Logo-Pitma-Jogja
Search

4 Cara Hapus Watermark Foto dengan Rapi Via PC atau HP

cara hapus watermark foto dengan rapi

4 Cara Hapus Watermark Foto Via PC atau HP | Watermark dapat menjadi gangguan, terutama ketika mereka menghalangi detail penting dari sebuah foto atau gambar. Di era sekarang, stok foto untuk kebutuhan konten sangat penting.

Kebanyakan orang pasti ingin tahu sekarang adalah cara menghilangkan watermark pada gambar. Apa bisa? Tentu saja, kita bisa menghapus tanda air dengan menggunakan photoshop di pc atau bahkan hp saja.

Untungnya, ada cara hapus watermark foto atau gambar tanpa harus mengeluarkan uang. Dalam postingan ini, kita akan membahas beberapa metode gratis yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan watermark dan mengembalikan keindahan foto.

Baca juga: Snaptik Capcut: Download Video TikTok Tanpa Watermark

1. Hapus Watermark Foto Photoshop

Salah satu cara paling efektif untuk menghapus watermark adalah dengan menggunakan alat Clone Stamp dalam perangkat lunak pengeditan gambar seperti Adobe Photoshop. Berikut cara melakukannya:

  • Buka gambar di Photoshop.
hapus watermark foto dengan photoshop step 1
  • Duplikat foto, tekan CTRL + J maka langsung akan muncul layer duplikatnya.
hapus watermark foto dengan photoshop step 2
  • Pilih alat Clone Stamp dari toolbar.
hapus watermark foto dengan photoshop step 3
  • Sesuaikan ukuran kuas agar sesuai dengan area sekitarnya.
  • Tahan tombol Alt/Option dan klik pada area dekat watermark untuk menyampelinya.
hapus watermark foto dengan photoshop step 4
  • Lepaskan tombol Alt/Option dan gosok dengan hati-hati di atas watermark.
hasil hapus watermark foto dengan photoshop
  • Setelah selesai menggosok semua bagian watermark, maka tinggal lepaskan klik dan watermark akan hilang.

2. Hapus Watermark Foto Online

Beberapa situs web menawarkan alat online gratis untuk menghapus watermark dari gambar. Berikut beberapa pilihan terbaik:

  • Inpaint
    Inpaint memungkinkan Anda menghapus watermark dengan cukup mengunggah gambar dan memilih area watermark yang akan dihapus. Alat ini secara otomatis akan mengisi area tersebut dengan detail yang sesuai dari piksel sekitarnya.
  • Photopea
    Photopea adalah alat pengeditan gambar online yang serbaguna dengan fitur yang mirip dengan Adobe Photoshop. Anda dapat dengan mudah menghapus watermark menggunakan alat Clone Stamp atau alat Healing Brush.
  • PicMarker
    PicMarker memungkinkan Anda menghapus watermark dengan beberapa klik. Unggah gambar Anda, pilih area dengan watermark, dan alat ini akan menghapusnya secara otomatis.
  • Canva
    Penghapus watermark Canva Pro membuat proses penghapusan objek yang tidak diinginkan dari foto menjadi sangat sederhana. Pilih alat Penghapus Ajaib dari editor foto(opens in a new tab or window), sapukan pada objek, dan saksikan gangguan dihapus secara otomatis, sehingga subjek Anda dapat menonjol dan bersinar.

Baca juga: 5 Fitur Berbasis AI Canggih Dari Magic Canva

3. Hapus Watermark Foto Aplikasi Bawaan

Jika Anda tidak memiliki akses ke perangkat lunak pengeditan gambar yang canggih, Anda masih dapat menghapus watermark menggunakan perangkat lunak dasar seperti Microsoft Paint atau Apple Preview. Ikuti langkah-langkah ini:

  • Buka gambar di Microsoft Paint.
  • Gunakan alat seleksi untuk memilih area watermark.
  • Tekan tombol delete untuk menghapus area yang dipilih.
  • Gunakan alat stempel untuk menyalin dan menempel piksel-piksel terdekat untuk menyatukan area tersebut secara mulus.

4. Membeli Versi Orisinil dari Pemilik Foto

Dalam beberapa kasus, mungkin layak menghubungi pemilik gambar atau situs web tempat gambar tersebut diperoleh. Tanyakan apakah mereka dapat menyediakan gambar tanpa watermark atau membeli versi orisinil. Selalu penting untuk menghormati hak cipta dan perjanjian lisensi.

Penting untuk diingatkan, menghapus watermark dari gambar yang dilindungi hak cipta tanpa izin adalah ilegal dan tidak etis. Gunakan metode ini hanya pada gambar yang Anda miliki haknya atau gambar yang bebas untuk digunakan secara pribadi dan komersial.

Kesimpulan

Menghapus watermark dari gambar dapat dilakukan dengan berbagai metode gratis, termasuk perangkat lunak pengeditan gambar, alat online, perangkat lunak dasar, dan berkomunikasi dengan pemilik gambar.

Pastikan Anda memiliki hak atau izin untuk memodifikasi gambar sebelum mencoba menghilangkan watermark. Dengan kesabaran dan alat yang tepat, Anda dapat mengembalikan gambar Anda ke keaslian aslinya, bebas dari watermark yang mengganggu.

Selain membeli, mencoba membuat stok foto sendiri untuk keperluan konten adalah langkah yang baik. Menguasai seni fotografi adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kualitas konten.

Jika Anda berpikir untuk menjadi fotografer profesional dan bahkan memulai bisnis fotografi Anda sendiri, PITMA adalah pilihan pelatihan fotografi profesional yang tepat sehingga Anda punya semua skill yang dibutuhkan untuk mencari stok konten dengan memotret.

Pelatihan Pelatihan Jogja Digital Photography Jogja

Demikian informasi penting 4 Cara Hapus Watermark Foto Via PC atau HP. Segera ikuti pelatihan Pelatihan Jogja Digital Photography di PITMA. Untuk informasi pelatihan dan jadwal terbaru silahkan hubungi kami di nomor whatsapp kami.

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?