Evaluasi Manajemen Resiko dan Kemampuan Komunikasi bersama Inspektorat Ngawi.  PITMA sebagai provider bimtek dan diklat jogja juga melayani lebih banyak lagi materi lainnya. Segera ikuti Bimtek Evaluasi Manajemen Resiko dan Kemampuan Komunikasi  di PITMA, untuk informasi pelatihan dan jadwal terbaru silahkan hubungi kami di nomor whatsapp kami.

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?