Logo-Pitma-Jogja
Search

Capacity Building – Dinkes Kab. Tegal

image-uploads-2019-07/

 

Pembangunan kapasitas (capacity building) SDM menjadi hal yang mutlak harus berjalan dengan baik agar sebuah organisasi dapat berkembang dan dapat terus beradaptasi dengan perubahan lingkungan organisasi. capacity building dapat diartikan sebagai proses meningkatkan kemampuan pengetahuan dan keterampilan (skills), sikap (attitude) dan perilaku (behaviour) dari SDM, Pembentukan dan pengembangan kapasitas merupakan suatu proses yang dilaksanakan pada tiga level/tingkatan, yaitu individu, kelompok dan institusi atau organisasi, dan bertujuan untuk menjamin kesinambungan organisasi melalui pencapaian tujuan dan sasaran organisasi yang bersangkutan. Pada level individu, agar SDM mempunyai kapasitas yang terus berkembang, proses dapat dilakukan mulai dari seleksi, pemberian lingkungan kerja yang memadai, serta pelatihan yang berkesinambungan dalam aspek-aspek penting, seperti kemampuan berkomunikasi, motivasi diri, kemampuan problem solving, kreativitas, dan kepemimpinan.

 

Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal bekerjasama dengan PT. Pilar Teknotama menyelenggarakan pelatihan Capacity Building selama 2 hari ( 29 – 30 April 2019 ) yang diselenggarakan di hotel Dafam Semarang, sebagai narasumber Bayu Yudhana, CBC., CLDM., PHR praktisi dalam bidang pengembangan SDM memaparkan materi mengenai pengembangan diri, membangun etos kerja, problem solving dan mengenai komunikasi efektif dalam pekerjaan.

 

Menurut Bapak Dwi Risdiyanto, sebagai peserta dari Dinkes Kab Tegal di Bidang Umum Kepegawaian menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi staff di bidang umum kepegawaian. karena materi yang diberikan berkaitan dengan bidang kepegawaian, bagaimana cara berkomunikasi yang efektif dengan sesama rekan kerja, membangun kepercayaan dengan rekan kerja dan sebagainya. besar harapan agar pelatihan – pelatihan seperti ini sering diadakan untuk meningkatkan kompetensi dan kapasitas pegawai negeri sipil ujar beliau di sela – sela waktu rehat kopi saat pelatihan.

 

 

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?