Logo-Pitma-Jogja
Search

Apakah Sertifikasi BNSP Penting Untuk Diambil?

Apakah Sertifikasi BNSP Penting Untuk Diambil

Apakah Sertifikasi BNSP Penting Untuk Diambil?

Apakah Sertifikasi BNSP Penting Untuk Diambil? | Online learning dengan embel-embel sertifikat yang dikeluarkan oleh BNSP cukup marak beredar. Beberapa topik di dunia engineering seperti welding inspection, K3, dsb menjadi topik yang kerap muncul. Pertanyaannya, apakah sertifikat BNSP cukup penting untuk diambil? Apa bedanya dengan sertifikasi internasional seperti NACE, CSWIP, dll? Apakah sertifikat BNSP dapat digunakan untuk mendapatkan pekerjaan?

Baca juga: Pelatihan & Sertifikasi MSDM BNSP di Yogyakarta

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut kami lampirkan tiga aspek analisis untuk memahami peluang dari sertifikasi BNSP.

1.      Peluang Kerja Skala Nasional vs Internasional

Sertifikat BNSP adalah sertifikat yang dikeluarkan oleh pemerintah, melalui LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) yang bekerjasama dengan BNSP. Sertifikat keahlian BNSP dapat digunakan untuk mengerjakan pekerjaan di berbagai industri di Indonesia. Namun realita dilapangan mengungkapkan bahwa untuk beberapa pekerjaan yang melibatkan perusahaan asing di Indonesia, sertifikat skala internasional masih menjadi kewajiban.

Jadi, jika kalian ingin membangun karir secara internasional, sertifikat BNSP saja tidak cukup. Namun untuk membangun portofolio dan pengalaman di Indonesia, sertifikat ini dapat digunakan.

Namun belakangan, para praktisi di bidang oil & gas menyatakan bahwa sertifikasi BNSP perlahan akan menjadi sertifikat yang wajib dimiliki oleh para engineers yang bekerja di Indonesia (baik untuk perusahaan lokal maupun asing). Artinya, tren kedepan mengharuskan kalian untuk memiliki sertifikat nasional dan internasional sekaligus jika ingin memiliki peluang kerja yang lebih besar.

2.      SKKNI, Standar Kompetensi Nasional?

Beberapa ahli menyangsikan bahwa standar yang dikeluarkan oleh BNSP tidak sekompeten standar yang dikeluarkan oleh asosiasi internasional. Namun perlahan tapi pasti, saya bisa menyatakan bahwa BNSP tidak asal mengeluarkan sertifikat. Sertifikat yang dikeluarkan disusun berdasarkan SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia) yang telah disepakati oleh para ahli.

SKKNI ini akan dijalankan oleh LSP-LSP yang juga bekerjasama dengan perusahaan untuk menyelenggarakan ujian kompetensi. Ada lebih dari 10 ribu skema sertifikasi dari berbagai bidang kerja yang telah diatur di dalam SKKNI serta 17692 partner tempat uji kompetensi yang dapat diakses oleh masyarakat Indonesia.

3.      Jangkauan Topik BNSP yang Terus Berkembang

Hal menarik lainnya adalah, SKKNI saat ini telah meng-cover topik-topik populer yang sebelumnya diatur oleh asosiasi atau organisasi Internasional. Jika sebelumnya kita mengenal sertifikasi internasional di bidang NDT (CSWIP, BI PCN, dsb). BNSP juga mengeluarkan standar kompetensi dengan nama “Uji Tak Rusak”. Selain itu, SKKNI juga telah mengeluarkan standar kompetensi nasional untuk profesi coating inspector dan juga welding inspector. Jadi kesempatan anda untuk mengambil dual-certification program terbuka lebar untuk beberapa topik populer.

Kesimpulan

Pada akhirnya, saya ingin menyampaikan bahwa BNSP bukanlah program sertifikasi sembarangan. BNSP saat ini terus berkomitmen untuk mengembangkan standar kompetensi nasional melalui SKKNI dan LSP yang terbentuk. Sehingga untuk teman-teman yang tertarik untuk mengambil sertifikasi keahlian juga dapat mempertimbangkan mengambil sertifikasi nasional dari BNSP.

Pelatihan dan Sertifikasi BNSP Jogja

PITMA sebagai provider Pelatihan Jogja merupakan perusahaan yang bergerak di bidang Pengembangan Manusia berkantor pusat di Yogyakarta. PITMA sendiri merupakan akronim dari Pilar Teknotama. Sesuai namanya, perusahaan ini banyak bergerak di bidang pelatihan / training, asesmen, sertifikasi dan webinar.

Demikian informasi Pelatihan dan Sertifikasi BNSP dJogja. Segera ikuti pelatihan dan sertifikasi MSDM BNSP bersama PITMA. Untuk informasi pelatihan dan jadwal terbaru silahkan hubungi kami di nomor whatsapp kami disini.

Credit: Haitsam Shiddiq Siregar

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?