Logo-Pitma-Jogja
Search

5 Trik pada Microsoft Word

  1. Cukup Klik 3 Kali, Seluruh Paragraf Bisa Kamu Blok

Untuk memblok sebuah paragraf, kita terbiasa melakukan drag and down kursor mulai dari awal sampai akhir paragraf. Kalau paragrafnya nggak panjang sih nggak masalah, tapi bagaimana kalo paragrafnya super panjang tentu bikin repot kan. Ada cara cepat yang lebih mudah, cukup lakukan klik 3 kali paragraf yang kamu mau, lalu dengan sendirinya paragraf tersebut akan terblokir!

2. Blok Satu Kalimat Cukup dengan Ctrl+Kalimat yang Kamu Inginkan

Seringkali untuk memblok satu kalimat, kamu nggak perlu lagi memainkan kursor dari awal sampai akhir kalimat. Kadang kamu keselip dan kalimatnya kelebihan atau kursornya terlepas sebelum sampai di akhir kalimat. Biar lebih mudah, kamu cukup tekan tombol Ctrl dan pilih salah satu kata di kalimat yang kamu inginkan. Simpel kan?

3. Ctrl + Shift + C Bisa Digunakan untuk Copy Format Teks Tanpa Teksnya

Meski sederhana dan terlihat remeh, urusan format tulisan ini bisa cukup merepotkan. Karena banyak printilan yang harus kamu atur satu-persatu. Akan sangat menguntungkan jika kamu bisa copas dari format yang sudah ada. Dengan Ctrl + Shift + C kamu bisa mengcopy format tulisan yang sudah ada tanpa menyertakan isi tulisan tersebut. Selanjutnya pakai Ctrl + Shift + V untuk mem-paste ke halaman kerjamu.

4. Copy Paste dari Internet atau Dokumen Lain Kadang Bikin Formatnya Berantakan. Tenang, Pakai Ctrl + Space Bar untuk Jalan Pintasnya

Nggak jarang ketika kamu perlu memasukkan data yang kamu ambil dari internet lalu saat kamu copas, format teks menjadi berantakan karena mengikuti format internet. Untuk mengubah menjadi plaintext yang mengikuti format standar yang kamu pakai, cukup tekan Ctrl + Spacebar setelah kamu copas. Gampang kan?

5. Harus Ganti Halaman Baru Cukup Tekan Ctrl + Enter

Sekarang kamu nggak perlu enter berulang-ulang untuk memulai halaman baru. Dengan memencet Ctrl + enter, dalam satu detik kamu sudah berada di halaman baru tanpa mempengaruhi halaman-halaman selanjutnya.

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?