Logo-Pitma-Jogja
Search

Bimtek Pengadaan Barang dan Jasa BLUD – Bagian Pengadaan Barang Jasa Pemerintah Kabupaten Pemalang

Bimtek Pengadaan Barang dan Jasa BLUD Pemalang

Jumat (2/6/2023) Pilar Teknotama sukses mengadakan Bimtek Pengadaan Barang dan Jasa BLUD Bersama Bagian Pengadaan Barang Jasa Pemerintah Kabupaten Pemalang. Diklat atau Bimbingan Teknis (Bimtek) ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian, ketrampilan dan sikap pengelola pengadaan barang/jasa pemerintah dalam melaksanakan tugas jabatan sebagai pengelola pengadaan barang/jasa pemerintah secara profesional dan beretika.

Baca juga: Diklat PBJ | 8 Tips Sukses lulus ujian PBJ

Sejalan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2005 dan Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2012 Pasal 2, dinyatakan bahwa untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa dengan memberikan fleksibilitas dalam pengelolaan keuangan berdasarkan prinsip ekonomi dan produktivitas, dan penerapan praktek bisnis yang sehat.

Secara umum, Terbitnya PP Nomor 23/2005 dan Permendagri Nomor 79/2018 yang mengatur tentang pengelolaan keuangan pada BLU/BLUD, dimana Organisasi Pemerintah Daerah akan lebih dinamis dalam peningkatan pelayanannya dengan memanfaatkan mekanisme PPK BLU/BLUD.

Dalam hal ini BLUD, berdasarkan Perpres 16/2018 sebagaimana diubah dengan Perpres 12/2021 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, memberikan perlakuan khusus dalam pengadaan barang/jasa untuk menjalankan kegiatan operasional perusahaan di mana terdapat alasan efektivitas dan/atau efisiensi,
maka BLUD tersebut dapat mengusulkan kepada Menteri Keuangan/Kepala Daerah untuk mendapatkan fleksibilitas sebagaimana diatur dalam PP No. 23 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan BLU pasal 20 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 79 tahun 2018.

Mengutip laman KEMENKEU, aktivitas sebuah layanan publik (RSUD, Puskesmas atau layanan masyarakat publik lainnya), tidak pernah terlepas dari aktivitas belanja melalui pengadaan barang/jasa. Dalam rangka keberlangsungan sebuah layanan, pengelola mewajibkan dirinya untuk dapat menyediakan sarana dan prasarana layanan yang cepat dan berdaya guna. Kegiatan tersebut membutuhkan sebuah tata kelola di bidang pengadaan barang/jasa.

Tujuan Bimtek

Bimtek Bertujuan untuk memberi pengetahuan kepada peserta bahwa pelaksanaan proses pengadaan baik pada sektor pemerintah maupun non pemerintah harus menganut nilai dasar ataupun prinsip dasar pengadaan barang atau jasa. Nilai dasar atau prinsip dasar tersebut berfungsi sebagai pedoman atau landasan dalam pelaksanaan kegiatan pengadaan barang dan jasa.

Berikut adalah pedoman dalam kegiatann pengadaan barang dan jasa yang diharapkan mampu diterapkan setelah mengikuti Bimtek Pengadaan Barang dan Jasa BLUD:

  • Efektif
    Kegiatan pengadaan harus sesuai dengan kebutuhan yang telah ditetapkan.
  • Efisien
    Kegiatan pengadaan diusahakan dengan dana yang terbatas untuk mencapai sasaran yang dalam waktu sesingkat-singkatnya dan dapat dipertanggungjawabkan.
  • Transparan
    Adanya suatu keadaan dimana pihak ketiga kegiatan pengadaan bisa melihat denga jelas barang atau jasa yang akan dibeli.
  • Terbuka
    Siapapun dapat mengikuti proses lelang yang berlangsung sebagai calon penyedia dengan memenuhi syarat yang telah ditentukan.
  • Bersaing
    Penentuan penyedia yang akan dipilih ditentukan dengan persaingan lelang yang sehat antar penyedia.
  • Adil/Tidak Diskriminatif
    Memberikan perlakuan yang sama terhadap semua calon penyedia tanpa mengarah untuk memberi keuntungan pada pihak tertentu.
  • Akuntabel
    Kegiatan pegadaan dapat ditelusur dari segi keuangan dengan jelas dan dapat dipertanggungjawabkan pada berbagai pihak.

Pelaksanaan Bimtek

Peserta Bimtek Pengadaan Barang dan Jasa BLUD

Bimtek ini berlangsung di Kota Surakarta, tepatnya diSwiss-Belinn Saripetojo Solo, l. Slamet Riyadi No.437, Sondakan, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Waktu penyelenggaraan bimtek berlangsung selama dua hari, mulai dari tanggal 2 hingga 4 Juni 2023. Acara ini diikuti oleh 21 peserta dari Bagian Pengadaan Barang Jasa Pemerintah Kabupaten Pemalang. Sementara untuk narasumber adalah perwakilan dari Pemerintah Kota Surakarta.

Bimtek Pengadaan Barang dan Jasa BLUD Jogja

Demikian laporan Bimtek Pengadaan Barang dan Jasa BLUD bersama Bagian Pengadaan Barang Jasa Pemerintah Kabupaten Pemalang. PITMA sebagai provider pelatihan pemerintahan, bimtek dan diklat juga melayani lebih banyak lagi materi lainnya. Segera ikuti Bimtek Pengadaan Barang dan Jasa BLUD di PITMA, untuk informasi pelatihan dan jadwal terbaru silahkan hubungi kami di nomor whatsapp kami.

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?