Logo-Pitma-Jogja
Search

Training Incident Response Handler – Diskominfo Kota Salatiga

Training Incident Response Handler – Diskominfo Kota Salatiga

Training Incident Response Handler – Diskominfo Kota Salatiga | Rabu (8/3/2023) Pilar Teknotama telah menyelenggarakan Training dengan materi Incident Response Handler. Training ini bertujuan untuk menyediakan pemahaman prinsip dan teknik dalam mendeteksi serta menanggapi kondisi serangan siber dan pelanggaran keamanan. Para peserta akan memperoleh pengetahuan tentang penanganan berbagai jenis insiden, metodologi penilaian risiko, dan berbagai kebijakan dan regulasi terkait penanganan insiden.

Apa itu Incident Response Handler

Mengutip laman XCITIUM, Incident Response Handler adalah proses terorganisir dan sistematis yang digunakan untuk mengatasi serangan siber dan pelanggaran keamanan. Tujuan dari pendekatan keamanan ini adalah untuk memitigasi dan mungkin menghindari kerusakan akibat potensi pencurian dan peretasan keamanan dalam struktur atau departemen TI. Layanan penanganan insiden untuk rencana TI menawarkan organisasi teknis kesempatan untuk melindungi reputasi mereka dan mengurangi biaya kemungkinan pelanggaran keamanan. Hal ini memungkinkan mereka memiliki lingkungan yang lebih aman dan jauh dari ancaman dan risiko keamanan siber.

Siap atau tidak, insiden di dunia maya akan terus menjadi bagian yang tak terelakkan dalam dunia modern. Para penjahat di dunia maya ini akan berusaha mendapatkan akses yang tidak diinginkan ke sistem pribadi yang pada akhirnya dapat mengakibatkan pelanggaran keamanan besar. Untuk itu, profesional IT harus mampu membuat rencana Incident Response Handler atau layanan penanganan insiden yang memadai. Dengan melakukan hal ini, pendekatan yang efektif untuk mengatasi masalah dan serangan keamanan siber juga dapat terwujud. Dalam Training Incident Response Handler, kami akan menunjukkan kepada peserta apa saja layanan penanganan insiden untuk rencana IT dan betapa pentingnya layanan tersebut bagi organisasi.

Baca juga: Skill Wajib Dan Tips Belajar Menjadi Ahli Cyber Security Dari Nol

Tujuan Training

Peserta diharapkan mampu mengembangkan kebijakan penanganan insiden dan merespons berbagai jenis ancaman keamanan komputer. Dengan pemahaman yang mendalam, peserta akan dapat menanggapi insiden keamanan seperti insiden jaringan, insiden yang tidak dikenal, dan ancaman dalam jaringan internal. Selain itu, pelatihan ini juga akan mencakup topik forensik dan perannya dalam penanganan serta respons terhadap insiden. Aspek lain yang akan dibahas meliputi tim tanggap insiden, metode pelaporan insiden, dan teknik pemulihan insiden secara rinci.

Pelaksanaan Training

Training ini dilaksanakan di Kota Yogyakarta, tepatnya di Hotel Arjuna Yogyakarta, Jl. P. Mangkubumi No.44, Gowongan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Training berlangsung selama 2 hari, dimulai dari tanggal 8 hingga 9 Maret 2023. Diikuti oleh tiga orang peserta dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Salatiga. Sedangkan narasumber dari Bapak Joko Dwi Santoso, M.Kom. Beliau Merupakan Dosen Teknik Komputer di Universitas Amikom Yogyakarta.

Dalam pelatihan ini, Bapak Joko membahas prinsip dasar, deteksi dan identifikasi insiden, penanganan insiden jaringan, ancaman yang tidak dikenal, keamanan internal, asesmen risiko, kebijakan dan hukum, pengembangan kebijakan penanganan insiden, forensik digital, tim tanggap insiden, metode pelaporan insiden, dan teknik pemulihan insiden untuk memberikan pemahaman komprehensif dalam menangani serta bagaimana cara merespons ancaman keamanan komputer.

Training Incident Response Handler Jogja

Demikian laporan training dengan materi Incident Response Handler bersama Diskominfo Kota Salatiga. PITMA sebagai provider training IT jogja juga melayani lebih banyak lagi materi lainnya. Segera ikuti pelatihan Incident Response Handler di PITMA, untuk informasi pelatihan dan jadwal terbaru silahkan hubungi kami di nomor whatsapp kami.

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?