Logo-Pitma-Jogja
Search

Belajar Data Analytics: Pengertian dan Fungsi Tableau

Belajar Data Analytics: Pengertian dan Fungsi Tableau

Belajar Data Analytic: Pengertian dan Fungsi Tableau | Tableau mungkin belum begitu dikenal oleh semua orang. Namun bagi para profesional yang belajar di bidang data analytics dan business intelligence, alat ini telah menjadi sarana penting untuk visualisasi data.

Tableau sangat familier untuk orang belajar data analytics. Bagi mereka yang berprofesi sebagai data analyst, business intelligence, dan pekerjaan olah data lainnya, software ini menjadi salah satu andalan untuk melakukan visualisasi data.

Baca juga: Tutorial Paling Mudah Install Vue.js Untuk Pemula

Pengertian Tableau

Dilansir dari Interworks, Tableau adalah sebuah tools yang dapat mempermudah pembuatan analisis visual interaktif dalam bentuk dashboard. Adapun menurut Techtarget, Tableau adalah software yang mendukung visualisasi data secara kolaboratif bagi seseorang yang bekerja dalam menganalisis informasi bisnis.

Dengan Tableau, pengguna dapat membuat map, chart, dashboard, graph, dan lainnya. Ini bertujuan memudahkan orang lain dalam membaca data dan membuat keputusan bisnis berdasarkan data itu.. Platform ini, telah tersedia di Indonesia sejak tahun 2009, memudahkan pembacaan dan pemahaman tiga jenis data: data historis (evaluasi), data saat ini, dan data masa depan.

Dalam situasi seperti ini, Anda dapat menyajikan analisis data melalui dashboard atau lembar kerja, yang memudahkan kolaborasi. Pada akhirnya, visualisasi data ini memberikan wawasan tentang bagaimana sebuah perusahaan dapat mengembangkan strategi dan inisiatif baru.

Dalam hal fitur, perangkat lunak ini menyediakan berbagai alat seperti dashboard, scorecard, analisis dan kueri ad hoc, integrasi spreadsheet, tampilan pemutaran dan seret-dan-lepas, penyorotan data dan penyaringan, dashboard yang siap diakses melalui perangkat mobile, dan lain-lain.

Fungsi Tableau dan Keuntungannya

Fungsi perangkat lunak visualisasi data ini mirip dengan program lain, namun berikut adalah beberapa fitur utama yang dapat membantu mengubah data menjadi format yang lebih menarik dan mudah dipahami:

Membuat Dashboard dan Laporan yang Menarik

Salah satu fungsi Tableau yang paling sering digunakan adalah fitur visualisasi data. Tool ini bisa secara otomatis membantu dalam menyelesaikan laporan informatif yang menarik untuk disajikan.

Adanya visualisasi data membuat orang teknis maupun non-teknis mendapatkan informasi yang disajikan dari data dengan cepat dan mudah dimengerti.

Mengotomatisasi Pelaporan

Tableau bisa juga digunakan untuk membuat laporan otomatis. Dengan ini, kamu bisa melakukan setting yang mengarah ke kumpulan data tertentu agar dapat refresh secara otomatis.

Ajaibnya, kamu tidak harus menambahkan dan memahami coding apapun saat melakukan otomatisasi ini.

Melakukan Analisis Investigasi secara Cepat

Salah satu tugas utama data analyst yaitu melakukan analisis data dengan tepat untuk digunakan membuat keputusan bisnis.

Tableau dapat membantu mereka menjelajahi, menganalisis, dan menemukan wawasan/informasi baru dari data itu. Tentunya, hal tersebut dilakukan tanpa harus memakan banyak waktu.

Menyatukan Berbagai Sumber Data

Data analyst biasanya memiliki berbagai data di Excel, database SQL, atau aplikasi lain berbasis cloud. Adanya Tableau mampu menyatukan semua data dari berbagai sumber berbeda itu dalam waktu singkat tanpa perlu coding.

Alhasil, kamu bisa melihat bisnis secara holistik dari berbagai data yang dikumpulkan guna pelaporan bisnis.

Mengontrol Akses Data dengan Lebih Aman

Sebagian data perusahaan bersifat rahasia. Dengan demikian, tim IT sebisa mungkin harus menjaga dan mencegah kebocoran data. Tableau adalah tool yang sudah dirancang agar memenuhi keamanan dan mengelola data dengan baik. Sehingga kapan pun perusahaan membutuhkan, data analyst tetap bisa mengaksesnya dalam format yang diinginkan.

Melakukan Basic ETL Operations dengan Cepat

Salah satu keunggulan Tableau adalah mampu melakukan ETL (extract, transform, load) dengan cepat. ETL sendiri merupakan proses integrasi data dengan cara menggabungkan dan mengombinasikan berbagai sumber data ke satu tempat penyimpanan. Tool ini dapat melakukannya dengan sangat cepat menggunakan automated data reshaper.

Pelatihan Data Analytics Jogja

Demikian informasi penting Belajar Data Analytics: Pengertian dan Fungsi Tableau. Segera ikuti pelatihan Data Analytics di PITMA. Untuk informasi pelatihan dan jadwal terbaru silahkan hubungi kami di nomor whatsapp kami disini.

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?