Logo-Pitma-Jogja
Search

Cara Memperbaiki Laptop Lemot

Cara Memperbaiki Laptop Lemot

Cara Memperbaiki Laptop Lemot – Laptop/Komputer merupakan alat kerja manusia yang digunakan untuk membantu aktifitas manusia dalam berbagai hal, maka dari itu, laptop harus memiliki performa kinerja yang baik. berikut ini merupakan tips dan trik cara meningkatkan performa laptop agar tidak lemot

1. Hapus File di Recycle Bin

Sampah yang ada pada recycle bin laptop kalian bisa jadi penyebab dari laptop kalian yang melambat. Jadi silahkan kalian cek recycle bin kalian, jika di dalamnya tidak ada data yang penting hapus saja file yang ada pada recycle bin. Caranya adalah klik kanan icon Recycle Bin > Empety Recycle Bin.

2. Menggunakan Aplikasi Pembersih Sampah

Langkah berikutnya kalian bisa menggunakan aplikasi pembersih file sampah, aplikasi ini sangat membantu bagi kalian yang laptopnya memiliki file sampah yang sangat banyak. Dan tidak pernah di bersihkan sebelumnya. jenis aplikasi pembersih sampah memiliki berbagai pilihan seperti CC Cleaner, Disk Cleanup dan lain-lain

3. Menginstal Antivirus di Laptop

Bisa jadi laptop kalian lemot karena adanya virus yang bersarang pada Laptop kalian, jadi ada baiknya kalian menginstall antivirus di laptop kalian. Kalian harus menginstall antivirus yang tepat, jangan sampai kalian sembarangan menginstall antivirus dan malah membuat laptop menjadi semakin lemot. Silahkan kalian install antivirus terpercaya dan sudah banyak orang yang menggunakannya.

Baca Juga Antivirus Gratis Untuk Windows

4. Gunakan Key pada Win+R

Langkah pertama kita klik win+r, lalu ketikan temp maka akan muncul tab baru dan hapus seluruh file yang ada di dalam direktory tersebut, jika sudah selanjutnya kita ketikan lagi win+r lalu kita ketik %temp% dan hapus semua file yang ada di dalam directory tersebut, langkah selanjutnya sama dengan langkah sebelumnya yaitu dengan cara ketik win+r lalu ketik prefetch dan hapus seluruh file yang ada dalam directory tersebut, dan langkah yang terakhir adalah buka recycle bin lalu hapus seluruh file yang ada di dalam recycle bin.

5. Perbesar Kapasitas RAM

Karena banyak proses yang dikerjakan secara bersamaan, kinerja laptop menjadi turun dan melambat. Untuk mengatasi hal ini, cara ampuh yang bisa kalian gunakan adalah dengan mengupgrade atau menambah RAM pada laptop kalian. Selain itu, kalian juga harus cek kapasitas Harddisk kalian, jangan sampai Harddisk terlalu penuh karena hal ini juga dapat menyebabkan komputer lemot. Ada baiknya kalian menyiapkan harddisk eksternal untuk jaga-jaga.

6. Uninstal Program yang Tidak Penting

Terlalu banyak menginstall aplikasi yang sebenarnya tidak kalian perlukan juga dapat menyebabkan kinerja komputer kalian melambat. Jika kalian merasa aplikasi tersebut tidak terlalu penting dan jarang sekali digunakan, sebaiknya kalian menghapusnya. Kalian hanya perlu menginstall aplikasi penting dan yang sering kalian gunakan saja. Cara uninstallnya mudah, silahkan klik menu Start > Control Panel > Uninstall a program kemudian pilih program yang ingin kalian uninstall.

7. Gunakan Disk Cleanup

Komputer kalian yang menjadi lambat mungkin juga dikarenakan adanya file sementara yang menumpuk pada disk kalian. Oleh karena itu, kalian bisa menggunakan tools ini untuk menghapus file sementara yang ada pada disk kalian tersebut. Kalian bisa memilih drive mana yang akan dibersihkan. Untuk menggunakan tools ini, silahkan klik kanan drive yang ingin dibersihkan > kemudian pilih Properties > Disk Cleanup. Atau kalian juga bisa menggunakan aplikasi disk cleaner kesukaan kalian.

Apabila anda membutuhkan informasi mengenai pelatihan dan diklat silahkan hub kami 

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?