Logo-Pitma-Jogja
Search

Cara Mengetahui Font dengan Gambar

cara mengetahui font dengan gambar

Cara mengetahui font dengan gambar. Font adalah mengutip dari apayangdimaksud.com, Font merupakan desain untuk serangkaian karakter. Font adalah kombinasi dari jenis huruf dan kualitas lainnya, seperti ukuran, tebal, dan jarak. Misalnya, Times Roman adalah jenis huruf yang menentukan bentuk setiap karakter. Pada Times Roman, ada banyak font untuk dipilih ukuran yang berbeda, miring, tebal, dan sebagainya. (Istilah font sering digunakan secara tidak benar sebagai sinonim untuk jenis huruf.)

Ketinggian karakter dalam font diukur dalam poin atau titik, setiap titik sekitar 1/72 inci. Lebar diukur dengan pitch, yang mengacu pada berapa banyak karakter yang dapat ditampung dalam satu inci. Nilai pitch umum adalah 10 dan 12. Font dikatakan pitch tetap jika setiap karakter memiliki lebar yang sama. Jika lebar bervariasi tergantung pada bentuk karakter, itu disebut font proporsional.

Sebagian besar aplikasi yang mendukung teks memungkinkan Anda untuk memilih di antara banyak font. Printer laser, ink-jet, dan dot-matrix menawarkan pilihan font terluas. Printer ini mendukung serangkaian font residen tertentu, tetapi Anda dapat memperluas set ini dengan memuat berbagai font dari perangkat lunak atau dari kartrid font.

Saat kita sedang mendesain sesuatu, kita pasti butuh referensi dan seringkali kita browsing di internet mengenai contoh beberapa desain. banyak gambar yang menarik seperti logo,poster,banner dll dan pasti kita akan terinspirasi menggunakan font dari hasil kita browsing di internet. Kita bisa menggunakan gambar untuk mencari font yang kita inginkan. Berikut beberapa cara yang efektif :

1. WhatTheFont

Website penyedia layanan untuk mengetahui jenis font apa dengan upload sebuah gambar ke dalam website tersebut, berikut caranya:

  • Buka broswer dan menuju ke alamat www.myfonts.com
  • Selanjutnya pilih gambar dengan klik upload
Cara mengetahui font dengan gambar
  • Crop pada gambar yang ada tulisannya
Cara mengetahui font dengan gambar
  • Klik tombol biru
Cara mengetahui font dengan gambar
  • Setelah itu akan muncul beberapa font rekomendasi yang mirip

2. Font Spring Matcherator

Sama seperti sebelumnya Font Spring Matcherator adalah website penyedia layanan untuk mengetahui jenis font. berikut caranya :

  • kunjungi situs Spring Matcherator www.fontspring.com
  • upload gambar
Cara mengetahui font dengan gambar
  • crop gambar yang ada tulisannya
Cara mengetahui font dengan gambar
  • klik matcherate it
Cara mengetahui font dengan gambar
  • Maka Anda akan dialihkan ke halaman selanjutnya untuk melihat hasil scan dari jenis font pada gambar tersebut

Baca Juga : Cara menghapus sampah di laptop

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?