Logo-Pitma-Jogja
Search

7 Pesan Error Microsoft Office Excel Paling Sering Temui

7 Pesan Error Microsoft Office Excel Paling Sering Temui

7 Pesan Error Microsoft Office Excel Paling Sering Temui | Apakah Anda pernah berada di situasi ketika rumus yang ditulis di spreadsheet Microsoft Excel tidak menampilkan angka yang dibutuhkan? Atau, setelah menekan tombol Enter di keyboard, malah muncul tulisan #REF! bukan angka yang sedang dicari? 

Contoh dari 7 Pesan Error Microsoft Office Excel Paling Sering Temui

Ini adalah beberapa contoh kasus rumus Excel yang tidak berfungsi. Tentunya, situasi ini sangat menyebalkan bagimu, apalagi setelah mengecek berulang-ulang tapi rumus tersebut masih tidak berfungsi seperti yang diharapkan.

Excel memiliki pesan error untuk mengingatkan kita ketika kita membuat jenis kesalahan tertentu. Melihat pesan error Excel mungkin sedikit membuat frustrasi, tetapi ini jauh lebih baik daripada jenis error tersebut tidak terdeteksi dan memberikan hasil yang tidak akurat.

3 Alasan Rumus Error

Mengutip laman kuncie, terdapat tiga alasan mengapa rumus yang ditulis di Microsoft Excel error atau tidak berfungsi. Tiga alasan tersebut muncul akibat beberapa hal yang berhubungan dengan pengaturan/setting Microsoft Excel-mu atau akibat salah penggunaan rumus.

Berikut tiga alasan mengapa rumus Excel error:

1. Circular Reference Error

Circular Reference Error adalah sebuah kasus error di mana rumus yang ditulis di dalam cell mengacu pada hasil yang tercantum di cell itu sendiri, secara langsung atau tidak langsung. Maka dari itu, rumus tidak berfungsi atau hasil yang muncul tidak tepat. 

2. Kesalahan Penggunaan Rumus

Ini adalah salah satu kesalahan yang paling umum terjadi ketika menulis rumus di Microsoft Excel. Ada banyak bentuk kesalahan penggunaan rumus yang bisa terjadi, misal kekurangan tanda matematis, tanda kurung, huruf, atau cell range yang menjadi acuan data dalam rumus. 

3. Calculation Option Berada di Mode Manual

Calculation Option atau opsi penghitungan adalah mode penghitungan yang digunakan oleh Microsoft Excel di komputer/laptop. Ada 3 mode penghitungan yang bisa dipilih, yaitu Automatic Calculation, Manual Calculation, dan Automatic Except for Data Tables.

Baca juga: Tutorial Cara Menggunakan Flash Fill di Excel Versi 2013 Ke Atas

Daripada merasa kesal ketika kita melihat pesan kesalahan di Excel, anggaplah ini sebagai petunjuk baik untuk mengidentifikasi apa yang salah dan langkah pertama untuk mencari tahu cara men-debug (memperbaiki) error paling tidak pada 7 pesan error Microsoft Office Excel paling sering temui.

7 Pesan Error Microsoft Office Excel Paling Sering Temui dan Solusi Mengatasinya

Lantas apa saja 7 pesan error Microsoft Office Excel paling sering temui dan bagaimana solusi mengatasi error tersebut? Simak penjelasannya sebagai berikut!

1. Error ######

Pesan ini muncul karena pengguna mencoba menampilkan angka pada kolom yan terlalu sempit. Dengan begitu, salah satu cara untuk mengatasi eror ini adalah dengan membuat kolom lebih lebar.

Solusi yang memungkinkan:

  • Solusi paling umum adalah membuat kolom lebih lebar. Ada beberapa cara untuk melakukan ini di Excel, namun cara tercepat adalah dengan mengklik dua kali pada batas kolom kanan di bagian atas lembar kerja. Ini secara otomatis akan mengubah ukuran kolom menjadi lebar nilai terluas di kolom tersebut.
  • Alternatifnya, Anda dapat menyeret kolom secara manual ke lebar yang memungkinkan Anda melihat nilai penuh dalam sel tersebut.
  • Jika tidak ada metode di atas yang menyelesaikan masalah Anda, maka inilah saatnya untuk meningkatkan permainan Anda. Mungkin nilainya disimpan dalam format angka yang tidak kompatibel.
  • Misalnya, apakah Anda memiliki nilai negatif yang disimpan dalam format tanggal? Tidak peduli seberapa lebar kolomnya, kesalahan ###### akan ditampilkan, karena nilai tanggal negatif dianggap tidak valid. Untuk mengatasinya, periksa kembali nilai atau rumus yang digunakan untuk mendapatkan hasil atau ubah format angka dari Tanggal ke format lain, seperti Umum.

2. Error #DIV/0!

Pesan Error #DIV/0! artinya di dalam rumus ada angka yang dibagi dengan 0. Pesan error ini muncul sebab kita membagi sebuah nilai angka dengan 0 (nol). Waktu sekolah dulu tentunya kita diajari jika sebuah angka kita bagi dengan 0 (nol) maka hasilnya adalah tak terhingga atau unlimitied. Karena tak terhingga inilah excel memunculkan nilai error #DIV/0!.

Solusi yang memungkinkan:

  • Satu-satunya cara untuk benar-benar memperbaiki kesalahan ini adalah dengan menghapus rumus yang mencoba membagi dengan nol. Ini mungkin berarti:
    • mengoreksi pembagi (penyebut), atau
    • menghapus rumusnya
  • Jika tidak ada pilihan di atas yang merupakan pilihan yang tepat, fungsi IFERROR adalah solusi terbaik. IFERROR ada untuk menangkap atau lebih tepatnya “menutup-nutupi” kesalahan agar tidak ditampilkan di sel keluaran. IFERROR memungkinkan Anda mengembalikan hasil alternatif jika rumus asli menghasilkan kesalahan.

3. Error #NAME?

Pesan error #NAME? artinya rumus excel tidak mengenali defined name, nama tabel atau nama fungsi. Hal tersebut bisa terjadi karena salah tulis atau nama-nama tersebut memang benar-benar tidak ada pada file excel.

Solusi yang memungkinkan:

  • Perbaiki ejaan nama fungsi jika, memang, Anda mencoba menggunakan fungsi Excel.
  • Hapus tanda sama dengan jika Anda tidak mencoba menyisipkan suatu fungsi.

 4. Error #NULL!

Pesan error #NULL! akan muncul jika rentang sel (Cell Range) yang kita masukkan ke dalam rumus excel tidak beririsan atau tidak mengacu pada range sel yang benar. Hal ini biasanya disebabkan karena ada tambahan spasi atau karena tidak adanya pemisah argument yang benar.

Solusi yang memungkinkan:

  • Untuk memperbaiki kesalahan #NULL! kesalahan, periksa rumus untuk penempatan spasi yang salah. Rentang harus dipisahkan dengan koma, dan titik dua harus memisahkan awal rentang dari akhir.
  • • Jika Anda memasukkan karakter spasi dengan sengaja, kesalahan #NULL! respon merupakan indikasi bahwa rentang yang Anda rujuk tidak tumpang tindih, dan oleh karena itu hasilnya adalah “null”. Anda dapat menggunakan IFERROR untuk menyembunyikan pesan kesalahan ini.

5. Error #REF!

Error ini ditampilkan ketika referensi ke sel tidak valid. Error ini bisa terjadi jika sel mengacu pada sebuah referensi yang terhapus, kita pindah ataupun karena sel yang kita referensikan ada pada workbook lain yang belum terbuka atau tidak tersedia.

Solusi yang memungkinkan:

  • Sebagai solusi pertama, coba tekan Ctrl+Z di keyboard Anda (Command+Z di keyboard Mac) untuk membatalkan tindakan terakhir. Ini berfungsi dengan baik jika Anda secara tidak sengaja menghapus referensi yang diperlukan oleh rumus dan ingin mengembalikan lembar Anda ke keadaan sebelumnya. Secara default, Excel memungkinkan Anda membatalkan hingga 100 tindakan pada buku kerja yang belum disimpan.
  • Menggunakan referensi sel absolut atau rentang bernama akan memastikan bahwa referensi asli tidak bergeser. Referensi absolut dibuat dengan menempatkan tanda dolar ($) sebelum nama kolom dan nomor baris.
  • Periksa, dan buka buku kerja lain yang direferensikan dalam rumus.

6. Error #NUM!

Pesan error #NUM! artinya rumus excel menghasilkan nilai numeric yang tidak valid. Nilai numeric tidak valid ini biasanya karena nilai tersebut terlalu besar atau terlalu kecil melebihi kemampuan spesifikasi excel.

Solusi yang memungkinkan:

  • Ubah rumusnya agar nilainya berada dalam rentang angka Excel yang valid.
  • Aktifkan penghitungan iterasi dengan membuka File > Opsi > Rumus. Opsi ini akan memungkinkan beberapa upaya untuk menemukan solusi saat menggunakan rumus seperti RATE, IRR, dan XIRR.

7. Error #VALUE!

Pesan error ini muncul ketika Excel menemukan adanya spasi, karakter, atau text dalam formula yang seharusnya merupakan angka. Excel hanya dapat memproses formula dari sel yang berisi angka, sehingga tidak akan merespon ketika Anda menginput hal lain

Solusi yang memungkinkan:

  • Cek kembali formula Anda, pastikan hanya menggunakan angka.
  • Jika error tetap berlanjut, coba cek apakah ada sel yang kosong. formula yang gagal bisa disebabkan oleh sel atau penggunaan karakter spesial yang Anda gunakan.
  • Periksa kembali aturan sintaksis untuk fungsi yang Anda coba gunakan. Lihat ringkasan praktis kami tentang cara kerja rumus dasar Excel di sini.

Kesimpulan

Microsoft Excel tentunya akan sangat membantu saat Anda melakukan input data untuk bisnis. Oleh karena itu, sangat penting untuk menggunakan Microsoft Office Excel yang sesuai aturan. Jika Anda ingin meningkatkan keterampilan Excel Anda dan mempelajari cara menghindari kesalahan umum, jangan ragu untuk mengikuti pelatihan Microsoft Excel. PITMA menyediakan pelatihan interaktif dan efektif yang mencakup berbagai topik Excel, mulai dari rumus dan fungsi dasar hingga analisis dan visualisasi data tingkat lanjut.

Training Microsoft Excel Advance Jogja

Demikian informasi penting 7 Pesan Error Microsoft Office Excel Paling Sering Temui. Segera ikuti pelatihan Microsoft Excel Advance di PITMA. Untuk informasi pelatihan dan jadwal terbaru silahkan hubungi kami di nomor whatsapp kami.

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?