Logo-Pitma-Jogja
Search

Bimtek QGIS Tingkat Dasar – BKPSDM Kota Salatiga

bimtek qgis

Bimtek QGIS Tingkat Dasar – BKPSDM Kota Salatiga | Selasa (7/3/2023) Pilar Teknotama berhasil mengadakan bimtek QGIS tingkat dasar. Quantum GIS (QGIS) adalah perangkat lunak sistem informasi geografis (SIG) open-source yang digunakan untuk mengelola, mengedit, dan menganalisis data geografis. Bimtek Quantum GIS (QGIS) ini dirancang untuk mengajarkan pengguna cara menggunakan perangkat lunak QGIS. Bimtek semacam ini mencakup berbagai aspek, seperti pengenalan dasar QGIS, pengeditan data geografis, analisis spasial, visualisasi data, dan banyak lagi.

Baca juga: Kelebihan QGIS Dan Tutorial Install Di Windows 11

Apa itu QGIS?

Menurut laman resmi IPB, QGIS merupakan software open access yang mirip dengan ArcGIS, di mana keduanya dirancang untuk menganalisis data spasial. Meski demikian, QGIS memiliki beberapa keunggulan dibandingkan ArcGIS, yaitu:

  1. dapat membuka banyak jenis data spasial tanpa konversi;
  2. tampilan QGIS lebih sederhana dan ramah terhadap pengguna (user friendly);
  3. tidak membutuhkan lisensi khusus dan bersifat open source;
  4. dukungan yang kuat pada analisis citra penginderaan jauh (remote sensing) melalui berbagai paket plug-ins; dan
  5. dukungan terhadap data publik yang berada di cloud.

Untuk mendapatkan aplikasi QGIS, pengguna hanya perlu mengunjungi website QGIS secara langsung (https://www.qgis.org), kemudian mengunduh aplikasi tersebut. Aplikasi QGIS memiliki sifat pengembangan terbuka sehingga aplikasi QGIS ini dapat digunakan oleh siapa pun yang ingin melakukan analisis data spasial, baik data vektor maupun raster.

Tujuan Bimtek

Tujuan dari bimtek Quantum GIS (QGIS) adalah untuk mengajarkan pengguna cara menggunakan QGIS, mengembangkan keterampilan GIS, pemetaan, analisis geospasial, aplikasi domain khusus, pengenalan format data geografis, penggunaan ekstensi dan plugin, pemahaman konsep GIS, dan pengembangan profesional dalam bidang ini. Tujuan bimtek QGIS dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat peserta. Ini membantu peserta untuk efektif bekerja dengan data geografis dalam berbagai konteks.

Pelaksanaan Bimtek

Bimtek dilaksanakan Jogya, tepatnya di Forriz Hotel Yogyakarta, Jl. HOS Cokroaminoto No.60, Pakuncen, Wirobrajan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan berlangsung selama 3 hari, mulai dari tanggal 7 sampai 9 Maret 2023. Diikuti oleh enam orang peserta dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Salatiga. Sedangkan narasumber dari bimtek ini adalah Seoarng Disaster Mitigation Analyst di BPBD Jawa Tengah, yakni Bapak Dwi Wahyu Arifuddiin Najib.

Dalam bimtek Quantum GIS, narasumber menyampaikan berbagai materi yang mencakup konsep dasar Sistem Informasi Geografis, pengenalan Quantum GIS, termasuk pembuatan proyek, tampilan antarmuka perangkat lunak, pemeriksaan data vektor, pengelolaan data atribut, map symbology, labeling, georeferensi data raster, sistem referensi koordinat, input dan pengeditan data spasial, pemanfaatan data spasial di Geoportal Nasional dan Open Street Map, analisis data spasial (baik raster maupun vektor), seperti geoprocessing data dan query, serta penggunaan Map Composer untuk layouting peta dan pembuatan peta tematik.

Bimtek QGIS Jogja

Demikian laporan bimtek dengan materi Quantum GIS yang diselenggarakan bersama BKPSDM Kota Salatiga. Kami mengundang Anda untuk segera mengikuti Bimtek pelatihan Quantum GIS di PITMA. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pelatihan dan jadwal terbaru, silakan hubungi kami melalui nomor whatsapp kami disini.

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?