Logo-Pitma-Jogja
Search

Bagaimana Cara Memperbaiki Desktop Kosong Windows 11

Bagaimana Cara Memperbaiki Desktop Kosong Windows 11

Bagaimana Cara Memperbaiki Desktop Kosong Pada Windows 11 | Windows 11 secara otomatis menempatkan beberapa ikon penting. Mulai dari This PC dan Recycle Bin akan tampil di desktop setelah instalasi baru terpasang. Anda pasti bingung ketika tampilan desktop seperti Icon, Taskbar dan Tombol Start semua hilang. Untuk itu kami akan memberikan panduan cara memperbaiki desktop kosong pada Windows 11.

Ada beberapa penyebabnya, misalnya terhapus secara tidak sengaja, tetapi bisa juga karena ada kesalahan pada sistem. Berikut ini kami berikan 2 cara mengembalikan tampilan desktop seperti Icon, Taskbar dan Tombol Start semua hilang di Windows. Tetapi sebelum itu Anda harus login terlebih dahulu sebagai administrator.

Baca juga: 10 Cara Memperbaiki Laptop Windows 11 Lemot

Cara Memperbaiki Tampilan Desktop Kosong Karena Kesalahan Sistem

  • Langkah pertama setiap menghadapi kerusakan file sistem Windows adalah mencoba masuk ke Windows Safe Mode.
    1. Cara ini dilakukan dengan harapan file sistem yang rusak tsb. bisa di “bypass” (tidak di-load), dan setelah berhasil masuk Safe Mode, bisa melakukan perbaikan dengan lebih mudah.
    2. Tetapi ada kalanya dalam kasus ini untuk masuk ke Safe Mode pun gagal.
  • Langkah kedua dalam menghadapi kerusakan file sistem Windows adalah dengan menjalankan System Restore.
    1. Ini juga merupakan cara yang tidak terlalu sulit untuk dilakukan.
    2. Tetapi dalam kasus ini (Desktop kosong) tentu menjadi sulit (bagi user yang banyak mengandalkan mouse) untuk menjalankan System Restore, karena Start Menu dan Taskbar juga hilang.

Cara Memperbaiki Tampilan Desktop Kosong Karena Terhapus

Jika yang hilang adalah ikon-ikon program sistem, seperti This PC, Recycle Bin, atau Control Panel, Anda bisa mengembalikannya melalui menu Desktop Icon Settings.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuka menu Desktop Icon Settings:

  1. Klik tombol Start di kiri bawah.
  2. Ketikkan “desktop icon settings” di bilah pencarian. Anda tidak akan melihat menu dengan nama yang sama di hasil pencarian, tapi mungkin Anda akan melihat menu Themes and related settings. Pilih menu tersebut.
  3. Cara lain untuk menuju menu yang sama adalah dengan membuka halaman Settings > Personalization > Themes.
  4. Selanjutnya, klik menu Desktop icon settings di bagian bawah jendela Themes.
  5. Pada bagian Desktop icons, centang kotak ikon sistem yang ingin ditampilkan. Pilihannya meliputi ikon Computer, Recycle Bin, User’s Files, Control Panel, dan Network.
  6. Masih pada bagian yang sama, Anda pun dapat menentukan ikon sistem mana yang akan ditampilkan dan disembunyikan dari desktop.
  7. Jika sudah, klik OK di bagian bawah untuk menyimpan perubahan.

Bagi pengguna Windows 10, Anda dapat megikuti tutorial pada link berikut:

https://support.microsoft.com/id-id/windows/menampilkan-ikon-desktop-windows-c13270f0-3812-c71d-f27e-29aa32588b20

Pelatihan & Sertifikasi IT Jogja

Demikian informasi penting Bagaimana Cara Memperbaiki Desktop Kosong Windows 11. Segera ikuti Pelatihan & Sertifikasi IT Jogja di PITMA. Kami meyakini bahwa SDM bidang IT yang kompeten dan profesional telah menjadi kebutuhan semua organisasi mengingat semakin terintegrasinya kehidupan manusia khususnya bisnis dengan dunia digital. Oleh karena itu, dengan berbekal pengalaman praktis di industri IT kami memberikan layanan pelatihan dan sertifikasi IT sesuai dengan standar kompetensi atau profesi. Untuk informasi pelatihan dan jadwal terbaru silahkan hubungi kami di nomor whatsapp kami.

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?