Logo-Pitma-Jogja
Search

Apa yang perlu disiapkan sebelum Interview Kerja

Apa yang perlu disiapkan sebelum Interview Kerja

Apa yang perlu disiapkan sebelum interview kerja – Pasti diantara Anda merasa takut atau grogi adalah disaat panggilan interview kerja apalagi bagi Anda yang baru pertama kali melamar pekerjaan di sebuah perusahaan.
Merasa grogi saat interview adalah hal yang wajar, terlebih bagi Anda para pencari kerja pemula. Namun, jangan sampai kondisi tersebut membuat Anda melalui interview dengan tidak maksimal seperti saat menjawab berbagai pertanyaan.

Proses interview kerja adalah kesempatan yang tidak boleh disia-siakan. interview merupakan langkah awal bagi Anda untuk maju ke langkah berikutnya, jadi di usahakan perlu di persiapkan dengan matang.

Berikut hal yang harus di persiapkan sebelum interview kerja :

  1. Pakaian

Pertama yang perlu diperhatikan adalah penampilan, penampilan merupakan hal pertama yang akan di nilai langsung oleh HRD, mulai dari pakaian potongan rambut dan yang lainnya. Karena perusahaan pasti akan berpikir dua kali apabila Anda kurang memperhatikan penampilan saat Interview.

2. Sikap

Tenangkan diri sebelum masuk di ruang Interview usahakan rileks dan tenang, dan yang terpenting adalah percaya diri. Persiapkan diri sebaik mungkin usahakan jawaban dari setiap pertanyaan adalah jawaban yang terbaik.

3. Cari tau Informasi tentang Perusahaan

Carilah informasi seputar perusahaan seperti visi, misi dan perusahaan bergerak dalam bidang apa, karena tidak menutup kemungkinan HRD akan menanyakan pengetahuan Anda seputar perusahaan. Jika Anda sudah mencari tahu sebelumnya, tentu Anda dapat memberikan jawaban terbaik dan menjadi point tambahan.

Berikut Pertanyaan yang sering di tanyaakan saat interview:

  1. Coba Ceritakan atau deskripsikan tentang diri Anda

Pertanyaan ini sering diajukan dalam interview, Perusahaan ingin mengetahui karakter dasar kamu. Bagi perusahaan ini penting.Jika calon pekerja memiliki karakter kuat apalagi sesuai dengan perusahaan tentunya akan menarik perhatian pemberi kerja.Jawablah pertanyaan ini dengan memberikan kata-kata yang positif. Sesuaikan juga dengan posisi yang kamu lamar. Misalnya tekun, teliti, punya komitmen tinggi, bertanggung jawab, mudah adaptasi, belajar cepat dll.

2. Apa yang kamu ketahui tentang Perusahaan ini

Cara menjawab pertanyaan interview ini adalah Anda harus fokus terhadap nilai-nilai positif perusahaan. Tunjukkan bahwa perusahaan yang Anda sedang dilamar ini memiliki keunggulan-keunggulan yang membuat Anda tertarik untuk bergabung. Pertanyaan ini termasuk pertanyaan yang menjebak. HRD dapat mengetahui apakah Anda bersungguh-sungguh melamar di perusahaan atau tidak dari jawaban yang Anda berikan.

3. Mengapa Anda berhenti dari pekerjaan sebelumnya

Apabila Anda sebelumnya sudah pernah bekerja, pertanyaan ini pasti akan ditanyakan HRD. Cara menjawab pertanyaan satu ini adalah tetap positif, tidak perlu menjelek-jelekan tempat kerja lama. Sebaliknya, cobalah berikan jawaban meyakinkan bahwa Anda siap untuk mendapatkan tantangan baru dan kesempatan baru.

4. Kenapa perusahaan kami harus menerima Anda

Pada pertanyaan ini banyak para calon pekerja mendadak hilang kepercayaan diri dan mulai terbata-bata saat menjawab pertanyaan ini, karena bingung bagaimana menjawab pertanyaan ini. Sebaiknya jawablah pertanyaan ini dengan yakin, promosikan diri Anda bahwa Anda mampu bekerja pada Perusahaan yang Anda lamar dan Anda adalah kandidat yang cocok. Pertanyaan ini adalah kesempatan Anda untuk meyakinkan HRD dan tim bahwa Anda adalah kandidat yang dicari dengan segala keterampilan yang Anda punya. Coba berikan jawaban yang menunjukan kelebihan skill yang Anda miliki. Misalnya Anda pernah bekerja di perusahaan ternama atau pengalaman kerja lainnya.

Baca Juga : Cara Membuat Daftar isi Otomatis pada Word

5. Apa kelebihan dan kekurangan diri Anda

Pertanyaan ini diajukan untuk mengetahui seberapa dalam Anda mengenal diri sendiri. Sebutkan kelebihan Anda dan usahakan ada kaitannya dengan pekerjaan yang Anda lamar. Perlu diperhatikan juga, usahakan berikan jawaban yang jujur dan jangan terlalu melebih-lebihkan.

6. Berapa Gaji yang Anda inginkan

Pertanyaan ini memang cukup sulit dan memang membutuhkan perhitungan terlebih dahulu,tetapi masih ada cara menjawab pertanyaan interview terkait gaji yaitu dengan mengetahui standar gaji atau umr di daerah Anda dan skill yang Anda kuasai pada posisi yang kamu lamar. Dalam lowongan yang dipasang, tidak jarang perusahaan memasang rata-rata gaji. Anda bisa mengambil patokan dari informasi tersebut agar ekspektasi gaji yang Anda sampaikan masih dalam standar perusahaan.

7. Apakah Anda melamar pekerjaan di perusahaan lain

Apabila Anda memang melamar tidak hanya satu perusahaan sebutkan saja perusahaan yang Anda lamar, karena data yang Anda sebutkan akan menjadi bahan pertimbangan dalam menerima Anda apabila perusahaan yang Anda sebutkan memiliki kesamaan secara karakteristik dan sistem kerja untuk memperkuat alasan Anda bisa bekerja di posisi tersebut.

8. Apa Anda memiliki pertanyaan

Usahakan Anda menjawab YA, karena apabila Anda menjawab Tidak maka Anda terkesan tidak tertarik dalam proses wawancara kerja. Ajukan pertanyaan seputar perusahaan, mulai sistem kerja, benefit yang kamu dapatkan jika diterima, berapa lama waktu istirahat, dan lain sebagainya.

Sekian beberapa cara dan trik dalam mempersiapkan interview kerja, semoga bermanfaat dan sukses dalam melamar pekerjaan.

Jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai cara jitu dan tips dan trik mengenai Interview wawancara kerja Hub kami

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?