Logo-Pitma-Jogja
Search

7 Aplikasi HR Terbaik Untuk Manajemen SDM Perusahaan

7 Aplikasi HR Terbaik Untuk Manajemen SDM Perusahaan

7 Aplikasi HR Terbaik Untuk Manajemen SDM Perusahaan | Aplikasi HR adalah sebuah teknologi untuk mengelola proses rekrutmen, pengembangan dan pengelolaan sumber daya manusia, monitoring kinerja, dan penyusunan rencana bagi tumbuh kembang perusahaan.

Tujuan utama dari aplikasi HR adalah untuk mengotomatisasi berbagai proses terkait manajemen sumber daya manusia, sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas di perusahaan Anda, terutama di departemen Human Resources and Development (HRD). Aplikasi HR yang dipilih terbaik oleh perusahaan dan sesuai untuk Manajemen SDM mampu meningkatkan performa kinerja karyawan perusahaan.

Baca juga: Pelatihan & Sertifikasi MSDM BNSP di Yogyakarta

Fungsi Aplikasi HR untuk Manajemen SDM

Berikut ini fungsi Aplikasi HR untuk manajemen SDM di perusahaan Anda.

1. Mengotomatisasi Proses Rekrutmen

Aplikasi HR memudahkan perusahaan untuk melakukan proses rekrutmen menjadi lebih efisien. Mulai dari membuat dan memposting lowongan pekerjaan, pengisian form lamaran, seleksi karyawan, tahap wawancara, tes psikotes, sampai seleksi final dapat diotomatisasi hanya dengan satu aplikasi. Hal ini membantu menghemat waktu dan usaha bagi tim HR untuk memilih kandidat terbaik bagi perusahaan.

2. Mengelola Data Karyawan Lebih Aman

Hal terpenting dalam sebuah perusahaan adalah melindungi data sensitif perusahaan, tak terkecuali data karyawan yang bersifat personal. Aplikasi HR memiliki fitur keamanan data yang kuat, sehingga informasi karyawan tetap rahasia dan terlindungi. 

Melalui sistem aplikasi HR, manager HRD memiliki hak untuk mengelola akses informasi terkait karyawan dengan efisien. Hal ini memungkinkan penentuan hak akses khusus bagi staf tertentu, sehingga hanya pihak-pihak yang berwenang yang dapat mengakses data tersebut. Dengan demikian, semua data penting terkait karyawan tetap terjaga privasinya serta terlindungi dengan baik.

3. Memantau dan Mengevaluasi Kinerja Karyawan

Software HR memungkinkan perusahaan untuk memantau performa kerja dan mengevaluasi kinerja karyawan lebih efektif. Hal ini mencakup absensi kehadiran karyawan dapat terekam secara real-time, tingkat produktivitas setiap karyawan, hingga pencapaian yang telah dicapai oleh karyawan dalam kontribusinya untuk perusahaan, semua aktivitas tersebut dapat diukur dan dipantau dengan mudah melalui platform HR.

4. Mengatur Manajemen Payroll Lebih Mudah

Gaji karyawan adalah komponen krusial yang harus dikelola dengan ketelitian yang didasari dengan komitmen atas transparansi. Hal ini karena, gaji karyawan juga berkaitan erat dengan kepuasaan dan kepercayaan pegawai terhadap manajemen perusahaan..

Detail yang berkaitan dengan biaya pemotongan pajak, asuransi pegawai, jaminan hari tua, tunjangan lembur, dan bonus karyawan lainnya adalah hak yang harus didapatkan oleh pegawai dalam slip gaji.

Untuk itu, aplikasi HR hadir untuk meringankan beban Anda karena dapat meminimalisir human-error sehingga menghasilkan data perhitungan yang lebih akurat.

5. Memudahkan Monitoring Key Performance Indicator (KPI)

Fungsi aplikasi HR selanjutnya adalah memudahkan Anda dalam memantau kinerja dan performa karyawan perusahaan. Apalagi, saat ini banyak perusahaan yang menerapkan sistem kerja WFH (Work from Home) atau pun hybrid working.

Aplikasi HR umumnya punya fitur untuk karyawan melakukan presensi secara real time lewat gadget. Anda dapat memantau kehadiran pegawai lewat pengaturan kebijakan dalam aplikasi. Misalnya, Anda dapat menentukan radius jarak lokasi clock-in dan clock-out pegawai jika kantor Anda menerapkan work from office.

Atau, Anda bisa mengatur jadwal kerja pegawai misalnya dari pukul 09.00 – 17.00. Jika ternyata pegawai Anda bekerja setelah jam yang ditentukan, maka secara otomatis dapat dihitung sebagai upah lembur.

Dalam aplikasi HR juga karyawan dapat menuliskan deskripsi ketika clock-in dan clock-out. Lewat deskripsi tersebut, Anda dapat memanfaatkannya untuk memonitor tugas yang akan dilakukan karyawan, serta progress penyelesaiannya.

Rekomendasi Aplikasi HR untuk Perusahaan Anda

Berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasi HR terbaik yang dapat membantu perusahaan dalam mengelola sumber daya manusia secara efisien dan efektif:

1. Zoho People

Zoho People menawarkan fitur manajemen performa, manajemen cuti, manajemen gaji, dan manajemen rekrutmen karyawan baru. Aplikasi ini juga menyediakan integrasi dengan sistem keuangan dan sistem manajemen proyek, serta menyediakan laporan dan analisis data untuk membantu tim HR dalam pengambilan keputusan bisnis yang lebih baik. Dengan Zoho People, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi pengelolaan sumber daya manusia dan mendapatkan informasi yang akurat dan relevan.

2. BambooHR

BambooHR adalah salah satu aplikasi HR populer yang digunakan perusahaan di seluruh dunia. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur, termasuk manajemen data karyawan, manajemen kinerja, manajemen rekrutmen, manajemen absensi, dan manajemen cuti. BambooHR juga menawarkan integrasi dengan berbagai sistem perangkat lunak lainnya, seperti sistem keuangan dan sistem manajemen proyek, sehingga memberikan kemudahan dalam pengelolaan data dan informasi karyawan.

3. Mekari Talenta

Mekari Talenta merupakan salah satu rekomendasi aplikasi HR yang memiliki berbagai fitur lengkap. Talenta memiliki sistem yang terintegrasi dan dapat diakses secara online, sehingga memungkinkan tim HR untuk mengelola data karyawan dan proses HR secara real-time. Fitur-fitur komprehensif yang disediakan meliputi absensi online, payroll, HRIS online, dan beragam fitur tambahan lainnya. 

4. Payroll Bozz

Aplikasi Payroll Bozz menyederhanakan prosedur penggajian secara online dan terintegrasi dengan sistem absensi. Selain itu, aplikasi ini memungkinkan karyawan untuk mengajukan izin dan cuti dengan mudah menggunakan platform tersebut. Dengan Payroll Bozz, perusahaan dapat mengurangi beban administrasi penggajian dan mengoptimalkan efisiensi proses HR.

4. Jojo Payroll

Jojo Payroll menyediakan fitur penggajian otomatis dengan kemudahan cetak slip gaji. Selain itu, aplikasi ini juga mencakup fitur-fitur penting lainnya, seperti manajemen absensi, cuti lembur, dan lainnya. Jojo Payroll membantu perusahaan dalam meningkatkan efisiensi penggajian dan mengurangi potensi kesalahan manusia dalam proses administrasi karyawan.

5. KaryaOne

KaryaOne menyediakan kemudahan dalam mengelola sumber daya manusia dan kinerja karyawan. Aplikasi ini dapat digunakan oleh berbagai jenis perusahaan, mulai dari UMKM hingga korporasi. KaryaOne dapat diakses melalui website maupun smartphone, sehingga memberikan fleksibilitas dalam penggunaan dan akses bagi tim HR dan karyawan.

6. Kronos Workforce Ready

Kronos Workforce Ready menyediakan berbagai fitur penting untuk manajemen absensi, manajemen gaji, manajemen karyawan, dan manajemen waktu. Seperti aplikasi HR lainnya, Kronos Workforce Ready juga terintegrasi dengan sistem keuangan dan sistem manajemen proyek yang umum digunakan dalam perusahaan. 

7. Hrd Pintar

Aplikasi Hrdpintar adalah sebuah aplikasi berbasis cloud dan web yang berguna untuk membantu pengelolaan sumber daya manusia dalam suatu perusahaan. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur, seperti absensi, presensi, perijinan, slip gaji, dan pengaturan pajak termasuk PPH 21. Dalam Hrdpintar, HR atau HRD dapat dengan mudah mengelola data karyawan dan pegawai, serta menghitung gaji dan payroll dengan akurat. Hrdpintar juga memiliki versi mobile untuk Android dan iOS, sehingga HR dapat mengakses informasi karyawan secara cepat dan mudah, di mana saja dan kapan saja secara online. Dengan Hrdpintar, pengelolaan sumber daya manusia dalam perusahaan menjadi lebih efektif dan efisien.

Sertifikasi HR BNSP Jogja

PITMA sebagai provider Pelatihan Jogja merupakan perusahaan yang bergerak di bidang Pengembangan Manusia berkantor pusat di Yogyakarta. PITMA sendiri merupakan akronim dari Pilar Teknotama. Sesuai namanya, perusahaan ini banyak bergerak di bidang pelatihan / training, asesmen, sertifikasi dan webinar.

Demikian informasi 7 Aplikasi HR Terbaik Untuk Manajemen SDM Perusahaan. Segera ikuti pelatihan dan sertifikasi MSDM BNSP bersama PITMA. Untuk informasi pelatihan dan jadwal terbaru silahkan hubungi kami di nomor whatsapp kami.

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?