Logo-Pitma-Jogja
Search

4 Solusi Eror Memindahkan Data Excel ke Word

memindahka data n excel ke word

4 Solusi Eror Memindahkan Data Excel ke Word | Berbicara tentang microsoft excel, pasti sangat identik sekali dengan sebuah tabel. Karena memang dengan menggunakan microsoft excel bisa membuat tabel dengan lebih mudah dan cepat. Akan tetapi, karena suatu alasan tertentu, terkadang perlu memindahkan tabel yang ada di excel ke word. Misalnya untuk kepentingan membuat laporan.

Saat memindahkan atau menyalin tabel dari excel ke word, tidak jarang mendapati tabel yang pindah tersebut sangat berantakan dan tidak rapi. Entah itu kebesaran, kekecilan, atau yang lainnya. Hal tersebut bisa dikarenakan anda salah dalam proses pemindahan atau copy paste tabel dari excel ke word. Bagaimana cara untuk memindahkan data excel ke word yang benar agar hasilnya rapi?

Baca juga: Cara Print Excel Menjadi Rapi dan Tidak Terpotong

Memindahkan Data Excel ke Word

Mengutip laman Katadata, ada empat cara memindahkan tabel Excel ke lembar kerja Microsoft Word. Mau tahu caranya? Baca tutorial di bawah ini, ya.

  1. Memindahkan Tabel Excel ke Word dengan Copy Paste
  • Buka dokumen Excel yang akan Anda pindahkan. Misalnya akan memindahkan tabel data di atas.
  • Blok seluruh tabel data yang akan Anda salin, kemudian klik kanan dan pilih opsi Copy. Tapi, bisa juga menyalinnya dengan menekan tombol keyboard Ctrl + C.
  • Selanjutnya, buka program Microsoft Word. Klik New dan pilih opsi Blank Document untuk membuka lembar kerja baru. Lalu, klik tab Home, pilih menu Paste yang terletak di kategori ‘Clipboard’ untuk menempel tabel data di lembar kerja Word. Kalau ingin cara lebih cepat, tekan tombol keyboard Ctrl + V.
  • Ketika sudah menempel tabel datanya, di lembar kerja Microsoft Word akan muncul tabel seperti gambar di atas.
  • Namun, kalau memakai metode Copy-Paste untuk memindahkan tabel, maka formula yang ada di tabel Excel tidak ikut tersalin. Jadi perlu mengedit formulanya secara manual.
  1. Meletakkan Tabel Excel Sebagai Linked Object di Microsoft Word
  • Siapkan tabel spreadsheet yang akan Anda pindahkan ke Microsoft Word. Lalu, copy tabel tersebut dengan klik kanan tabel dan pilih opsi copy atau bisa dengan cara menekan Ctrl + C.
  • Arahkan kursor ke tempat yang ingin letakkan tabel pada lembar kerja. Kemudian, tekan tab Home dan pilih opsi Paste pada kategori ‘Clipboard’. Nanti alam muncul jendela baru dan pilih opsi Paste Special.
  • Setelah itu, akan muncul dialog box, bisa pilih opsi Paste Link, lalu pilih Microsoft Excel Worksheet Object. Setelah selesai, pilih OK.

Metode ini bisa digunakan jika ingin menyalin tabel Excel ke Word, tapi tabel tersebut masih terhubung langsung dengan tabel spreadsheet pada program Microsoft Excel. Jadi, ketika melakukan perubahan pada tabel di spreadsheet Excel, tampilan tabel pada Microsoft Word pun ikut berubah.

  1. Menempel Tabel Microsoft Excel ke Lembar Kerja Microsoft Word
  • Misalnya ingin menempel tabel data Excel di atas ke Microsoft Word. Caranya tekan special key Ctrl + C di keyboard.
  • Kemudian, klik tab Home, klik menu Paste di kategori ‘Clipboards’, klik opsi Paste Special.
  • Setelah itu akan muncul dialog box, pilih opsi Paste, klik Microsoft Excel Worksheet Object, dan klik OK.
  • Anda telah berhasil menempel tabel data Excel ke Word dengan menambahkan file spreadsheet Excel yang baru ke dalam file dokumen Microsoft Word. Artinya, saat membuka dokumen Word, di saat yang sama juga sedang membuka file Excel.
  1. Memasukkan Tabel Excel Sebagai Gambar Statis di Dokumen Microsoft Word
  • Siapkan tabel data yang akan Anda salin ke dokumen Microsoft Word. Caranya klik kanan pada tabel, pilih opsi Copy atau bisa juga dengan tekan Ctrl + C di keyboard.
  • Klik tab Home, cari kategori ‘Clipboards’, pilih menu Paste, dan klik Paste Special.
  • Kemudian akan muncul dialog box seperti gambar di atas. Klik opsi Paste, pilih Picture (Enhanced Metafile), lalu klik OK. Ilustrasi tabel Excel akan ditambahkan secara otomatis di lembar kerja Microsoft Word. Anda bisa mengedit ukurannya atau mengubah formatnya.

Workshop Online – Langkah Praktis Analisa Data dengan Pivot Table Ms. Excel

Demikian informasi penting 4 Solusi Eror Memindahkan Data Excel ke Word. Segera ikuti Workshop Online Langkah Praktis Analisa Data dengan Pivot Table Ms. Excel bersama Pilar Teknotama. Workshop akan berlangsung pada 28 Maret 2024 melalui Zoom Meeting. Untuk informasi pendaftaran akan segera kami infokan, jika ada pertanyaan silahkan hubungi kami di nomor whatsapp kami.

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?