Logo-Pitma-Jogja
Search

5 Fitur Berbasis AI Canggih Dari Magic Canva

5 Fitur Berbasis AI Canggih Dari Magic Canva

5 Fitur Berbasis AI Canggih Dari Magic Canva | Canva sudah menjadi sebuah aplikasi desain yang sangat populer. Terutama karena berbagai kemudahan yang mereka tawarkan. Semua orang, bahkan yang tidak memiliki keahlian desain grafis, mampu membuat berbagai rancangan visual yang bagus untuk berbagai kepentingan.

Pasar artificial intelligence, khususnya generative AI, saat ini memang tengah menemukan momentumnya. Tidak hanya karena kehadiran seperti tool ChatGPT, Jasper, Midjourney dan sebagainya, tapi juga aneka tool penghasil gambar, teks, dan video ini mendorong industri ke arah yang baru.

Namun persoalannya bagi pengguna adalah tiap tool generative AI ini harus diakses secara terpisah. Canva, dengan mengonsolidasikan semua fitur tersebut dalam satu platform. Dengan cara yang simpel terutama untuk penggunaan sehari-hari, aneka fitur berbasis AI dari canva ini dikemas Canva dengan nama Magic.

Baca juga: 7 Cara Menggunakan Fitur Canva Pro Gratis Tanpa Berlangganan

5 Fitur Magic Berbasis AI Canggih Dari Canva

Canva menyadari bahwa ada 69% perusahaan memotong atau tidak menambah anggaran mereka, padahal permintaan desain semakin meningkat. Karenanya, Canva meluncurkan semakin banyak fitur, aset, dan banyak hal lainnya yang bisa membantu brand terus mengembangkan desain dengan kreatif; mendesain banyak bentuk untuk mengeksplorasi dunia. Berikut fitur berbasis AI canggih dari Canva:

1. Magic Design

Tool untuk membuat desain ini memungkinkan pengguna memberikan input berupa teks, gambar atau video, yang kemudian, oleh AI, ditransformasi menjadi template yang sesuai konten dan konteks pengguna. 

Dengan kemampuan ini, Canva ingin mengurangi waktu yang dibutuhkan pengguna untuk memilih tempate yang sesuai kebutuhan. Menurut keterangan di website Canva, Magic Design dikembangkan dari jutaan template, gambar, font, dan elemen grafis lainnya yang ada di marketplace. Dan peran AI adalah menciptakan desain.

Magic Design secara otomatis memilih font, gambar, dan grafis terbaik untuk menjadikan imajinasi pengguna menjadi desain nyata; mulai dari billboard hingga kartu ucapan selamat ulang tahun. Kapan pun.

2. Magic Edit

Pengguna bisa menukar atau menambahkan elemen di dalam gambar. contohnya, tukar sebuah teko menjadi buket bunga dalam sebuah gambar. Cukup pilih di mana pengguna mau menempatkan sesuatu, deskripsikan, dan elemen tersebut akan muncul.

Menggunakan fitur ini, pengguna dapat menambah, mengganti, atau memodifikasi elemen pada gambar dengan cepat. Pertama, identifikasi dan tandai dulu area elemen yang akan diubah. Kemudian di text box, ketikkan apa yang ingin Anda ubah atau ganti di area tersebut. Selanjutnya, biarkan AI yang bekerja. 

3. Magic Eraser

Mulai sekarang, mengedit foto yang membutuhkan alat yang canggih yang membutuhkan waktu lama untuk mempelajarinya tidak lagi diperlukan. Pengguna bisa melakukannya dengan mudah dan cepat. Dengan Magic Eraser, pengguna bisa dengan mudah menghapus desain yang mengganggu dalam hitungan detik.

Fitur ini akan menghapus detail yang tidak diinginkan pada gambar. Magic Eraser menggunakan AI untuk mendeteksi ketidaksesuaian pada gambar pada area yang sudah diidentifikasi terlebih dulu oleh user. Pengguna cukup menyapukan tool pada detail yang ingin dihilangkan, dan biarkan AI melakukan tugasnya.

4. Magic Presentation

Artificial intelligence pada fitur Magic Presentation memungkinkan siapa saja menciptakan presentasi yang interaktif dengan konten yang relevan dan kaya secara visual. Fitur ini akan memberikan saran mengenai struktur dan konten yang sesuai untuk topik apa saja sehingga proses kreatif pembuatan presentasi dapat dipercepat.

Tidak perlu lagi memulai dari kanvas kosong, pengguna bisa langsung membuat draft pertama dalam Canva Presentasi dengan kerangka, halaman, dan konten presentasi yang tersedia. Cukup berikan Magic Design ide dalam beberapa kata, dan secara instan, Canva akan membuat presentasi dengan cepat.

5. Magic Write

Mencari inspirasi kata untuk memulai proses kreatif? Magic Write di Canva Docs AI text generator yang dapat membantu pengguna membuat draft pertama dengan cepat. Untuk memulai, pengguna cukup mengetikkan prompt, dan fitur ini akan menampilkan ide untuk konten, outline blog, caption untuk medsos, ide judul, dan sebagainya.

Setelah setahun diluncurkan, terlihat bahwa banyak komunitas yang menggunakan Magic Write dengan sangat kreatif dan unik untuk menuangkan ide mereka. Mulai dari teks sambutan hingga postingan blog yang ramah SEO, dan puisi orisinal, Magic Write sungguh telah membantu banyak orang.

Kini Canva meluncurkan fitur di mana Magic Write bisa digunakan di seluruh Visual Worksuite, Rangkaian Aplikasi Visual. Ini berarti desain website, presentasi, media sosial, whiteboard (papan tulis online) dan lainnya bisa menggunakan Magic Write. Fitur ini juga kini tersedia di dalam 18 bahasa.

Pelatihan Desain Grafis dan Multimedia Jogja

Demikian informasi penting 5 Fitur Berbasis AI Canggih Dari Magic Canva. Segera ikuti pelatihan Desain Grafis dan Multimedia di PITMA, untuk informasi pelatihan dan jadwal terbaru silahkan hubungi kami di nomor whatsapp kami disini.

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?