Logo-Pitma-Jogja
Search

Cara Mengatasi Masalah Upload di Google Drive Paling Mudah

Cara Mengatasi Masalah Upload di Google Drive Paling Mudah

Cara Mengatasi Masalah Upload di Google Drive Paling Mudah | Google Drive menjadi pilihan populer untuk menyimpan dan berbagi file secara online. Layanan ini juga dapat menyinkronkan file, foto hingga video yang tersimpan di berbagai perangkat. Selain itu, Anda juga bisa membagikan folder yang ada di Google Drive dengan akun atau pengguna lain dengan lebiih mudah dan mudah.

Namun, mengingat Google Drive merupakan layanan penyimpanan gratis, masih sering ditemukan berbagai kendala ketika menggunakan layanan ini. Salah satu kendala yang sering muncul adalah tidak bisa meng-upload atau upload file. Ada beberapa penyebab yang membuat Anda tidak bisa upload file di Google Drive yang Anda perlu tahu. Berikut adalah penyebab dan cara mengatasi masalah seperti tidak bisa upload di Google Drive paling mudah.

Baca juga: Cara Sharing File atau Folder Menggunakan Jaringan Wifi di Windows

Penyebab Umum Tidak Bisa Upload File di Google Drive:

1. Koneksi Internet yang Kurang Stabil

Pastikan koneksi internet Anda stabil, terutama saat upload file berukuran besar. Gunakan jaringan WiFi untuk performa yang lebih baik.

2. Format File Tidak Didukung

Periksa format file yang akan di-upload. Beberapa format mungkin tidak didukung oleh Google Drive, sehingga perlu dikonversi atau dikompres.

3. Penyimpanan Penuh

Jika penyimpanan Google Drive penuh, hapus file tidak penting atau pertimbangkan meningkatkan kapasitas dengan beralih ke versi berbayar.

4. Ukuran File Terlalu Besar

Pastikan ukuran file tidak melebihi batas yang ditentukan oleh Google Drive. Kompres file jika perlu.

5. Pengaturan Google Drive yang Tidak Tepat

Periksa pengaturan Google Drive Anda, terutama yang berkaitan dengan penggunaan jaringan WiFi. Pastikan pengaturan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara Memperbaiki Masalah Upload di Google Drive:

1. Cek Koneksi Internet

Pastikan koneksi internet stabil dengan menggunakan jaringan WiFi untuk file berukuran besar. Restart perangkat jika perlu.

2. Pastikan Jenis dan Ukuran File

Periksa format dan ukuran file sebelum upload. Gunakan aplikasi kompresi file jika perlu.

3. Kosongkan Ruang Penyimpanan

Hapus file tidak penting untuk memberikan ruang penyimpanan yang cukup. Pertimbangkan untuk upgrade ke versi berbayar jika kapasitas penuh.

4. Hapus Cache

Hapus cache aplikasi Google Drive, terutama untuk pengguna HP. Ikuti langkah-langkah di menu “Settings” > “Apps” > “Manage Apps” > “Drive” > “Clear data” > “Clear cache.”

5. Periksa Peringatan

Pastikan pengaturan Google Drive tidak membatasi upload hanya melalui jaringan WiFi. Matikan fitur tersebut di menu “Settings.”

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, maka Anda juga dapat menemukan dan memperbaiki masalah tidak bisa upload di Google Drive. Jika kendala masih berlanjut, maka file mungkin rusak. Selalu periksa dan pastikan semua aspek sesuai dengan persyaratan Google Drive.

Pelatihan & Sertifikasi IT Jogja

Demikian informasi penting Cara Mengatasi Masalah Upload di Google Drive Paling Mudah. Segera ikuti Pelatihan & Sertifikasi IT Jogja di PITMA. Kami meyakini bahwa SDM bidang IT yang kompeten dan profesional telah menjadi kebutuhan semua organisasi mengingat semakin terintegrasinya kehidupan manusia khususnya bisnis dengan dunia digital. Oleh karena itu, dengan berbekal pengalaman praktis di industri IT kami memberikan layanan pelatihan dan sertifikasi IT sesuai dengan standar kompetensi atau profesi. Untuk informasi pelatihan dan jadwal terbaru silahkan hubungi kami di nomor whatsapp kami.

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?