Logo-Pitma-Jogja
Search

BKD Banjarmasin – Analisis Kebutuhan Diklat

Pemberian pelatihan ketrampilan yang sesuai dengan kebutuhan organisasi dan kompetensi karyawan merupakan satu tahapan krusial dalam pengembangan kemampuan SDM agar produktivitas mereka meningkat. Analisis kebutuhan pelatihan adalah langkah awal dalam siklus yang diharapkan memberikan kontribusi untuk pelatihan dan strategi pendidikan karyawan dalam suatu organisasi atau kelompok profesional. Pelatihan dapat memperkecil kesenjangan kebutuhan kompetensi yang diperlukan dalam memberikan unjuk kinerja setiap SDM.  Oleh karena itu proses mengidentifikasi kebutuhan pelatihan, memilih metoda pelatiham, penggunaan sejumlah tools (alat) dan pengukuran manfaat sebuah pelatihan serta anggaran yagn dibutuhkan merupakan kegiatan penting yang harus dikuasai oleh praktisi SDM.

Atas dasar itulah, BKD Kabupaten Banjarmasin mempercayakan PITMA Pilar Teknotama dalam penyelenggaraan pelatihan tentang Analisa Kebutuhan Diklat. Pelatihan ini diikuti oleh 3 orang peserta dan diselenggarakan selama 2 hari ( 13-14 November 2019) di Hboutique Hotel Yogyakarta.

Tujuan diselenggarakannya pelatihan ini antara lain sebagai berikut:

  • Memahami pentingnya melakukan analisis kebutuhan untuk pengadaan sebuah pelatihan
  • Mengetahui kerangka berpikir dalam penyusunan program pelatihan
  • Memastikan kebutuhan pelatihan terkait dengan sasaran organisasi
  • Mengetahui berbagai level kebutuhan pelatihan pada sebuah organisasi
  • Menyusun rencana evaluasi pelatihan dan tindak lanjut

Diharapkan setelah adanya pelatihan ini peserta mampu mengimplementasikan ilmu yang didapatkan dan mengembangkannya sesuai dengan tupoksi pekerjaan nya masing-masing.

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?