Logo-Pitma-Jogja
Search

Cara Memperbaiki File Corrupt

cara memperbaiki file corrupt

Pernahkah kamu gagal mengakses file penting karena file tersebut mengalami data corruption? Data sebagai aset digital juga dapat mengalami kerusakan. Hal ini dapat terjadi karena program salah menuliskan data atau ada hal lain yang mengganggu proses penulisan data sehingga file tersebut akan rusak. Lalu, bagaimana cara memperbaiki file corrupt?

Untuk mengetahuinya simak di bawah ini bagaimana cara memperbaiki file corrupt di laptop kamu.

Lakukan Disk Check Secara Manual

Untuk Windows 10, kamu dapat melakukan pengecekan disk secara manual dengan membuka folder dan memilih This PC. Selanjutnya klik kanan lalu pilih Properties dan klik tab Tools. Pilih Check, diikuti dengan Scan Drive untuk memulai langkah pengecekan disk, lalu klik Start. Tunggu sebentar saat program melakukan pengecekan.

Setelah scan selesai, ikuti rekomendasi atau saran yang diberikan untuk memperbaiki file yang rusak atau menemukan bad sector yang harus diperbaiki. Setelah selesai mengikuti semua langkahnya, restart laptop dan periksa lagi file yang corrupt tadi. Jika berhasil, maka file yang corrupt tersebut akan bisa dibuka.

Gunakan Chkdsk Command

Kamu juga bisa melakukan Chkdsk Command untuk memperbaiki file yang corrupt. Chkdsk sendiri merupakan singkatan dari check disk pada Windows. Setelah menekan Win + X, klik Windows Powershell (Admin) dan masukkan chkdsk c: diikuti dengan /r untuk menemukan lokasi bad sector yang mungkin merusak file dan menemukan informasi lainnya yang dapat dibaca. 

Kamu juga bisa mengetik chkdsk c: /f untuk memperbaiki (fixbad sector atau /san untuk sekadar memindai tanpa melakukan aktivitas perbaikan. Terakhir, kamu juga mungkin perlu mengubah c: menjadi d: atau f:, tergantung lokasi drive yang kamu tuju. 

 

Menggunakan Software Repair Tools

Jika kamu cukup awam soal memperbaiki file corrupt, kamu dapat mempercayakan tugas ini kepada software yang memang dibuat untuk memperbaikinya. Ada beberapa software yang direkomendasikan, di antaranya adalah Office Fix, Repair Toolbox, dan File Repair. Ada juga software yang dikhususkan memperbaiki tipe file yang lebih spesifik, seperti MP3 Repair Tool dan Digital Video Repair.

Ubah Format File

Sebelum kamu panik karena tidak bisa membuka file yang kamu inginkan, coba kamu buka file tersebut dengan format yang berbeda. Misalnya, file yang corrupt dalam format .docs. Kamu dapat mengganti formatnya menjadi pdf agar dapat membukanya. Untuk melakukan ini, kamu dapat mengunjungi situs online converter yang tersedia, seperti Small PDF atau I Love PDF.

Buka dengan Program Berbeda

Mengubah format file mungkin terdengar rumit. Namun, kamu bisa memperbaiki file corrupt dengan membukanya menggunakan program yang berbeda. Caranya, klik kanan di file yang rusak, lalu pilih Open With dan pilih program yang berbeda untuk membukanya. Misalnya, kamu membuka file .jpeg dengan Paint atau aplikasi foto lainnya, hal ini memungkinkan file yang rusak tadi.

Selalu Backup Data di Drive Lain

Jika cara-cara tersebut tidak berhasil, maka untuk menyiasati file yang rusak atau corrupt, kamu dapat melakukan langkah pencegahan sebelumnya. Dengan melakukan backup data setiap file penting, kamu tidak perlu khawatir kehilangan data penting yang rusak. Jadi, ketika file tersebut corrupt, kamu dapat memulihkannya kembali dengan memindahkannya dari drive lain tempat kamu melakukan backup file tersebut.

Tidak harus menggunakan drive atau harddisk, kamu dapat mem-backup file di jaringan Cloud secara online sehingga dapat dipulihkan kapan saja.

Sumber : https://www.acerid.com/6-cara-memperbaiki-file-corrupt-laptop/

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?