Logo-Pitma-Jogja
Search

Pemprov DIY – Pengelolaan Arsip Secara Elektronik

Urgensi Untuk Mengelola Arsip Secara Elektronik?

Arsip menjadi salah satu komponen dasar dari sumber daya organisasi sebagaimana sumber daya manusia (SDM). Manajemen kearsipan yang berkualitas dapat menjadi tolak ukur kualitas layanan yang tersedia. Electronic Filing System atau e-filing adalah salah satu metode dalam pengelolaan arsip yang diatur UU No 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan diikuti peraturan pelaksanaannya yang tertuang dalam PP No. 82/2012. Pengelolan arsip atau dokumen secara sistematis dan terintegrasi sangat diperlukan dalam mendukung kegiatan operasional perusahaan sehari hari. 

Pelatihan Pengelolaan Arsip Secara Elektronik

Manajemen kearsipan yang berkualitas dapat menjadi tolok ukur kualitas layanan yang tersedia.  Dalam rangka mewujudkan peningkatan kompetensi SDM dalam hal tersebut, Pemerintah Daerah Provinsi DIY bekerjasama dengan PITMA dalam penyelenggaraan Pelatihan pengelolaan arsip secara elektronik.

Pelatihan ini telah dilaksanakan selama 2 hari , yaitu pada tanggal 10 – 11 Desember 2020 yang berlokasi di Hotel Horison Yogyakarta, Pelatihan ini diikuti oleh 20 orang jajaran dari Pemprov DIY.

Dari segi materi yang disampaikan dalam pelatihan ini, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Ruang lingkup keasipan Elektronik
  2. Dokumentasi dan Pengarsipan
  3. Sistem Pemberkasan Dokumen
  4. Manajemen Dokumen Elektronik
  5. Digital Filing System dan Aplikasi Electronic Document Management System (EDMS)
  6. Otomatisasi Kegiatan Administrasi Perkantoran

Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini, para peserta pelatihan mampu mengembangkan ilmu yang didapat sesuai dengan ranah pekerjaan nya masing-masing.

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?