Logo-Pitma-Jogja
Search

Bimtek Pelaksanaan Sistem Kerja Pada Instansi Pemerintah Untuk Penyederhanaan Birokrasi – DPUPKP Ponorogo

DPUPKP Ponorogo

Kamis (25/5/2023) Pilar Teknotama mengadakan Bimtek Pelaksanaan Sistem Kerja Pada Instansi Pemerintah Untuk Penyederhanaan Birokrasi bersama DPUPKP Ponorogo. Diklat atau Bimtek (Bimbingan Teknis) ini bertujuan untuk memberi pemahaman tentang Peraturan Menpan RB atau Permenpan RB Nomor 7 Tahun 2022 Tentang Sistem Kerja Pada Instansi Pemerintah Untuk Penyederhanaan Birokrasi.

Mengapa perlu Penyederhanaan Birokrasi?

Sistem Kerja adalah serangkaian prosedur dan tata kerja yang membentuk suatu proses aktivitas pelaksanaan tugas dan fungsi organisasi. Penyesuaian Sistem Kerja adalah perbaikan dan pengembangan mekanisme kerja dan proses bisnis Pegawai Aparatur Sipil Negara dengan memanfaatkan sistem pemerintahan berbasis elektronik. Mekanisme Kerja adalah proses dan cara kerja organisasi yang menggambarkan alur pelaksanaan tugas Pegawai Aparatur Sipil Negara yang dilakukan dalam suatu sistem dengan mengedepankan kompetensi, keahlian dan/atau keterampilan.

Baca juga: Pelatihan Penyusunan SOP Administrasi Pemerintah – DPUPKP Ponorogo

Penyederhanaan Birokrasi dilakukan melalui tahapan:

  1. Penyederhanaan Struktur Organisasi;
  2. Penyetaraan Jabatan; dan
  3. Penyesuaian Sistem Kerja.

Tujuan dari penyesuaian Sistem Kerja ASN, yaitu:

  1. mewujudkan proses kerja yang efektif dan efisien;
  2. memastikan pencapaian tujuan, strategi, dan kinerja organisasi;
  3. mengoptimalkan pemanfaatan sumberdaya manusia; dan
  4. mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.

Dengan ditetapkannya Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 7 Tahun 2022 tentang Sistem Kerja pada Instansi Pemerintah untuk Penyederhanaan Birokrasi, diharapkan dapat meningkatkan kinerja pemerintahan dan pelayanan publik yang efektif dan efisien sehingga tercipta birokrasi yang dinamis, lincah dan profesional.

Tujuan Bimtek

ASN harus mengubah pola pikir dan sistem kerja yang tadinya bersifat hierarki menjadi lincah, fleksibel, dan kolaboratif. Hal karena terjadi perubahan sistem kerja yang mengedepankan kerja tim yang fokus pada hasil serta menghargai kompetensi, keahlian, dan keterampilan dengan dukungan tata kelola pemerintahan berbasis digital untuk mendukung pencapaian tujuan organsiasi. 

Melalui sistem kerja yang baru tersebut pula, pejabat fungsional akan dapat ditugaskan secara flexiblechangeable, dan moveable dengan pengelolaan kinerja yang akuntabel. ASN tidak bekerja dalam kotak-kotak tertentu melainkan fokus pada pencapaian tujuan organisasi. Sehingga ASN dituntut untuk mampu berkinerja lebih optimal sesuai dengan kompetensinya, dapat dimanfaatkan tidak hanya pada unit organisasi, namun juga di luar unit organisasi.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) No. 15/2023 tentang Tata Cara Penilaian Penyederhanaan Struktur Organisasi dan Penyesuaian Sistem Kerja dalam rangka Evaluasi Reformasi Birokrasi Tahun 2023. SE yang ditandatangani pada 25 Juli 2023 ini dikeluarkan untuk memberikan panduan bagi instansi pemerintah dalam melakukan penilaian terhadap penyederhanaan struktur organisasi dan penyesuaian sistem kerja serta untuk mempercepat terwujudnya hasil pelaksanaan reformasi birokrasi yang berdampak terhadap pencapaian sasaran pembangunan nasional dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Pelaksanaan Bimtek

Bimtek ini berlangsung di Kota Yogyakarta, tepatnya di Lynn Hotel Yogyakarta, Jl. Jogokaryan No.82, Mantrijeron, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Waktu penyelenggaraan berlangsung selama tiga hari, mulai dari tanggal 25 hingga 27 Mei 2023. Acara ini diikuti oleh 24 peserta dari DPUPKP Ponorogo.

Bimtek Pelaksanaan Sistem Kerja Pada Instansi Pemerintah Untuk Penyederhanaan Birokrasi Jogja

Demikian laporan Bimtek Pelaksanaan Sistem Kerja Pada Instansi Pemerintah Untuk Penyederhanaan Birokrasi bersama DPUPKP Ponorogo. PITMA sebagai provider pelatihan pemerintahan, bimtek dan diklat juga melayani lebih banyak lagi materi lainnya. Segera ikuti Bimtek Pelaksanaan Sistem Kerja Pada Instansi Pemerintah Untuk Penyederhanaan Birokrasi di PITMA, untuk informasi pelatihan dan jadwal terbaru silahkan hubungi kami di nomor whatsapp kami.

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?