Logo-Pitma-Jogja
Search

Cara Mudah Membuat Animasi Sekali Klik dengan Sketch.metademolab

Cara Mudah Membuat animasi sekali klik dengan sketch.metademolab

Cara mudah membuat animasi sekali klik dengan sketch.metademolab – Dikutip dari international design school Animasi adalah gambar begerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar tersebut dapat berupa gambar makhluk hidup, benda mati, ataupun tulisan.

Animasi berasal dari bahasa inggris yaitu animate yang artinya menghidupkan, memberi jiwa dan mengerakan benda mati. Animasi merupakan proses membuat objek yang asalnya objek mati, kemudian disusun dalam posisi yang berbeda seolah menjadi hidup. Di dalam animasi ada dua objek penting, yaitu objek atau gambar dan alur gerak.

Animasi secara umum dapat dikatakan sebagai suatu sequence gambar yang ditampilkan pada tenggang waktu (timeline) tertentu sehingga tercipta sebuah ilusi gambar bergerak.

Prinsip dasar animasi ditemukan dari karakter mata manusia yaitu : persistance of vision (pola penglihatan yang teratur). Paul Roget, Joseph Plateau dan Pierre Desvigenes, dengan alat optik yang mereka ciptakan, berhasil membuktikan bahwa mata manusia cenderung menangkap urutan gambar-gambar pada tenggang waktu tertentu sebagai sebuah pola.

Berikut ini cara mudah membuat sebuah animasi dengan website sketch.metademolab :

  • Langkah pertama siapkan dulu gambar yang akan di animasikan, bisa di gambar dengan adobe ilustrator, corel, atau gambar manual dengan kertas lalu di scan / foto dengan handphone. Setelah itu upload atau masukan gambar ke pc.
  • Langkah kedua buka website sketch.metademolab.com, dan klik Get Started
1 5
  • Langkah ke tiga Upload foto / gambar yang sebelumnya telah disiapkan dengan klik tombol Upload Photo.
2 4
  • Langkah ke empat tunggu proses upload nya sampai selesai, lalu klik Next dan klik Agree.

Baca Juga : Membuat Sertifikat Otomatis, sekali klik selesai

  • Langkah ke lima atur Resize gambar lalu klik Next. lalu atur separating nya dengan klik tombol pencil seperti gambar dibawah dan klik Next.
4 5
  • Langkah ke enam atur joint character dengan arahkan kursor pada titik yang berada pada gambar, lalu klik Next
5 5
  • langkah ke tujuh pilih gerakan animasi yang akan di pakai, dengan memilih motion yang sudah tersedia di kolom kotak. setelah memilih bisa dilihat hasil gambar yang anda telah buat tadi, apabila mau di simpan klik share.

Demikianlah tutorial cara membuat animasi dengan mudah, semoga bermanfaat.

Daftar gratis Langganan artikel pelatihan

× Butuh Bantuan?