Logo-Pitma-Jogja
Search

10 Cara Memperbaiki Laptop Windows 11 Lemot

windows 11 lemot

10 Cara Memperbaiki Laptop Windows 11 Lemot | Windows 11 merupakan versi sistem operasi terbaru yang ramai di pasaran. Sistem Operasi ini memiliki fitur dan peningkatan yang dibangun dengan baik dari versi sebelumnya. Namun, Windows 11 tetap rentan terhadap kesalahan seperti pendahulunya

Jika anda baru saja menggunakan Windows 11 dan merasa berat dan lemot saat membuka software, maka itu adalah hal yang wajar. Karena Windows 11 terdapat fitur baru seperti sub sistem operasi Linux, fitur animasi baru dan lainnya. Hal itu tentu akan membuat proses operasi windows lebih lama dari biasanya.

Baca juga: 10 Cara Mempercepat Koneksi Wifi Laptop dan PC

Cara Memperbaiki Laptop Windows 11 Lemot

Nasib baik, karena ada cara memperbaiki laptop windows 11 lemot yang dapat anda lakukan agar membantu Windows 11 berjalan lebih cepat dari biasanya. Berikut adalah beberapa cara mengatasi windows 11 yang berat dan lemot.

1. Nonaktifkan Startup Aplikasi

Alasan pertama yang membuat loading windows 11 lemot di laptop/komputer kalian adalah aplikasi startup yang berjalan otomatis ketika windows 11 booting. Nah untuk nonaktifkan startup aplikasi ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Tekan tombol Ctrl + Shift + Esc secara bersamaan di keyboard anda.
  2. Setelah itu akan muncul jendela Task Manager dan pilih More details di pojok kiri bawah.
  3. Lalu pilih sub menu bernama Startup.
  4. Pilih startup impact yang high / tinggi.
  5. Klik kanan lalu pilih tombol Disable.

Silahkan pilih startup aplikasi yang pengaruhnya (impact) bernilai high. Atau anda bisa menonaktifkan semua aplikasi yang berjalan saat startup agar lebih kencang.

2. Aktifkan Fast Startup

Sesuai dengan namanya, fast startup di Windows dapat membantu pc / laptop anda melakukan booting lebih cepat setelah shutdown. Dengan mengaktifkan Fast Startup maka akan mencegah Windows 11 mati sepenuhnya, yang artinya masih menyimpan memori walaupun PC / Laptop shutdown.

Berikut cara mengaktifkan fast startup di Windows 11 agar loading Windows lebih cepat.

  1. Buka menu Run dengan menekan tombol Windows + R lalu enter.
  2. Masukan kata control lalu tekan tombol Ok untuk masuk ke Control Panel.
  3. Pilih menu Power Options.
  4. Selanjutnya pilih menu Choose What The Power Buttons Do.
  5. Pilih menu Change settings that are currently unavailable.
  6. Terakhir centang menu Turn on fast startup (recommended).
  7. Tekan tombol save changes untuk menyimpan pengaturan dan restart PC anda.

3. Nonaktifkan Visual Effects

Visual Effects adalah alasan lain yang memungkinkan Windows 11 menjadi lemot, terutama jika laptop atau pc kalian menggunakan memori yang sedikit sekitar 4gb – 8gb RAM.

Anda dapat menonaktifkan efek visual windows untuk melihat sendiri apakah membantu mengurangi waktu loading pada Windows 11, Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Buka menu Start pada Windows, lalu ketikan dan buka view advanced system settings.
  2. Pilih menu bernama Advanced lalu Performance Settings.
  3. Selanjutnya pilih menu Visual Effect, centang dan pilih opsi Adjust for best performance.
  4. Terakhir tekan tombol Apply.
  5. Selesai.

4. Aktifkan Storage Sense

Akan ada banyak file sampah yang berada di komputer anda dari waktu ke waktu. Pada akhirnya ini akan merugikan PC / Laptop yang anda gunakan karena akan memperlemot sistem.

Solusi mengatasi sampah itu adalah dengan mengaktifkan fitur terbaru Windows 11 yaitu Storage Sense. Storage Sense adalah fitur yang dapat membantu anda membersihkan file sampah secara otomatis. Berikut cara mengaktifkan Storage Sense di Windows 11.

  1. Buka Pengaturan Windows atau tekan tombol Windows + i.
  2. Pilih menu System > Storage.
  3. Aktifkan Storage Sense menjadi On.
  4. Selesai

5. Nonaktifkan Services Selain Windows

Anda bisa mencoba membersihkan services yang dikira tidak penting di Windows seperti aplikasi pihak ketiga. Dengan cara ini yang akan berjalan di sistem hanya service Windows saja sehingga mencegah loading yang lemot atau lemot. berikut langkah-langkah nonaktifkan service di windows.

  1. Buka RUN atau tekan tombol Windows + R.
  2. Selanjutnya ketikan msconfig lalu tekan tombol Enter.
  3. Pada jendela baru, pilih menu Services.
  4. Pastikan mencentang tombol Hide All Microsoft Services.
  5. Pilih semua aplikasi pihak ketiga yang ingin anda hentikan servicenya.
  6. Terakhir tekan tombol Disable All.
  7. Dengan ini aplikasi pihak ketiga akan nonaktif selain dari aplikasi Microsoft Windows itu sendiri.

6. Gunakan SSD

Sekarang penggunaan hardisk atau HDD sangatlah jarang, karena performa yang lemot serta mudah sekali rusak dalam beberapa tahun.

Saatnya ganti menggunakan SSD (solid state drive) untuk sistem operasi Windows 11. Manfaat utamanya yaitu performanya yang cepat dan tentu awet dalam menyimpan file dan cepat saat transfer file ke media lain.

Anda bisa melihat perbandingan menggunakan SSD dan HDD di Youtube agar semakin yakin untuk pindah menggunakan SSD.

Baca juga: Cara memasang SSD dan HDD pada Laptop

7. Update Driver VGA

Jika anda menggunakan VGA di komputer atau laptop, pastikan sudah update ke versi yang paling baru. Atau jangan jangan anda belum menggunakan driver VGA.

Untuk itu pastikan download driver VGA sesuai dengan merk yang anda pakai misalnya NVDIA bisa anda dapatkan driver di situs resminya. Dan untuk laptop cukup ketikan merk laptop di google dan diakhiri kata kunci driver grafis untuk mendapatkan software yang terupdate.

8. Update Windows 11

Karena sebuah pengembangan project tidak sepenuhnya dibiarkan saja, maka Windows akan secara cepat melakukan update ke versi terbaru sistem operasinya agar performa dapat ditingkatkan.

Dengan update Windows 11 ke versi terbaru, maka bisa saja performa di laptop atau komputer anda menjadi lebih stabil dan cepat.

9. Nonaktifkan iklan lock screen

Windows 11 memiliki pembaruan tambahan (dan tidak diperlukan) pada fitur lock screen mereka yang memperkenalkan iklan lock screen. Fitur ini akan muncul beberapa menit setelah komputer tidak aktif dan mengganti wallpaper Anda, dan ini dapat menjadi hal yang mengganggu. Selain itu, juga dapat memperlemot peralihan dari lock screen ke wallpaper jika opsi ini diaktifkan. berikut langkah-langkah nonaktifkan iklan lock screen.

  1. Buka Pengaturan Windows atau tekan tombol Windows + i.
  2. Pilih Personalisasi, lalu Lock Screen.
  3. Pada drop down menu Background, pilih opsi selain Microsoft Spotlight.
  4. Batalkan opsi menempatkan fakta menyenangkan, tips, dan lainnya pada lock screen.

10. Hapus Malware

Terakhir, satu hal yang mungkin tidak diketahui dan membuat laptop atau komputer Windows 11 menjadi lemot adalah masalah virus malware. Karena biasanya malware akan memperberat kinerja komputer / laptop yang terkena serangan ini.

Di Windows 11 terdapat alat bernama Malicious Software Removal Tool atau MSRT. Adapun MSRT adalah program keamanan yang dibuat oleh Microsoft, untuk berjalan pada sistem operasi Windows.

Alat keamanan ini dirancang untuk berjalan pada sistem yang sudah terinfeksi. Maksudnya jika malware tertentu atau perangkat lunak berbahaya mencegah Anda menggunakan fitur inti Windows, Anda perlu menjalankan alat ini.

Dengan kata lain, alat ini bisa diandalkan untuk menghapus software berbahaya di Windows 11. Adapun cara menggunakan alat  MSRT cukup mudah dan berikut ini cara lengkapnya.

  • Tekan tombol Windows + R tombol pada keyboard Anda, untuk membuka RUN Dialog Box.
  • Di RUN Dialog Box, silakan ketik kata mrt dan klik tombol Enter di keyboard.
Software Berbahaya Windows 11
  • Nantinya Anda akan menuju Windows Malicious Software Removal Tool atau alat MSRT. Baca keterangan yang dituliskan dan klik tombol Next.
  • Anda akan diarahkan ke proses pemindaian software. Terdapat 3 jenis pemindaian yang bisa dipilih. Ketiganya adalah Quick Scan atau pemindaian cepat, Full Scan atau pemindaian penuh dan Customized Scan atau scan yang disesuaikan.
  • Meski tersedia 3 opsi, Anda disarankan untuk memilih Full Scan agar proses pemindaian bisa lebih maksimal.
Hapus Software Malware Berbahaya
  • Selanjutnya Microsoft Windows MSRT akan menjalankan scan, dan tunggu sampai proses scan selesai.
  • Setelah selesai, klik pada View Detailed Result of The Scan untuk melihat data secara detail. Terakhir silakan klik Finish dan proses penghapusan software berbahaya pun selesai.
Software Malware Berbahaya Windows 11

Kesimpulan

Begitulah cara memperbaiki laptop Windows 11 lemot. Tentu saja cara di atas dapat anda terapkan sendiri untuk membuktikan performa setelahnya. Selamat mencoba dan semoga berhasil mengatasi lemot di Windows 11.

Pelatihan & Sertifikasi IT Jogja

Demikian informasi penting 10 Cara Memperbaiki Laptop Windows 11 Lemot. Segera ikuti Pelatihan & Sertifikasi IT Jogja di PITMA. Kami meyakini bahwa SDM bidang IT yang kompeten dan profesional telah menjadi kebutuhan semua organisasi mengingat semakin terintegrasinya kehidupan manusia khususnya bisnis dengan dunia digital. Oleh karena itu, dengan berbekal pengalaman praktis di industri IT kami memberikan layanan pelatihan dan sertifikasi IT sesuai dengan standar kompetensi atau profesi. Untuk informasi pelatihan dan jadwal terbaru silahkan hubungi kami di nomor whatsapp kami.

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?