Logo-Pitma-Jogja
Search

Cara Membagikan WIFI Menggunakan QR-CODE

cara membagikan wifi menggunakan qr-code

Cara Membagikan WIFI menggunakan QR-Code. Wi-Fi merupakan singkatan dari Wireless Fidelity, yang berarti teknologi wireless/nirkabel yang mampu menyediakan akses internet dengan bandwidth besar mencapai 11 Mbps (untuk standar 802.11b). Hotspot adalah lokasi yang dilengkapi dengan perangkat Wi-Fi sehingga dapat digunakan oleh orang-orang yang berada di lokasi tersebut untuk mengakses internet dengan menggunakan notebook/Smartphone yang sudah memiliki card Wi-Fi.

Wi-Fiadalah koneksi tanpa kabel seperti handphone dengan mempergunakan teknologi radio sehingga pemakainya dapat mentransfer data dengan cepat dan aman. Wi-Fi tidak hanya dapat digunakan untuk mengakses internet, Wi-Fi juga dapat digunakan untuk membuat jaringan tanpa kabel di perusahaan. Karena itu banyak orang mengasosiasikan Wi-Fi dengan “Kebebasan” karena teknologi Wi-Fi memberikan kebebasan kepada pemakainya untuk mengakses internet atau mentransfer data dari ruang meeting, kamar hotel, kampus, dan café-café yang bertanda Wi-Fi Hotspot.

Baca Juga Cara Mengamankan Ponsel Android

Apa Itu QR Code?

QR code adalah singkatan dari quick response code. Kode ini adalah barcode dua dimensi yang bisa memberikan beragam jenis informasi secara langsung. Untuk membukanya, dibutuhkan scan atau pemindaian dengan smartphone. QR code biasanya mampu menyimpan 2089 digit atau 4289 karakter, termasuk tanda baca dan karakter spesial.

Hal ini membuat QR code mampu menampilkan teks pada pengguna, membuka URL, menyimpan kontak ke buku telepon, dan masih banyak lagi. QR code dinilai lebih praktis dibanding barcode karena mampu menyimpan lebih banyak data. QR code terdiri dari titik-titik hitam dan spasi putih yang disusun dalam bentuk kotak, dan setiap elemennya memiliki makna tersendiri. Hal tersebut membuatnya mampu di-scan oleh smartphone dan menampilkan data atau informasi yang dimuatnya.

Cara Membagikan WIFI menggunakan QR Code

WiFi kini menjadi salah satu benda penting yang sering dibutuhkan banyak orang. Adanya WiFi memungkinkan kita untuk menghubungkan ponsel ke koneksi internet. Agar bisa terhubung ke WiFi biasanya anda harus mengisikan password. Hal ini wajar karena pemilik WiFi biasanya menggunakan kata supaya tidak sembarang orang bisa menggunakannya. Lalu, ada cara kedua dengan menggunakan QR code. Bagaimana langkah-langkahnya?, dirangkum dari berbagai sumber, berikut cara bagikan password WiFi dengan QR code lewat smartphone Android.

Sebelumnya, anda harus tahu bagaimana cara mendapatkan QR Code WiFi yang sedang anda gunakan. Ikuti langkah berikut ini:

– Masuk ke “pengaturan ponsel”.

– Lalu masuk ke “pengaturan wifi”.

– Setelah itu, tap jaringan WiFi yang sedang anda gunakan.

– Pada beberapa ponsel, anda bisa langsung mengetuk ikon QR code yang telah tersedia.

– Bagi yang belum anda, anda bisa mengetuk opsi “bagikan” dan pilih menggunakan ikon QR code.

– Setelah itu, anda akan diminta untuk melakukan otentikasi demi memastikan itu benar-benar perangkat anda. Selesai.

Sementara itu, begini cara bagikan password WiFi dengan QR Code lewat smartphone Android:

– Pastikan anda telah menyalakan WiFi pada perangkat anda.

– Selanjutnya, ketuk pada ikon QR code pada bagian “tambah jaringan/add network”.

– Setelah itu, anda bisa melakukan scaning pada QR code yang telah tersedia.

Jika anda pengguna Samsung, biasanya sudah ada menu tersendiri yang bisa anda gunakan untuk melakukan scan WiFi menggunakan QR code. Menu ini, biasanya ada pada bar notifikasi dan bernama “Scan QR Code”.

Nhah mudah kan, demikian informasi yang dapat kami bagikan semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan baru tentang teknologi digital.

Apabila anda membutuhkan informasi mengenai pelatihan dan diklat silahkan hub kami 

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?