Logo-Pitma-Jogja
Search

Cara install Flutter di Windows

Cara install flutter di windows

Cara install flutter di Windows – Sebelum masuk ke tahap instalasi kita perlu tahu dulu apa itu Flutter. Flutter yaitu sebuah framework mobile SDK(Software Development Kit) yang ditujukan untuk development app untuk cross-platform (bisa dijalankan di berbagai device), Flutter ini dikembangkan dan dirilis oleh Google. Flutter adalah platform yang digunakan para developer untuk membuat aplikasi multiplatform hanya dengan satu basis coding (codebase). Artinya, aplikasi yang dihasilkan dapat dipakai di berbagai platform, baik mobile Android, iOS, web, maupun desktop. Flutter memiliki dua komponen penting, yaitu, Software Development Kit (SDK) dan juga framework user interface.

Sejarah Flutter

Versi pertama Flutter dikenal sebagai “Sky” dan berjalan pada sistem operasi Android. Diresmikan pada perhelatan Dart developer summit tahun 2015, dengan tujuan untuk mampu merender grafis secara konsisten pada 120 bingkai per detik.
Flutter 1.0 dirilis pada tanggal 4 Desember 2018 di acara Flutter Live, yang menunjukkan versi “stabil” pertama dari Framework Flutter.

Cara Install

Langkah pertama yang harus di siapkan adalah

  • Java Development Kit (JDK); bisa di install melalui android studio.
  • Android Studio.
  • Android SDK.
  • Flutter SDK.
  • IDE / Teks Editor (disini kita akan menggunakan Visual Studio Code)

Oke langsung ke langkah awal yaitu Kunjungi situs resmi Flutter di flutter.dev berikut tampilan website nya

1

Setelah berhasil masuk situs Flutter geser kursor ke arah menu docs pada pojok kanan atas, dan klik pada menu instal flutter maka kita akan di arahkan ke doc install flutter.

2 1

Donwload Flutter, pilih versi sesuai Os yang kita gunakan disini saya contohkan menggunakan Os Windows. Klik icon Windows lalu akan di arahkan ke halaman Windows install karena saya disini menggunakan Os Windows. Klik pada tombol yang saya lingkari seperti pada gambar dibawah ini.

3 1

Setelah berhasil donwload extract file zip ke C:\Users\<nama user pc anda (contoh : PC01)>\Documents), jangan tempel flutter di program files .

4 2

Setelah itu buka windows environtment, caranya klik start cari / search env pada bar pencarian. lebih jelasnya seperti gambar dibawah

5 1

klik pada menu Environment Variables, lalu pada bagian PATH edit sesuaikan folder flutter yang di tempel pada tahap sebelumnya tadi

7 1

Setelah selesai klik OK. langkah berikutnya buka CMD lalu ketikan perintah > flutter.

Bila proses instalasi berhasil maka akan tampil seperti gambar dibawah ini, apabila masih gagal ulangi langkah dari awal.

8 1

Langkah berikutnya ketik kan perintah flutter doctor pada Cmd, gunanya untuk mengecek apakah kelengkapan dalam menginstal flutter sudah selesai. Apabila terdapat error ikuti petunjuk yang tertulis pada cmd untuk mengatasi error tersebut.

9 1

Seperti gambar diatas terdapat error android licenses not accepted, cara mengatasinya ketikan saja perintah flutter doctor –android-licenses dan ketik saja ‘Y’ sampai perintah berhenti.

Untuk mengatasi error Visual Studio not instaled , install saja melalui link yang tercantum dalam cmd.

Selesai.

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?