Logo-Pitma-Jogja
Search

Cara Meningkatkan Performa Smartphone

cara meningkatkan performa smarphone

Cara Meningkatkan Performa Smartphone | Memainkan game berat di ponsel Android bukan hal yang mustahil sekarang. Berkat dukungan perangkat lunak dan perangkat keras yang mumpuni, ponsel dapat digunakan untuk memainkan game favorit Anda dengan keindahan grafis yang menakjubkan dengan suara yang jernih.

Namun permasalahan yang sering terjadi adalah ponsel menjadi lemot karena bermain game membutuhkan resources yang kuat baik dari segi baterai, dukungan RAM dan masih banyak lagi hal lainnya. Namun untuk game mobile khususnya untuk ponsel Android sebenarnya ada masalah klasik yang sering mereka alami yaitu ponsel tiba-tiba nge-lag atau game yang sedang dimainkan tiba-tiba menutup dengan sendirinya.

Hal ini tentu sangat mengganggu kenikmatan bermain game. Jadi, pernahkah Anda mengalami kejadian di mana permainan yang dimainkan lambat bahkan sempat lag?Tentunya setiap orang menginginkan pengalaman gaming yang sempurna tanpa ada lagging yang mengganggu aktivitas nge-game.

Baca Juga Cara Menghilangkan Iklan di Smartphone

Cara Meningkatkan Performa Smartphone

Bagi kalian yang merupakan seorang gamers, hal semacam ini akan sangat merepotkan dan merubah mood tentunya. Namun, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan jika mengalami kejadian tidak dipakai seperti ponsel lemot atau game yang sering lag.Ingin tahu? kami telah mengumpulkan beberapa tips bagi Anda untuk mengatasi masalah nge-lag di ponsel Android agar nyaman bermain game.

Pastikan Baterai di Atas 20 Persen

Masalah kapasitas baterai yang kurang dari 20 persen sebenarnya bisa berdampak pada kinerja smartphone dalam menjalankan berbagai aplikasi termasuk game. Pasalnya, baterai yang sudah terpakai banyak daya dan kondisinya di bawah 20 persen ternyata bisa menyebabkan prosesor di perangkat Android tidak berfungsi dengan baik, apalagi saat Anda membuka aplikasi dan memainkan game berat yang memakan banyak waktu. alokasi RAM untuk grafik.

Anda mungkin tidak akan merasa lesu saat bermain game berat meskipun baterai yang tersedia di hp Android Anda sudah terisi dengan baik, dalam hal ini kondisi baterai di atas 20 persen. Pasalnya, baterai sebagai “kehidupan” ponsel Anda akan menyuplai banyak daya ke RAM, prosesor, dan grafis untuk menjalankan game dengan kualitas terbaik.

Setidaknya, pastikan baterai ponsel Android kamu dikondisikan 50 persen mendukung kondisi game normal. Memang pabrikan ponsel juga sudah menyisipkan fitur pengingat saat daya baterai tersisa 25%. Hal ini bertujuan agar kalian segera melakukan mengecas ulang ponsel agar performanya tetap optimal dan tidak ada aplikasi yang menutup dengan sendirinya atau yang sering disebut force close.

Buang File Sampah

Banyak dari pengguna ponsel Android yang tidak menyadari banyaknya file sampah yang ada di perangkatnya. Padahal, file-file yang tidak berguna ini bisa membuat ponsel kalian lemot, bukan untuk main game, tapi untuk aktivitas apapun di ponsel. Saran kami, hapus beberapa file yang tidak diperlukan seperti file sampah dan cache, agar perangkat Anda dapat bekerja secara maksimal untuk kelancaran aktivitas nge-game yang sedang Anda mainkan.

Selain itu, membersihkan cache juga menjadi cara efektif mengosongkan ruang RAM di ponsel kamu untuk digunakan bermain game.Anda dapat menggunakan aplikasi Clean Master untuk membersihkan file sampah dan cache untuk ‘membersihkan’ perangkat Android. Anda juga bisa menggunakan cara manual yaitu dengan masuk ke Settings – General – Storage – Cached data – clear cached data – yes.

Ponsel pintar bisa bekerja lebih maksimal jika file sampah dan cache ini dibersihkan secara rutin. Saat smartphone aktif, file cache akan semakin besar. Akibatnya aplikasi tidak berjalan normal karena hp lemot. Perlu diketahui, proses hapus cache ini hanya akan menghapus data yang tidak perlu.

Hapus Beberapa Aplikasi

Pembersihan juga bisa dilakukan dengan cara meng-uninstall aplikasi yang menurut Anda jarang atau bahkan tidak digunakan di perangkat Android. Pasalnya, jika Anda memiliki banyak aplikasi yang jarang dibuka dan membiarkannya bertengger, maka secara otomatis akan menambahkan beberapa file sampah dan cache pada perangkat tersebut. Selain itu, aplikasi tersebut terkadang membandel dan masih berjalan di taskbar yang tentunya akan memakan RAM HP Android Anda.

RAM

Menutup semua aplikasi yang berjalan sebelum bermain game tentunya akan menambah RAM pada perangkat android kamu agar bisa bekerja dengan maksimal, hal ini tentunya sangat diperlukan saat kamu sedang memainkan game HD yang akan berjalan dengan lancar.Aplikasi Clean Master juga dapat membuat ponsel Android Anda berfungsi dengan baik. Pasalnya, Clean Master memiliki fitur game booster yang bisa menambah RAM perangkat Anda.Anda juga bisa menggunakan aplikasi Swift Gamer untuk meningkatkan performa smartphone saat bermain game.

Simpan Foto di Cloud

Terkadang kita lupa untuk menghapus beberapa file dari aplikasi yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan, seperti foto dari grup whatsapp dan semacamnya. Ada baiknya hapus foto tersebut dari HP kamu agar memori bisa bernafas lega dan main game agar tidak lemot. File-file ini bisa berada di mana saja. Misalnya di folder bluetooth, folder download, folder album foto dan lain sebagainya. Kamu bisa mengakali folder album foto dengan menguploadnya ke cloud storage yang bisa diakses kapan saja sehingga tidak mengisi memori internal HP kamu. Pesan di Line, Whatsapp, atau SMS tampak sangat kecil, tetapi memakan cukup ruang di memori Anda jadi sebaiknya hapus jika Anda tidak membutuhkannya. Dengan menyediakan ruang memori yang besar, ponsel Anda akan bekerja lebih maksimal dan Anda akan bisa bermain game dengan lebih lancar.

Hapus Widget

Apa hubungan widget dengan game online? Tentu saja ada, widget yang terpampang apik di layar Android kamu justru memakan space dan RAM di HP kamu. Terlepas dari seberapa keren widget dipasang di layar beranda, Widget ini nyatanya juga menghabiskan daya baterai yang cukup besar.

Apalagi jika Anda menggunakan live wallpaper dengan animasi yang akan mempercepat menguras baterai. Jadi, saat kamu memainkan sebuah game, otomatis game tersebut akan berjalan lambat karena sebagian RAM telah disisihkan untuk widget. Hindari penggunaan widget yang berlebihan dan jika memungkinkan, hapus semua widget yang tidak perlu seperti Weather dan sejenisnya.

Apabila anda membutuhkan informasi mengenai pelatihan dan diklat silahkan hub kami 

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?