Logo-Pitma-Jogja
Search

Cara memasang SSD dan HDD pada Laptop

cara memasang ssd

Cara memasang SSD dan HDD pada Laptop – Solid State Drive atau SSD adalah media storage yang menggunakan rangkaian sirkuit IC terintegrasi sebagai tempat penyimpan data dan informasi. Sedangkan HDD terbuat dari komponen yang bergerak semacam piringan. SSD jauh lebih cepat dan tahan terhadap goncangan sedangkan HDD tidak tahan goncangan dan mudah mengalami kerusakan, dari segi harga HDD lebih murah akan tetapi cara kerjanya jauh lebih lambat dari SSD.

Sebelum memasang SSD wajib dulu cek laptop kita perangkat SSD mana yang cocok untuk dipasang, karena terdapat 2 tipe SSD yang beredar di pasaran yaitu SSD M.2, SSD SATA dan NVMe. Berikut per bedaan ke tiganya :

SSD Sata M.2

Memiliki ukuran lebih kecil dan ramping ketimbang SSD SATA. Jika Anda baru melihat SSD jenis M.2, mungkin mengira itu merupakan komponen RAM. Meski ukurannya kecil, SSD M.2 memiliki kecepatan transfer yang tidak jauh berbeda dengan SSD SATA 2,5 inch. Yang perlu kita perhatikan adalah penampakan SSD M.2 dan M.2 NVMe hampir mirip. Perhatikan kaki SSD M.2. SSD M.2 SATA memiliki dua kaki, sedangkan SSD M.2 NVMe punya satu kaki, tidak semua motherboard laptop atau komputer mendukung SSD jenis M.2 SATA ini. Jadi, baca lagi buku manual atau perhatikan spesifikasi laptop atau komputer Anda terkait dukungan SSD-nya.

SSD Sata 2,5 inch

Secara bentuk dan ukuran, SSD SATA hampir sama dengan hardisk ukuran 2,5 inch yang biasa digunakan pada laptop. Bedanya, bobotnya lebih ringan serta penampilannya sedikit berbeda. SSD jenis SATA memiliki kompabilitas yang luas baik di laptop maupun komputer. Karena SSD ini masih menggunakan jalur SATA, artinya sama dengan colokan hardisk pada umumnya. SSD jenis ini bisa digunakan hampir di semua jenis laptop atau komputer. Kecepatan transfer maksimumnya umumnya mencapai 600MB/ detik. SSD SATA juga mudah di temukan di pasaran dan harganya cukup terjangkau dari jenis lainnya.

SSD NVMe

Dari beberapa jenis yang lain ini jenis SSD yang paling cepat. Penampakannya mirip dengan SSD M.2 SATA, hanya saja kakinya ada satu. Kecepatannya jauh lebih ngebut dari M.2 SATA atau SSD SATA 2,5 inch. Soalnya, jalur yang digunakan sudah menggunakan jalur PCIe atau PCI Express. Kecepatan SSD NVMe mampu menghasilkan kecepatan transfer hingga 6GB/ detik. Laptop atau komputer keluaran terbaru secara umum sudah mendukung jenis SSD NVMe.
Baca Juga : Aplikasi Editing Video Android Tanpa Watermark

Cara Pemasangan

Setelah memastikan perangkat laptop kita perangkat SSD mana yang cocok untuk di pasang, maka kita lanjut ke tahap pemasangan. Untuk yang pertama cara memasang SSD SATA 2,5 inch :
SSD SATA 2,5 inch
– Pertama kita beli caddy SSD untuk memasang SSD ke dalam laptop.

– Jika kita ingin memasang HDD dan SSD secara bersamaan kita harus mengorbankan Cdrom untuk memasang SSD dan HDD secara bersama, jadi kita bisa menggunakan SSD untuk penyimpanan Local Disk C dan HDD untuk penyimpanan localdisk laptop yang lain.

caddy ssd
Caddy SSD

– cek perangkat Cdrom karena ada 2 jenis caddy yaitu caddy dengan ukuran 9,5mm dan 12,5mm. Jadi, kita perlu cek terlebih dahulu sebelum membeli.
– Setelah semua sudah ada (SSD dan Caddy) bongkar laptop dan copot perangkat CDrom
– Pasang SSD ke dalam Caddy
– Lalu pasang Caddy ke dalam slot CDrom
– Cek pada device manager apakah SSD sudah terbaca
– Apabila sudah terbaca langkah terakhir adalah instal ulang perangkat laptop dan pastikan Local Disk C media penyimpanan SSD.

SSD Sata M.2 / NVMe

– Matikan Laptop, Lepas Baterai
– Lepas Semua baut dan buka casing laptop, hati – hati saat melepas casing banyak perangkat rawan rusak
– Cari Slot SSD
– Pasang SSD dengan hati – hati
– Setelah terpasang cek di bios apakah SSD sudah terbaca
– Format SSD untuk bisa digunakan

Baca Juga : Cara Mengetahui Font dengan Gambar

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?