Logo-Pitma-Jogja
Search

Cara Konfigurasi Mikrotik Sebagai Internet Gateway Dengan Mudah Via Winbox

Konfigurasi Mikrotik Sebagai Internet Gateway

Cara Konfigurasi Mikrotik Sebagai Internet Gateway Dengan Mudah Via Winbox | Internet gateway adalah istilah dimana router mikrotik berfungsi sebagai jalan keluar (gateway) untuk mengakses internet. Jadi, setiap komputer yang hendak mengakses internet pastinya melalui router mikrotik tersebut.

Mikrotik sebagai internet gateway merupakan salah satu bentuk implementasi yang paling banyak di pakai. Tujuannya agar client, semisal dengan IP 192.168.199.3/24 dan lainnya bisa berkoneksi dengan internet/ISP. Dalam proses konfigurasi mikrotik terdapat beberapa langkah. Pertama, membuat internet gateway menggunakan mikrotik.

Lalu bagaimana cara menggunakan mikrotik sebagai internet gateway? Pada artikel kali ini akan menjelaskan tentang cara konfigurasi mikrotik sebagai internet gateway. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Baca juga: Jenis dan Cara Mengelola Jaringan dengan MikroTik untuk Pemula

Cara konfigurasi mikrotik sebagai internet gateway

Mikrotik merupakan sebuah sistem operasi yang diperuntukkan sebagai Network Router. Mikrotik didesain untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya. Biasanya untuk mengkonfigurasi agar dapat terhubung ke Mikrotik Router, bisa dengan menggunakan aplikasi Winbox.

Aplikasi Winbox adalah aplikasi bawaan yang terdapat dalam Mikrotik OS itu sendiri. Bedanya, konfigurasi dalam OS dengan aplikasi menggunakan Winbox kita tidak harus susah dengan mengetik seperti Command Prompt dalam Windows, karena dengan bantuan Winbox kita bisa mengkonfigurasi MikroTik dengan tampilan GUI (Grafik User Interface).

  • Buka Winbox, lalu koneksikan dengan akses poin perangkat router.
image 1
  • Pada RouterOS pilih menu IP -> Address.
a 1

Tambahkan alamat IP dengan cara mengklik tombol Plus(+) berwarna biru, selanjutnya masukkan alamat IP. Misal diberikan alamat IP 172.10.70.19/24, seperti pada gambar.

Klik Apply kemudian OK.

  • Setting DNS pada menu IP->DNS.
b

Pada setting DNS ini berbeda dengan mengisi Ip Address, karena kita akan mengisikan alamat pada bagian server. Misal pada server beralamat 172.10.70.1.

Jangan lupa centang Allow Remote Requests, agar klien dapat terakses dengan alamat DNS dari Router kita.

Klik Aplly kemudian OK.

  • Selanjutnya konfigurasi Gateway, pilih menu IP->Routes
c

Tambahkan router baru dengan menekan tombol Plus(+) yang berwarna biru. Untuk setting ini pada address biarkan kosong, isi kolom Gateway saja, seperti pada gambar.

Klik Apply kemudian OK.

Cara cek ping ke internet gateway

Penting memastikan apakah konfigurasi mikrotik sebagai internet gateway tadi dapat terkoneksi atau tidak. Salah satu cara nya adalah melakukan ping pada Google. Sebelumnya, koneksikan terlebih dahulu Router agar dapat terhubung ke internet. Ketikan ping google.com pada menu “New Terminal”.

d

Terakhir konfigurasi Client agar dapat terkoneksi ke internet dengan mengikuti jalur Mikrotik Router. Prinsipnya, perangkat Client dan Mikrotik Router harus memiliki 1 subnet IP yang sama. Untuk dapat langsung terhubung ke Internet, dapat menggunakan fitur NAT (Network Address Translation). Lebih jelasnya simak langkah-langkahnya berikut sampai selesai.

  • Buka menu IP->Address

Kemudian tambahkan alamat IP untuk Klien. Misal kita tambahkan alamat IP 172.158.1.1/24.

e

Pada kolom interface pilih wlan1.

Klik Apply dan OK.

  • Setting IP Firewall-NAT

Klik kanan pada wireless kemudian pilih Enable.

Kemudian double klik pada Type.

f

Setting seperti pada gambar di atas, untuk SSID adalah nama Wireless dari Router yang akan kita pancarkan atau yang akan muncul di klien. Misal nama di bawah menggunakan “nama alamat”.

Klik Apply dan OK.

  • Setting IP DHCP

Pilih menu IP->DHCP Server.

g

Pilih DHCP Setup klik Next sampai selesai.

  • Setting Security Profile

Langsung saja Klik Apply dan OK.

h

Langkah terakhir adalah mengkoneksikan perangkat wireless dengan device lain. Hidupkan Wi-Fi pada perangkat tersebut, kemudian cari nama akses poin milik router tadi dan koneksikan.

Sekarang coba digunakan untuk browsing, jika sudah bisa maka konfigurasi mikrotik sebagai internet gateway berhasil. Namun jika masih gagal, coba amati sekali lagi langkah demi langkah di atas, mungkin saja ada kesalahan dalam memahami langkahnya.

Pelatihan Pengelolaan Jaringan Mikrotik Jogja

Demikian informasi penting Cara Konfigurasi Mikrotik Sebagai Internet Gateway Dengan Mudah Via Winbox . Segera ikuti pelatihan Pengelolaan Jaringan Mikrotik di PITMA. Untuk informasi pelatihan dan jadwal terbaru silahkan hubungi kami di nomor whatsapp kami.

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?