Logo-Pitma-Jogja
Search

Cara Memasang RAM Khusus Menaikkan Performa PC

Cara Memasang RAM Khusus Menaikkan Performa PC

Cara Memasang RAM Khusus Menaikkan Performa PC | PC semakin tambah usia akan mengalami penurunan performa. Salah satu cara jitu menaikkan performa PC ada mengganti RAM. Sebelum ganti RAM PC, kalian harus tau RAM jenis apa yang support dengan motherboard PC.

Jika sudah membeli RAM khusus untuk menaikkan performa PC, kalian bisa langsung melihat langkah-langkah dibawah ini. Caranya sangat mudah yaitu cukup melihat spesifikasi perangkat keras kalian di google, bisa juga dengan cara membongkarnya.

Ada baiknya bongkar saja untuk melihat spesifikasinya, agar benar-benar pasti dan jelas merk,kapasitas, serta jenis apa yang akan dibeli. Jika dalam hal seperti ini asal bongkar dan pasang itu akan berakibat fatal bagi perangkat keras.

Baca juga: 10 Cara Memperbaiki Laptop Windows 11 Lemot

Apa itu RAM?

Mengutip laman resmi Intel, RAM kepanjangan dari Random Acces Memory adalah salah satu bagian terpenting dari komputer Anda. Komponen ini memberikan memori jangka pendek dengan kecepatan tinggi untuk CPU komputer Anda.

Fungsi RAM pada motherboard adalah untuk menambah kecepatan dari komputer saat memproses data.Jadi kecepatan komputer kita dipengaruhi seberapa besar kapasitas memorinya.

Jika berkapasitas lebih besar maka semakin cepat pula komputer dalam memproses data, dan begitu juga sebaliknya, jika berkapasitas kecil mungkin akan lebih lama dalam memproses data. Oleh karena itu sangat penting menngetahui bagaimana cara memasang RAM PC yang aman dan benar.

Apa Perbedaan RAM dengan Memori Hard Drive?

Penting untuk membedakan RAM dan penyimpanan data jangka panjang pada disk drive komputer Anda yang juga dikenal sebagai hard drive. Disk drive baik hard disk drive (HDD) tradisional atau solid-state drive (SSD) yang lebih baru digunakan untuk penyimpanan data dan file jangka panjang. RAM hanya menyimpan data yang Anda butuhkan untuk aplikasi dan file yang saat ini terbuka. Ketika Anda menutup aplikasi atau mematikan komputer, data dihapus dari RAM. Itulah sebabnya penting menyimpan pekerjaan Anda ke disk drive sebelum keluar.

Baca juga: Cara memasang SSD dan HDD pada Laptop

Bagaimana Cara Memasang RAM PC?

Memasang RAM baru adalah cara yang mudah untuk meningkatkan kinerja komputer Anda, baik Anda seorang gamer, pembuat konten, atau seseorang yang mencari pengalaman multitasking yang lebih lancar. berikut adalah langkah-langkah cara memasang ram PC yang aman dan pasti terbaca.

Persiapan memasang RAM PC:

cek spek mobo
  1. Periksa spesifikasi PC Anda terlebih dahulu. Tentukan jenis, kapasitas, dan kecepatan RAM yang didukung oleh sistem Anda. Lihat buku manual pengguna komputer atau kunjungi situs web produsen untuk informasi tersebut.
  2. Beli RAM yang kompatibel dengan motherboard. Cari modul RAM yang memenuhi spesifikasi PC Anda. Pastikan mereka kompatibel dengan motherboard Anda dan RAM yang sudah ada (jika ada).

Cara aman memasang RAM PC:

cara memasang ram ke mobo pc
  1. Matikan PC Anda, putuskan semua sumber daya listrik, dan landakan diri Anda untuk menghilangkan statis. Pilih ruang kerja yang bersih, terang, dan bebas statis.
  2. Buka casing komputer Anda untuk menemukan slot RAM. Biasanya, mereka terletak dekat CPU dan diikat dengan klip atau pengait.
  3. Lepaskan RAM yang sudah ada (jika ada): Jika Anda meng-upgrade atau mengganti RAM yang sudah ada, buka klip/pengait di sisi slot RAM. Tarik keluar RAM yang sudah ada dengan lembut pada sudut tertentu, hindari kontak langsung dengan konektor.
  4. Masukkan modul RAM baru. Pastikan RAM baru menghadap dengan benar dengan menyelaraskan paku pada modul dengan slot pada motherboard. Tekan RAM dengan mantap namun lembut ke dalam slot, aplikasikan tekanan yang sama pada kedua ujungnya. Anda akan tahu bahwa itu sudah ditempatkan ketika klip/pengait secara otomatis kembali ke posisi semula.
  5. Ulangi untuk modul tambahan. Jika Anda memiliki lebih dari satu modul RAM, ulangi langkah 4 untuk setiap modul tambahan. Pastikan ada jarak yang memadai antara modul untuk menghindari penumpukan panas.
  6. Tutup casing komputer. Setelah semua modul RAM terpasang dengan aman, tutup casing komputer dengan hati-hati. Pastikan semua sekrup tertutup rapat untuk menghindari getaran.
  7. Hidupkan PC Anda. Sambungkan kembali sumber daya dan hidupkan PC Anda. BIOS (Basic Input Output System) akan secara otomatis mendeteksi RAM baru, dan sistem operasi Anda akan mengenali peningkatan memori saat startup berikutnya.
  8. Periksa pemasangan yang benar. Untuk memastikan bahwa RAM terpasang dengan benar, buka manajer tugas atau monitor penggunaan RAM pada sistem operasi Anda. Ini seharusnya menunjukkan kapasitas RAM total yang baru.

Dengan pemasangan RAM tambahan, kinerja PC Anda seharusnya terasa meningkat, memungkinkan multitasking lebih cepat, permainan yang lebih lancar, dan pengalaman pengguna yang lebih baik secara keseluruhan. Memasang RAM adalah proses yang sederhana, asalkan Anda mengikuti langkah-langkah dengan hati-hati dan memastikan kompatibilitas.

Pelatihan Jogja Teknisi Jaringan dan Komputer

Demikian informasi penting Cara Memasang RAM Khusus Menaikkan Performa PC. Segera ikuti pelatihan Teknisi Jaringan dan Komputer di PITMA. Untuk informasi pelatihan dan jadwal terbaru silahkan hubungi kami di nomor whatsapp kami.

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?