Logo-Pitma-Jogja

Pelatihan Fiber Optic Advanced – BKPSDM Kota Salatiga

pelatihan-fiber-optic-advanced-bkpsdm-salatiga

Pelatihan Fiber Optic Advanced – BKPSDM Kota Salatiga | Selasa (12/12/2022) Pilar Teknotama menyelenggarakan Pelatihan dengan materi Fiber Optic Advanced. Pelatihan Fiber Optic Advanced adalah program pelatihan yang dirancang untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan lanjutan dalam bidang jaringan serat optik. Program ini lebih fokus pada aspek-aspek teknologi fiber optic (fiber optik) yang lebih kompleks dan mendalam dalam instalasi, konfigurasi, pemeliharaan, dan manajemen jaringan serat optik.

Teknologi Fiber Optik

Menutip laman SMK Negeri 5 Batam, Teknologi fiber optik adalah saluran transmisi atau sejenis kabel, terbuat dari kaca atau plastik yang lebih tipis dibandingkan dengan sehelai rambut. Teknologi ini berfungsi untuk mentransmisikan sinyal berupa cahaya dari satu tempat ke tempat lainnya.

Sumber cahaya yang sering digunakan adalah laser atau LED. Kabel fiber optik memiliki diameter kurang lebih 120 mm. Cahaya yang ada di dalamnya tidak keluar karena indeks bias di udara lebih kecil daripada indeks bias kaca.

Selain itu, karena laser mempunyai spektrum yang sangat sempit, kecepatan teknologi fiber optik ini bisa dibilang cukup tinggi. Sehingga, sangat cocok digunakan untuk saluran komunikasi. Oleh karena itu, tak heran jika banyak perusahaan besar yang menggunakannya.

Lebih luas lagi, sebenarnya fiber optik tidak hanya bermanfaat bagi perusahaan, tetapi juga bermanfaat untuk masyarakat luas. Dibedakan menjadi dua jenis, yaitu fiber optik single mode dan kabel fiber optik multimode. Kabel fiber optik single mode mempunyai transmisi tunggal untuk menyebarkan cahaya.

Cara Kerja Fiber Optik

Sementara itu, kabel fiber optik multimode memiliki banyak transmisi sehingga mampu menyebarkan cahaya yang banyak sekalipun dalam satu waktu. Cara kerjanya adalah:

  • Sumbernya berbentuk sinyal listrik yang ketika berada di transmitter diubah oleh transducer electro optic atau yang dikenal dengan dioda menjadi gelombang cahaya.
  • Selanjutnya gelombang cahaya ditransmisikan melalui ujung kabel serat menuju penerima yang ada di ujung lainnya.
  • Penerima sinyal optik diubah oleh transducer optoelektronik menjadi sinyal kembali.

Tujuan Pelatihan

trainer bersama peserta pelatihan fiber optik

Pelatihan Fiber Optic Advanced bertujuan untuk meningkatkan keahlian teknis peserta dalam jaringan serat optik. Ini mencakup pemahaman teknologi serat optik, penyelesaian masalah lanjutan, manajemen kapasitas, keamanan jaringan, dan pemahaman tentang teknologi terbaru. Tujuan akhirnya adalah membantu peserta meningkatkan peluang karier mereka dalam bidang jaringan serat optik.

Baca juga: Pelatihan Teknis Pengurus Barang Milik Daerah – BKPSDM Kab Majalengka

Pelaksanaan Pelatihan

Pelatihan ini dilaksanakan di Kota Yogyakarta, tepatnya di Forriz Hotel Yogyakarta, Jl. HOS Cokroaminoto No.60, Pakuncen, Wirobrajan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta dan berlangsung selama 2 hari, dimulai dari tanggal 12 hingga 13 Desember 2022. Pelatihan ini diikuti oleh dua belas orang peserta perwakilan dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Salatiga.

Narasumber menyampaikan bebrapa materi dari Fiber Optic Advanced, seperti prinsip dasar serat optik, teknologi serat optik lanjutan, instalasi, perawatan, dan pengukuran serat optik, manajemen jaringan serat optik, keamanan serat optik, serta aplikasi khusus. Selain itu peserta akan diberikan pemahaman yang lebih dalam dalam manajemen, instalasi, dan pemeliharaan jaringan serat optik yang kompleks.

Pelatihan Fiber Optic Advanced Jogja

Demikian laporan pelatihan dengan materi Fiber Optic Advanced bersama BKPSDM Kota Salatiga. Pilar Teknotama sebagai provider pelatihan jogja juga melayani lebih banyak lagi materi pelatihan lainnya. Segera ikuti Pelatihan Fiber Optic Advanced di PITMA. Untuk informasi pelatihan dan jadwal terbaru silahkan hubungi kami di nomor whatsapp kami.

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?