Logo-Pitma-Jogja
Search

Apa itu Metaverse?

apa itu metaverse

Apa itu Metaverse? Manusia telah mengembangkan banyak teknologi untuk mengelabui indera kita, dari speaker audio dan televisi hingga video game interaktif dan realitas virtual, dan di masa depan kita dapat mengembangkan alat untuk mengelabui indera kita yang lain seperti sentuhan dan penciuman. Kita memiliki banyak kata untuk teknologi ini, tetapi belum ada kata populer yang mengacu pada totalitas mash-up realitas kuno (dunia fisik) dan ekstensi palsu kami ke realitas (dunia virtual). Belakangan ini perbincangan terkait dengan metaverse mewarnai dunia maya. Maraknya perbincangan tersebut muncul setelah Mark Zuckerberg, pendiri Facebook, mengungkapkan visinya untuk membangun sebuah dunia virtual bernama metaverse.
Dilansir dari theverge.com, metaverse yang dibayangkan Mark Zuckerberg akan berbentuk sebuah dunia virtual yang membawa pengalaman mendekati dunia nyata, bukan hanya sekadar aplikasi dan akun sosial media yang saling berkaitan.
Untuk menghadirkan pengalaman yang mendekati dunia nyata, metaverse Mark Zuckerberg memanfaatkan berbagai teknologi baru yang kini populer.
Dilansir dari investopedia.com, metaverse setidaknya mengombinasikan lima teknologi sekaligus, yakni media sosial, game online, Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), dan cryptocurrencies. Kelima aspek tersebut akan mengintegrasikan para penggunanya ke dalam sebuah dunia yang interaktif.
Baca Juga : Aplikasi Editing Video Android Tanpa Watermark

Teknologi AR dan VR akan memegang peranan penting dalam metaverse. VR akan difungsikan sebagai instrumen menghadirkan dunia virtual secara visual. Dengan menggunakan VR, penghuni metaverse mampu menyaksikan aspek visual dari metaverse yang mendekati kenyataan. Kemudian AR akan melengkapi VR dengan menghadirkan fitur audio dan sensorik yang memungkinkan penghuni metaverse untuk berinteraksi secara langsung dengan metaverse. Konsep mengenai metaverse sebenarnya bukanlah konsep yang baru. Dilansir dari wsj.com, metaverse sebenarnya terinspirasi dari berbagai film dan novel science fiction, seperti “Ready Player One” (2018) dan “Snow Crash” (1992). Warner Bros, sebagaimana dikutip dari wsj.com, mendeskripsikan metaverse sebagai dunia baru ketika dunia manusia dihancurkan oleh climate change. Terkait dengan Facebook, sebagaimana dilansir dari fortune.com, Zuckerberg akan membangun sebuah dunia hologram yang memungkinkan para pengguna media sosial saling berinteraksi layaknya di dunia nyata.
Baca Juga : Bagaimana Cara Cek IP Address di Perangkat yang Dipakai?

Media sosial, dengan hadirnya metaverse tidak hanya menyediakan fitur saling berbalas pesan dan komentar saja, tetapi juga visual multiperspektif dan sentuhan yang terasa nyata.

Source : https://tekno.tempo.co/read/1526740/mengenal-metaverse-dunia-virtual-dalam-imajinasi-mark-zuckerberg

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?