Logo-Pitma-Jogja
Search

Cara Membuat Daftar isi Otomatis pada Word

Cara membuat daftar isi otomatis pada word

Cara membuat daftar isi otomatis pada word – Daftar isi merupakan merupakan urutan judul pada tiap bab beserta halaman yang terdapat pada sebuah buku atau bentuk tulisan lainnya seperti skripsi, karya ilmiah, atau makalah. Secara fungsi, daftar isi memiliki fungsi untuk peta bagi pembaca, sehingga membuat pembaca lebih mudah untuk menemukan informasi dalam dokumen berdasarkan judul atau sub judul dan nomor halaman.

Bagi para pejuang Skripsi menyusun daftar isi menjadi bagian hal paling penting dalam penyusunan skripsi apalagi jumlah halaman skripsi sampai ratusan lembar bahkan ribuan, pasti merasa capek apabila harus menyusun daftar isi secara manual dengan mengetikan satu per satu dan menggulung kursor mencocokan dari bab per bab. Penyusunan daftar isi sering dikeluhkan pejuang skripsi karena prosesnya yang lama dan ribet. Mulai dari menata baris sampai memasukan titik secara manual. Disini saya akan membagi cara untuk mempermudah dalam menyusun daftar isi hanya dengan sekali klik maka otomatis daftar isi akan tersusun.

Berikut cara membuat daftar isi otomatis pada word :

1. Langkah Pertama

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat struktur halaman yang terdiri dari, disesuaikan menurut peraturan penulisan kampus / instansi anda. Contoh :

  1. COVER (i), [Heading 1 / BEBAS BISA DISESUAIKAN]
  2. Kata Pengantar (ii), [Heading 1]
  3. Daftar Isi (iii), [Heading 1]
  4. BAB I (1), [Heading 1]
  5. Judul BAB I (1), [Heading 2]
  6. Sub Judul BAB I (2), [Heading 2]
  7. BAB II (3), [Heading 1]
  8. Judul BAB II (3), [Heading 2]
  9. Sub Judul BAB II (3), [Heading 2

2. Langkah ke 2

Pastikan semua halaman telah di buat nomor halamannya dan setiap BAB berikan style heading-nya, karena jika tidak, daftar isi tidak akan bisa terbuat secara otomatis. caranya klik References pilih add text dan pilih level 1 level 2 dan 3 biasanya untuk sub heading. Pastikan semua Judul BAB diberikan style.

Cara membuat daftar isi otomatis pada word

Lalu masuk ke halaman Daftar isi klik menu References pilih Table of Contents pilih Automatic table 1 atau Automatic table 2 pilih yang sesuai.

Baca Juga : Bagaimana Cara Cek IP Address di Perangkat yang Dipakai?

Cara membuat daftar isi otomatis pada word

Maka hasil akhirnya akan seperti ini, tinggal disesuaikan.

4 3

Selesai semoga bermanfaat.

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?