Logo-Pitma-Jogja
Search

Cara mengatasi keyboard laptop mengetik sendiri

Cara mengatasi keyboard laptop mengetik sendiri

Cara mengatasi keyboard laptop mengetik sendiri – Keyboard dengan nama lain papan tombol,papan ketik, papan tik, atau papan tuts (bahasa Inggris: keyboard) merupakan sebuah papan yang terdiri atas tombol-tombol seperti huruf alfabet (A-Z) untuk mengetikkan kalimat, juga terdapat angka 1 sampai 9, dan juga 0. Serta simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. Dalam komputasi, papan tombol menggunakan susunan tombol atau kunci, untuk bertindak sebagai tuas mekanis atau sakelar elektronik. Sumber : Wikipedia

Tanda permasalahan keyboard :

  • Tombol backspace terus menekan sendiri
  • Huruf keyboard mengetik sendiri tanpa ditekan
  • Tombol / menekan sendiri
  1. Update atau re install driver keyboard

Cara pertama yang bisa dicoba yaitu melakukan install ulang driver software keyboard anda. Driver yang bermasalah biasanya terjadi akibat virus ataupun malware dan versi yang telah usang. Untuk mengatasi masalah pada Driver keyboard Laptop anda, coba untuk lakukan re install driver keyboard Anda dan update ke versi yang terbaru melalui Device Manager.

  1. Restart Laptop

Setelah melakukan Update atau install ulang Driver, selanjutnya melakukan restart pada Laptop anda. Karena inilah merupakan salah satu metode yang efektif untuk memeperbaiki berbagai permasalahan yang terjadi pada sistem dan perangkat Laptop, tidak terkecuali pada keyboard yang bermasalah.

  1. Bersihkan Keyboard dari Debu dan Kotoran

Saat keyboard laptop anda masih mengetik sendiri tanpa anda gunakan. Ini bisa terjadi dikarenakan penumpukan kotoran, debu, sisa-sisa makanan ataupun kemasukan cairan yang terdapat pada bagian sela-selanya, hingga dapat membuat tombol keyboard terhambat dan mengalami gagal berfungsi.

  1. Tidak perlu membongkar keyboard untuk membersihkannya dari kotoran dan debu. anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini:
  • Pastikan Laptop Anda dalam keadaan tidak menyala.
  • Kemudian posisikan laptop miring 90 derajat dengan maksud dapat memudahkan anda saat membersihkan debu
  • Lalu goyangkan Laptop Anda agar kotoran, debu dan sisa makanan yang ada pada sela-sela keyboard jatuh
  • Setelah itu bersihkan pada bagian sela-sela dan bawah keyboard memakai selotip
  • Lakukanlah secara hati-hati dan berulang hingga keyboard betul-betul bersih dari kotoran dan debu

Baca Juga : Cara mengatasi keyboard laptop mengetik sendiri

5. Menggunakan Keyboard Eksternal

Solusi yang satu ini memang bukan lah solusi terbaik saat keyboard pada Laptop anda mengalami kerusakan atau yang sedang dibahas disini mengetik sendiri. Namun metode menggunakan Keyboard Eksternal ini cara cepat ketika Anda dalam kebutuhan mendesak saat Keyboard rusak, namun sekali lagi cara ini tergolong ribet karena anda harus membawa keyboard eksternal ketika harus menggunakan Laptop di Luar ruangan, rumah atau Kantor.

  1. Ganti Keyboard Laptop

Cara terakhir yang bisa dicoba adalah dengan mengganti Keyboard Internal Laptop Anda dengan yang baru. Tentu hal ini akan menyelesaikan permasalahan yang ada pada Laptop Anda secara menyeluruh. Untuk mendapat Keyboard baru pengganti, Anda dapat membeli secara online ataupun mendatangi service center merk laptop anda. sumber :

Apabila anda membutuhkan informasi mengenai pelatihan dan diklat silahkan hub kami

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?