Logo-Pitma-Jogja
Search

Perkembangan Teknologi Fiber Optik Saat ini

image-uploads-2019-07/

 

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI FIBER OPTIK SAAT INI?

Oleh: Admin

 

Fiber Optik adalah sebuah saluran transmisi atau sejenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus dan lebih kecil dari sehelai rambut, dan dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain. Sumber cahaya yang digunakan biasanya adalah laser atau LED. Kabel ini berdiameter lebih kurang 120 mikrometer. Teknologi yang terbilang canggih dan mahal membuat media komunikasi fiber optik menjadi pilihan utama bagi pengguna yang menginginkan kualitas prima dalam berkomunikasi. Kabel fiberoptik merupakan kabel jaringan yang dapat mentransmisi cahaya. Dibandingkan dengan jenis kabel lainnya, kabel ini lebih mahal.

 

SEJARAH SINGKAT

Diawali dengan Albert Einstein (1917) yang memperkenalkan teori pancaran terstimulasi dimana jika ada atom dalam tingkatan energi tinggi.

Kemudian di pertengahan tahun Charles Kao dan George Hockham (1966) yang melakukan penelitian di Standard Telecommunications Laboratories Inggris mempublikasikan penelitiannya tentang kemampuan serat optik dalam mentransmisikan sinar laser yang sangat sedikit kerugiannya dengan menggunakan serat kaca yang sangat murni. Dari penemuan ini, kemudian para peneliti lebih fokus pada bagaimana cara memurnikan bahan serat kaca tersebut. Kemudian di tahun 1997 Serat optik menghubungkan seluruh dunia, Link Around the Globe (FLAG) menjadi jaringan kabel terpanjang di seluruh dunia yang menyediakan infrastruktur untuk generasi internet terbaru.

Kemudian jika berbicara pada konteks saat ini, teknologi serat optik saat telah dapat menghasilkan pelemahan (attenuation) kurang dari 20 decibels (dB)/km. Dengan lebar jalur (bandwidth) yang besar sehingga kemampuan dalam mentransmisikan data menjadi lebih banyak dan cepat dibandingan dengan penggunaan kabel konvensional.

 

Kami Pilar Teknotama menyediakan paket Pelatihan Fiber Optik bagi anda yang membutuhkan. Tema dan materi pelatihan terus kami perbaharui disesuaikan dengan kebutuhan & perkembangan terkini.

 

 

MANFAAT DAN TUJUAN PELATIHAN

Setelah menyelesaikan kursus ini, peserta dapat memahami:

  1. Melakukan perancangan jaringan dengan teknologi fiber optic
  2. Memahami dan dapat mengimplementasi jaringan fiber optic
  3. Memahami dan dapat mengoptimalkan jaringan menggunakan jaringan fiber optic

 

OUTPUT PELATIHAN YANG DITAWARKAN

  1. Pengantar Serat Optik
  2. Splite Dan Konektor
  3. Sumber Cahaya
  4. Detektor Cahaya
  5. Perencanaan Transmisi Optik
  6. Perancangan Outside Plant
  7. Perancangan Distribution Plant
  8. Review System Transmisi Serat Optik (fiber optic)
  9. Pemeliharaan Kabel Serat Optik
  10. Instalasi Kabel Serat Optik (fiber optic)

 

PILAR TEKNOTAMA

Taman Griya Indah III – Blok H-201

Jl. Tambak, Ngestiharjo, Yogyakarta 55182

 

Telepon/Fax: 0274 – 556329

Email:

[email protected]

Instagram:

pilarteknotama

 

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?