Logo-Pitma-Jogja
Search

Pelatihan Big Data Machine Learning – Diskominfo Kabupaten Jepara

Big data Diskominfo-Kab.-Jepara

Pelatihan Big Data Machine Learning – Diskominfo Kabupaten Jepara | Selasa (14/3/2023) Pilar Teknotama menyelenggarakan Pelatihan Big Data Machine Learning. Big Data Machine Learning menjadi salah satu jenis pelatihan yang banyak dicari oleh banya perusahaan atau instansi. Salah satu alasannya, saat ini hampir semua kegiatan sudah melakukan digitalisasi dan menjadikan data sebagai salah satu aset penting. Bahkan, tak sedikit instansi pemerintahan yang mulai berinvestasi untuk menyimpan dan mengolah seluruh datanya untuk berbagai kepentinganSemakin besar instansi, data dan informasi yang dimiliki pun akan sangat besar, inilah yang disebut dengan big data. 

Mengutip laman AWS, machine learning (ML) adalah ilmu pengembangan algoritme dan model secara statistik yang digunakan sistem komputer untuk menjalankan tugas tanpa instruksi eksplisit, mengandalkan pola serta inferensi sebagai gantinya. Sistem komputer menggunakan algoritme machine learning untuk memproses data historis berjumlah besar dan mengidentifikasi pola data. Hal ini memungkinkannya untuk memprediksi hasil yang lebih akurat dari set data input yang diberikan

Machine learning memiliki kemampuan untuk memperoleh data yang ada dengan perintah sendiri. ML juga dapat mempelajari data yang ada dan data yang ia peroleh sehingga bisa melakukan tugas tertentu. Tugas yang dapat dilakukan oleh ML pun sangat beragam, tergantung dari apa yang dipelajari.

Ada banyak manfaat yang bisa dirasakan instansi jika mendaftarkan anggota untuk mengikuti pelatihan big data machine learning:

  1. Memastikan tenaga kerja yang dimiliki ahli dan terampil
  2. Memastikan tenaga kerja yang dimiliki sesuai dengan kebutuhan industri
  3. Meningkatkan efisiensi dan efektifitas kerja
  4. Meningkatkan produktivitas dan kualitas pekerjaan
  5. Mengurangi biaya dari berbagai risiko atau kesalahan

Sedangkan, bagi anggota sendiri pelatihan akan membawa banyak manfaat seperti:

  1. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sesuai kebutuhan industri
  2. Meningkatkan rasa percaya diri
  3. Mengurangi waktu yang digunakan untuk trial and error sendiri

Tujuan Pelatihan

Umumnya, ada beberapa tujuan mengikuti pelatihan big data machine learning, diantaranya:

Menentukan Penyebab Masalah

Tujuan pertama mengikuti pelatihan big data adalah agar tenaga kerja bisa melakukan analisis dan menentukan berbagai sebab dari suatu masalah yang terjadi di sistem . Secara bersamaan, tenaga kerja bisa menghindari kesalahan-kesalahan yang terjadi dalam proses penyimpanan data.

Membantu Mengambil Keputusan

Umumnya big data akan dikombinasikan dengan berbagai smart device, internet of things, dan artificial intelligence. Nantinya kombinasi tersebut bisa memberikan berbagai informasi yang diperlukan sistem untuk mengembangkan suatu layanan.

Mendeteksi Anomali

Instansi skala kecil atau besar pasti pernah mengalami berbagai gangguan teknis atau non teknis. Salah satu tujuan pelatihan big data adalah agar bisa mendeteksi anomali atau hal-hal yang menyimpang secara cepat dan tepat. Selain itu, tenaga kerja juga nantinya akan bisa membuat perencanaan dan memberikan beberapa insight berdasarkan data untuk mengurangi anomali yang terjadi.

Meningkatkan Produktivitas Bisnis

Tujuan pelatihan big data selanjutnya adalah agar bisa meningkatkan produktivitas dengan lebih efisien terutama saat mengumpulkan sejumlah data besar. Nantinya, data yang dimiliki bisa dianalisis dan diinterpretasikan untuk menjadi insight yang bermanfaat dengan tepat dan juga cepat. Selain itu, dengan menggunakan big data juga memungkinkan tenaga kerja untuk bekerja secara otomatis dan membantu mereka agar lebih proaktif saat membuat keputusan berdasarkan analisis data agar terhindar dari kesalahan yang bisa merugikan.

Baca juga: Big Data and Machine Learning

Pelaksanaan Pelatihan

Pelatihan ini dilaksanakan di Jepara, tepatnya di Gedung OPD Bersama, Jl. Kartini No.1, Panggang I, Panggang, Kec. Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Pelatihan berlangsung selama 3 hari, dimulai dari tanggal 14 hingga 16 Maret 2023. Diikuti oleh sebelas orang peserta dari  Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jepara.

Dalam pelatihan ini, membahas tentang infrastruktur Big Data, metode analytic, dan machine learning, dengan lab-lab yang memanfaatkan teknologi Big Data tersebut.

Pelatihan Big Data Machine Learning Jogja

Demikian laporan pelatihan dengan materi Big Data Machine Learning bersama Diskominfo Kabupaten Jepara. Segera ikuti pelatihan Big Data Machine Learning di PITMA, untuk informasi pelatihan dan jadwal terbaru silahkan hubungi kami di nomor whatsapp kami.

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?