Logo-Pitma-Jogja
Search

Pelatihan Penetration Testing – Diskominfo Kota Salatiga

pelatihan pentest diskominfo kota salatiga

Pelatihan Penetration Testing – Diskominfo Kota Salatiga | Rabu (1/3/2023)  Pilar Teknotama menyelenggarakan Pelatihan Penetration Testing. Penetration Testing, atau pentest, adalah proses uji coba keamanan yang bertujuan mengidentifikasi kerentanan dalam sistem, jaringan, atau aplikasi komputer. Pelatihan ini memiliki tujuan untuk menilai sejauh mana sistem atau perangkat lunak rentan terhadap serangan potensial.

Manfaat Pentest

Penetration testing (pentest) adalah uji penetrasi sistem keamanan yang dilakukan dengan tujuan untuk mencari celah sistem keamanan software yang rawan diserang. Dengan melakukan penetration testing, Anda bisa mengetahui apa yang bisa dilakukan untuk membuat sistem keamanan yang dapat menjamin keamanan data-data yang disimpan.

Mengutip laman toreon.compenetration testing memiliki peran dalam melakukan hal-hal berikut:

  1. Pengecekan efektivitas sistem keamanan yang sudah dibuat;
  2. Pengujian komponen-komponen bisa diakses dengan mudah oleh pihak eksternal (publik). Dalam pelaksanaan pentest, umumnya komponen-komponen yang bisa diakses dengan mudah seperti ini misalnya adalah routerfirewall, dan DNS;
  3. Mencari tahu titik yang rentan terhadap ancaman keamanan dari pihak ketiga;
  4. Mencari titik keamanan yang rentan menyebabkan pencurian data. 

Tujuan Pelatihan

Dalam Pelatihan Penetration Testing, seorang profesional keamanan komputer atau tim mencoba mengeksploitasi kerentanan dalam sistem atau aplikasi seperti yang mungkin dilakukan oleh penyerang. Mereka melakukan serangkaian uji coba untuk menguji ketahanan sistem, mengidentifikasi titik lemah, dan memberikan rekomendasi perbaikan.

Alasan utama mengapa pelatihan ini penting adalah karena adanya peningkatan penggunaan internet melalui perangkat seluler (smartphone).

Dengan meningkatnya penggunaan internet melalui smartphone, semakin banyak pula kebutuhan pengembangan software untuk platform smartphone. Meluasnya penggunaan internet melalui smartphone juga menyebabkan titik-titik ancaman semakin banyak.

Maka dari itu, pentest penting sekali untuk dilakukan. Dengan pentest, setiap instansi bisa memastikan software yang dibuat merupakan software yang aman juga baik untuk user maupun untuk pihak instansi.

Baca juga: Belajar Pentest, Mulai dari Pengertian hingga Cara Kerja

Pelaksanaan Pelatihan

Pelatihan ini dilaksanakan di Jogja, tepatnya di Hotel Kombokarno Malioboro, Jl. Dagen No.39, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pelatihan berlangsung selama 2 hari, dimulai dari tanggal 1 hingga 2 Maret 2023. Diikuti oleh tiga orang peserta dari  Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Salatiga. Untuk narasumber pelatihan ini merupakan seorang yang sekarang menjadi Data Specialist di Tuwuh io yakni Bapak Muhammad Pailus.

Dalam pelatihan ini, Bapak Pailus membahas berbagai materi yang mencakup aspek keamanan seperti analisis keamanan, etika hacker, metodologi Penetration Testing, perencanaan dan persiapan, pengumpulan informasi, analisis kerentanan, serta berbagai teknik pemindaian dan serangan, termasuk pada sistem, web server, aplikasi web, jaringan nirkabel, Penetration Testing eksternal dan internal, rekayasa sosial, aplikasi, keamanan fisik, wardialing, dan dokumentasi hasil Penetration Testing.

Pelatihan Penetration Testing Jogja

Demikian laporan pelatihan dengan materi Penetration Testing bersama Diskominfo Kota Salatiga. Segera ikuti pelatihan Penetration Testing di PITMA, untuk informasi pelatihan dan jadwal terbaru silahkan hubungi kami di nomor whatsapp kami.

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?