Logo-Pitma-Jogja
Search

Sistem Informasi Geografis dengan Quantum GIS (QGIS) – PDAM Balikpapan

image-uploads-2019-07/

 

PDAM ( Perusahaan Daerah Air Minum ) Kota Balikpapan bekerjasama dengan Pilar Teknotama menyelenggarakan pelatihan selama 3 hari pada tanggal 13 – 15 Februari 2019 di Hotel De Laxston dengan 4 orang peserta dengan tema “ Sistem Informasi Geografis dengan Quantum GIS (QGIS) ” khususnya mengenai manajemen yang berkaitan dengan pemetaan pipa-pipa air PDAM agar lebih efektif dari sisi geografis.

 

Menjawab hal tersebut, materi dengan tema QGIS dipilih sebagai solusi dalam pelatihan ini. QGIS adalah perangkat Sistem Informasi Geografis (SIG) Open Source yang user friendly dengan lisensi di bawah GNU General Public License. QGIS merupakan proyek tidak resmi dari Open Source Geospatial Foundation (OSGeo). QGIS dapat dijalankan pada Linux, Unix, Mac OSX, Windows dan Android, serta mendukung banyak format dan fungsionalitas data vektor, raster, dan basisdata.

 

Kemudian dari segi fungsinya QGIS memungkinkan pengguna untuk membuat peta dengan banyak lapisan menggunakan berbagai proyeksi peta. Peta dapat dihimpun dalam format yang berbeda dan untuk kegunaan yang berbeda. QGIS memungkinkan peta yang akan terdiri dari lapisan raster atau vektor. Tipikal untuk jenis perangkat lunak, data vektor disimpan baik sebagai titik, garis, atau ciri-poligon. Berbagai jenis citra raster yang didukung, dan perangkat lunak ini dapat menampilkan citra georeferensi.

 

Selama 3 hari pelatihan dipandu oleh trainer Professional Bpk. Taufik Hidayat , peserta diberi materi yang kompleks serta aplikatif dan tentunya output yang diharapkan dari pelatihan ini adalah dari sisi best practice yang dapat dilakukan.

 

Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini, peserta dapat mengimplementasikan ilmu yang didapat sesuai dengan tupoksi nya masing-masing.

 

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?