Logo-Pitma-Jogja
Search

Cara menambahkan tanda tangan di PDF

Cara menambahkan tanda tangan di pdf

Cara menambahkan tanda tangan di PDF – Saat ini banyak perusahaan, sekolah, kampus yang memanfaatkan formulir online/daring untuk mengumpulkan informasi dari penggunanya. Dan mereka membutuhkan izin/persetujuan yang disertai tanda tangan pengguna pada formulir tersebut. Tanda tangan elektronik juga akan membantu individu atau perusahaan yang dalam memberikan layanan harus seringkali membuat kontrak bertandatangan.
Berikut ini cara membubuhkan tanda tangan elektronik pada dokumen digital yang berformat PDF.

Pada tutorial kali ini kita menggunakan aplikasi Adobe Acrobat, apabila belum memiliki aplikasi tersebut bisa donwload dan instal di pc.

  • Buka aplikasi Adobe Acrobat Reader: Edit PDF. Jika ini adalah pertama kalinya Anda membuka aplikasi tersebut, Anda bisa sign in dulu menggunakan akun Adobe atau melewati proses sign in dengan mengeklik ikon tanda silang di sudut kanan aplikasi.
  • Pada aplikasi, ketuk ikon ⊕, lalu ketuk Edit PDF untuk memilih file PDF yang akan disunting. Anda bisa ketuk On This Device untuk melihat semua file PDF yang ada di perangkat. Atau klik Browse more files.

baca juga : Membuat Sertifikat Otomatis, sekali klik selesai

  • Setelah file PDF dibuka, ketuk ikon pensil dan pilih Fill & Sign
1 6
  • Klik Sign yourself dan pilih Add Signature. Anda bisa menggoreskan tanda tangan, mengunggah image/gambar tanda tangan, atau memotret tanda tangan. Setelah selesai, ketuk Done.
2 5
  • Selanjutnya, letakan tanda tangan yang telah dibuat dengan menggeser kursor dan letakkan pada tempat yang di inginkan.
3 5
  • Selesai dan jangan lupa save file tersebut.

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?